Pengertian Ciri-ciri dan Fungsi Nilai Sosial


Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membagikan artikel tentang pengertian, ciri-ciri dan fungsi nilai sosial. Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Nilai 

Nilai mengacu pada sebuah konsep yang menunjukkan pada hal-hal yang dianggap berharga dalam kehidupan. Sesuatu dianggap bernilai atau berharga ketika sesuatu tersebut mempunyai nilai kebenaran, indah, pantas dan religious.
Beberapa pengertian nilai yang dikemukakan para ahli sosiologi, diantaranya sebagai berikut.

1. Anthony Giddens, nilai adalah gagasan-gagasan yang dimiliki seseorang atau kelompok tentang apa yang dikehendaki, apa yang layak, dan apa yang baik dan buruk.
2. Horton and Hunt, nilai adalah gagasan-gagasan yang menjelaskan tentang apakah suatu tindakan itu penting atau tidak penting.
3. Richard T Schaefer dan Robert P.lamm, nilai adalah gagasan kolektif (bersama-sama) yang menyangkut tentang apa yang dianggap baik, penting, diinginkan dan dianggap layak.

Pengertian Nilai Sosial

Para Sosiologi merumuskan tentang nilai sosial sebagai berikut.
1. Young, ia merumuskan bahwa nilai sosial ini adalah asumsi-asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benar dan apa yang sebenarnya penting.
2. Green, ia merumuskan bahwa nilai sosial adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung dan disertai dengan emosi terhadap objek, ide, dan orang – perorangan.
3. Woods merumuskan bahwa nilai sosial adalah petunjuk – petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel terkait dengan Pengertian Sosiologi Lengkap

Ciri-ciri Nilai Sosial

Nilai sosial mempunyai beberapa ciri sebagai berikut.
  1. Nilai sosial merupakan suatu konstruksi masyarakat yang tercipta melalui interaksi diantara para anggota masyarakat.
  2. Nilai sosial bukan merupakan bawaan lahir, artinya nilai ini menyebar karena disebarkan diantara anggota masyarakat.
  3. Nilai sosial membimbing masyarakat dalam mengambil keputusan untuk pemenuhan – pemenuhan kebutuhan sosial.
  4. Nilai sosial dapat membantu masyarakat agar berfungsi dengan baik
  5. Nilai sosial terbentuk melalui proses sosialisasi (proses belajar dari pengalaman)
  6. Nilai secara konseptual merupakan abstraksi dari unsur-unsur nilai dan macam-macam objek yang ada di dalam masyarakat
  7. Nilai sosial dapat mempengaruhi pengembangan diri sosial dalam masyarakat, baik positif maupun negatif.
  8. Nilai sosial memiliki pengaruh yang berbeda terhadap masing-masing anggota masyarakat.
  9. Nilai sosial cenderung berkaitan satu dengan lainnya secara komunikasi untuk membentuk berbagai pola dan sistem yang bervariasi antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan lainnya.
Pengertian Ciri-ciri dan Fungsi Nilai Sosial

Fungsi Nilai Sosial

Keberadaan nilai-nilai sosial memiliki fungsi tertentu dalam masyarakat. Fungsi umum nilai-nilai sosial antara lain sebagai berikut.
  1. Menyumbangkan seperangkat alat yang dapat digunakan untuk menetapkan harga/derajat sosial dari orang-perorangan atau grup dalam kehidupan masyarakat.
  2. Berfungsi sebagai media pengawas, dengan daua tekan dan daya ikat nilai dapat menuntun bahkan menekan manusia untuk berbuat baik dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Sebagai alat solidaritas diantara anggota-anggota kelompok dalam masyarakat.
  4. Membentuk pola pikir dan pola tingkah laku diantara anggota-anggota masyarakat.
  5. Penentu terakhir bagi manusia orang-perorangan atau grup dalam memenuhi peran-peran sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat.


Nah begitulah penjelasan tentang pengertian,ciri-ciri dan fungsi nilai sosial. Semoga bermanfaat.

Baca pembahasan tentang sosiologi lainnya disini
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Pengertian Ciri-ciri dan Fungsi Nilai Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×