Kenapa Bisa Bau Badan ?


Assalamu’alaikum…


Bau badan

Pernah terpikirkan tidak mengapa bau badan bisa terjadi ? 

Pertanyaan tersebut muncul seketika di pikiran saya beberapa bulan yang lalu, sekarang saya akan share bagaimana itu bisa terjadi karena beberapa hari yang lalu mendapatkan pencerahan setelah menjalani blok kebutuhan self care.

Berbicara asal muasal bau badan tak terlepas dari sebuah alat indera peraba yakni kulit. Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia.Luas kulit orang dewasa sekitar 1.5 m2 dengan berat kira-kira 15% berat badan (Wasitaatmadja, 2010).
Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita melihat struktrur kulit tersebut

Secara garis besar Kulit dibagi atas tiga lapisan yakni Epidermis, Dermis, Hypordermis.
Namun kita tidak sedang membahas semuanya, kita akan mecoba focus pada lapisan dermis karena disinilah daerah diproduksinya bau badan. Pada lapisan dermis terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Kelenjar keringat terdiri dari fundus(bagian yang melingkar) dan duet yaitu saluran semacam pipa yang bermuara pada permukaan kulit membentuk pori-pori keringat. Semua bagian tubuh dilengkapi kelenjar keringat dan lebih banyak terdapat pada permukaan telapak tangan, telapak kaki, kening, dan dibawah ketiak. Kelenjar keringat mengatur suhu badan dan membantu membuang sisa-sisa pencernaan.  Kelenjar keringat itu sendiri ada bagian yang disebut kelenjar keringat apokrin, kelenjar inilah yang menghasilkan bau yang hanya terdapat di daerah kerik, pusar, daerah kelamin dan daerah sekitar dubur. Kelenjar ini menghasilkan cairan yang agak kental, berwarna keputih-putihan serta bau khas pada setiap orang.

Sel kelenjar ini sangat mudah rusak dan sifatnya alkali sehingga menimbulkan bau. Kelenjar keringat apokrin jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya sedikir cairan yang disekresikan dari kelenjar ini. Kelenjar apokrin sendiri mulai aktif setelah usia akil baligh dan aktivitas kelenjar ini dipengaruhi oleh hormon.
Nah begitulah kira-kira bagaimana bau badan itu bisa terjadi. Semoga Bermanfaat.
Kenapa Bisa Bau Badan ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×