Optimalkan Waktumu !!!


Assalamu’alaikum… Bertemu lagi bersama saya di situs tercinta ini. Pada kali ini kita mencoba membahas suatu hal yang paling penting dan paling layak untuk diketahui semua orang yang apabila anda mensiasiakannya pasti ada sangat menyesal. Apakah itu? Ya, waktu. Seberapa pandai anda mengelola waktu anda? Tak salah jika ada pepatah mengatakan waktu adalah pedang yang mengartikan bahwa seberapa bahayanya waktu jika anda tidak bisa mengendalikannya. Pepatah lain juga mengatakan bahwa waktu adalah uang yang dikhusus bagi anda seorang pembisnis. Dari beberapa pepatah waktu bisa ketahui bersama bahwa betapa pentingnya waktu.

Setiap orang pasti memiliki waktu yang sama, 1 hari 24 jam, 1 minggu 7 hari, dan sampai seterusnya. Dan inilah yang menandakan kita apakah kita orang yang cerdas atau bukan, orang yang cerdas tak akan melewatkan sedetik pun dengan sia-sia. Pernahkan anda mempunyai kawan yang serba bisa? Dia bisa pandai menulis, bisa berbicara dengan bagus depan publik, bahkan sampai ke dalam sebuah permainan sangat susah dikalahkan. Itu semua dikarena pengelolaan waktu yang benar.

Dalam mengelola waktu yang benar, ada saja hal yang membuat rencanakan kita tidak terjadi sesuai dengan keinginan dan biasanya itu selalu dipengaruhi oleh faktor
1. Kebiasaan menunda
Ini merupakan salah satu penyakit yang sering dialami semua orang, kebiasaan nunda. Menunda mengerjakan tugas jika anda mahasiswa bahkan yang lebih parahnya lagi anda mengerjakannya saat ada yang memaksa anda untuk melakukannya.

2. Tidak fokus
Masalah kedua yang sering kita temui adalah tidak fokus apa yang sedang dikerjakan. Anda padahal sudah berniat mengerjakan tugas namun apa daya jika gadget anda membunyikan notifikasi yang membuat anda mengalihkan fokus.

Bagaimana cara mengoptimalkan waktu dan menghindari faktor diatas? Berikut penjelasannya dikutip dari zenius.net 

Berani Proaktif !

Artinya anda harus bisa menentukan setiap tindakan anda secara independen, jangan mau disetir sama lingkungan, sama teman, atau siapapun. Berani katakan tidak untuk hal-hal yang menurut anda tidak penting sementara anda punya hal penting lain yang lebih relevan dengan tujuan dan obsesi anda.

Siasati distraction

Gangguan yang emang berpotensi buat anda hilang fokus. Contohnya dulu saya pernah bertekad ngabisin 2 buku yang selama ini pingin saya baca dalam 3 hari saja, dan untuk merealisasikan itu saya bener-bener menonaktifkan hape dan internet dalam 3 hari !

Bantu stimulus otak anda buat selalu in the mood

Ini bisa anda siasati dengan merubah posisi kamar, pasang tulisan-tulisan penyemangat di desktop atau hp, dan bisa juga dengan atur musik yang anda denger.

Buat schedule plan !

Nih sekarang tuh buanyaak banget aplikasi yang bisa anda pake di handphone, tablet, laptop, atau PC buat bantu anda mendisiplinkan diri terhadap jadwal. Ada yang namanya google calendar, evernote, trello, asana, whatever.. Saya pribadi gunain evernote buat bantu saya buat produktif dan disiplin dalam kerja, berorganisasi, maupun bisnis pribadi saya.

Tentuin mana prioritas dalam schedule !

Jangan harap 100% yang anda tulis dalam schedule itu akan jadi kenyataan. Pasti ada-ada aja deh dari sekian banyak hal yang udah kita rencanain itu yang tidak akan berjalan sesuai rencana semula.. dan itu emang wajar kok ! unpredictable things can be happens anytime, anywhere ! Terus gimana donk ? Nah ini dia saatnya buat anda tentuin kegiatan apa yang perlu anda prioritaskan dan penting untuk mencapai apa yang bener-bener anda inginkan. Misalnya dari sekian banyak hal yang anda kerjakan, anda bisa bikin kategori mana yang penting (sejalan sama obsesi anda) dan mana yang gak sejalan. Udah gitu anda bisa eliminasi kegiatan yang udah gak sejalan sama visi jangka panjang anda. Jadinya, apapun yang terjadi, buatlah keputusan yang didasarkan pada kepentingan jangka panjang anda.
Nah begitulah tips bagaimana cara mengelola waktu dengan benar sehingga apapun yang anda inginkan bisa terwujud. Semoga bermanfaat…
Wassalam…

Pustaka :
https://www.zenius.net/blog/1676/gimana-sih-caranya-manfaatin-waktu-secara-optimal
Optimalkan Waktumu !!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×