Yuk Mengenal Hipertensi !!!


Assalamu’alaikum sahabat Trend ilmu
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas suatu penyakit yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ya, Hipertensi.

Apa itu Hipertensi?

Apa itu Hipertensi?

Dikalangan masyarakat Indonesia Hipertensi banyak diartikan sebagai penyakit tekanan darah tinggi. Pengertian hipertensi menurut medis sendiri adalah tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Nah jangan bingung dulu dengan sistolik dan diastolik, sistolik sendiri mempunyai arti yakni ketika Tekanan darah saat otot jantung berkontraksi sehingga jantung mengempis dan drah dipompa keluar dari jantung sedangkan diastolic adalah tekanan darah pada saat jantung mengembang dan darah mengalir ke dalam jantung.

Apa penyebab hipertensi?

Penyebab hipertensi dapat dibagi menjadi dua, yakni :

Hipertensi primer

Hipertensi primer tidak diketahui penyebabnya secara pasti, namun hipertensi primer biasanya berhubungan dengan Faktor-faktor usia, kelamin, ras, genetic, lingkungan, hiperaktifitas susunan saraf simpatis. Usia mempengaruhi tekanan darah seseorang, semakin bertambahnya usia maka tekanan darah pun akan semakin meningkat.

Hipertensi sekunder.

Hipertensi sekunder penyebab spesifiknya diketahui seperti penggunaan estrogen, penyakit ginjal, hipertensi yang berhubungan dengan kehamilan, dan lain-lain.

Apa tanda-tanda hipertensi?

      Sakit kepala
      Kenaikan darah lebih dari 140/90 mmHg
      Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk
      Perasaan berputar seperti tujuh keliling serasa ingin jatuh
      Berdebar atau detak jantung terasa cepat
      Telinga berdenging
      Sukar tidur
      Mata berkunang-kunang
      Marah

Faktor apa yang mempengaruhi hipertensi?

      Lemak dan kolesterol
      Garam
      Daging kambing, buah durian, dan minuman beralkohol
      Rokok dan kopi

Sebenarnya hipertensi berbahaya tidak?

Jika kita terus membiarkan hidup kita ditemani hipertensi maka akan muncul penyakit lain yang sangat berbahaya mulai dari stroke, serangan jantung, kebutaan, penurunan pendengaran bahkan sampai menderita kebutaan. Mengerikan bukan.

Nah dari tadi kita belum berbicara mengenai cara menangani hipertensi itu sendiri bagaimana. Tetap setia dengan Trend ilmu karena hal itu akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.  Semoga bermanfaat.
Yuk Mengenal Hipertensi !!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×