Quinoa, Pangan Masa Depan


tumbuhan quinoaQuinoa atau dalam bahasa spanyol quinua adalah tumbuhan penghasil biji-bijian dari pegunungan di kawasan Amerika Selatan. Habitat asli quinoa di pegunungan Andes, dengan ketinggian sekitar 4000 meter dpl. Quinoa merupakan bahan pangan penting bagi bangsa

Inca, sebelum kedatangan bangsa kulit putih (Spanyol). Melihat kandungan gizi dalam quinoa, tumbuhan ini potensial dijadikan tanaman pangan masa depan di dunia termasuk Indonesia.

Quinoa merupakan salah satu spesies dari sekitar 150 spesies dalam genus Chenopodium. Sebagian besar dari 150 spesies genus Chepodium merupakan tanaman hias penghasil pseudo-cereals (sebagai subtitusi sereal asli) dan pucuknya untuk sayuran. Dari sekitar 150 spesies Chenopodium itu, yang paling menarik sebagai pengahasil biji-bijian bahan pangan, sayuran, dan juga tanaman hias hanyalah Chenopodium quinoa. Selain bentuknya yang unik, warna quinoa yang ungu, merah, oranye, kuning dan hijau memang sangat atraktif.

Biji Quinoa
Biji quinoa
Biji quinoa berukuran sebesar beras, hanya bentukny lebih bulat dan tak beraturan. Di Amerika latin, khususnya di Bolivia dan Equador, quinoa dikonsumsi seperti halnya kita memasak dan makan nasi. Biji quinoa juga bisa ditepungkan dan dimasak sebagai bubur, kue, atau roti. Quino tidak mengandung gluten, zat yang hanya terdapat pada biji gandum sehingga tepung quinoa tidak bisa dijadikan substitisi gandum. Salah satu kelemahan quinoa adalah, memiliki lapisan kulit biji tipis, yang mengandung saponin, mirip dengan biji sorgum. Saponin ini akan menimbulkan rasa sepet dan pahit pada nasi quinoa. Cara menghilangkannya, selain dengan disosoh juga melalui pencucian, dibilas dan disiram beberapa kali.

quinoa merah
Saat ini budidaya quinoa untuk pangan sudah mulai menyebar ke Amerika Tengah dan AS. Meskipun masih dalam skala terbatas. Di Indonesia, quinoa potensial untuk dikembangkan di Brastagi, Pangalengan, Dieng, Batu, Tengger, Ijen, dan terutama di penggunungan Jaya Wijaya, Papua. Saat ini sudah banyak yang menanam tanaman ini sebagai tanaman hias.
Quinoa, Pangan Masa Depan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×