Faktor yang Mempengaruhi Istirahat dan Tidur


Faktor yang Mempengaruhi Istirahat dan Tidur


Halo berjumpa lagi bersama admin trendilmu.com semoga anda semakin betah disini karena kami akan mengupdate artikel setiap harinya. Pada kesempatan singkat kali ini kita akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi tidur, mulai dari status kesehatan, lingkungan, stress psikologi, diet, gaya hidup, obat-obatan, dan motivasi. Mari kita simak penjelesannya dibawah.
Perlu anda ketahui sebelumnya Pengertian, Fungsi dan Tujuan Tidur disini
Pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur setiap orang berbeda-beda. Ada yang kebutuhannya terpenuhi dengan baik. Ada pula yang mengalami gangguan.seseorang bisa tidur ataupun tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut:

a.       Status kesehatan
Seseorang yang sehat memungkinkan ia dapat tidur dengan nyenyak. Tetapi pada orang yang sakit atau nyeri, maka kebutuhan istirahat dan tidurnya tidak dapat terpenuhi dengan baik sehingga ia tidak dapat tidur dengan nyenyak. Misalnya, pada klien yang menderita gangguan pada system pernapasan. Dalam kondisinya yang sesak napas, maka seseorang tidak mungkin dapat istirahat dan tidur.

Baca artikel manfaat dan khasiat buah-buahan

b.      Lingkungan
Lingkungan dapat meningkatkan atau menghalangi seseorang untuk tidur. Pada lingkungan yang tenang memungkinkan seseorang dapat tidur dengan nyenyak. Sebaliknya lingkungan yang ribut, bising, dan gaduh akan menghambat seseorang untuk tidur.
faktor yang mempengaruhi tidur

c.       Stress psikologis
Cemas dan depresi akan menyebabkan gangguan pada frekuensi tidur. Hal ini disebabkan karena pada kondisi cemas akan meningkatkan norepinefrin darah melalui system saraf simpatis. Zat ini akan mengurangi tahap IV NREM dan REM.
Baca tentang Tahap tidur NREM dan REM disini
d.      Diet
Makanan yang banyak mengandung L-tritofan seperti keju, susu, daging, dan ikan tuna dapat menyebabkan seseorang mudah tidur. Sebaliknya, minuman yang mengandung kafein maupun alcohol akan mengganggu tidur.

e.       Gaya hidup
Kelelahan dapa mempengaruhi pola tidur seseorang. Kelelahan tingkat menengah orang dapat tidur dengan nyenyak. Sedangkan pada kelelahan yang berlebihan akan menyebabkan periode tidur REM lebih pendek

f.        Obat-obatan
Obat-obatan yang dikonsumsi seseorang ada yang berefek menyebabkan tidur, ada pula yang sebaliknya mengganggu tidur. Misalnya, obat golongan amfetamin akan menurunkan tidur REM

g.       Motivasi
Motivasi merupakan suatu dorongan atau keinginan seseorang untuk tidur, yang dapat mempengaruhi proses tidur. Selain itu adanya keinginan untuk menahan tidak tidur dapat menimbulkan gangguan proses tidur.

Nah begitu saja penjelesan artikel faktor-faktor yang mempengaruhi tidur, semoga membantu anda memahami dan menyelesaikan tugas anda.

Baca juga artikel karakter pribadi sukses disini

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Faktor yang Mempengaruhi Istirahat dan Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×