Pengertian Geografi Menurut Para Ahli


Salah cara agar belajar itu tidak menghafal adalah mengerti konsep apa yang dipelajari. Orang yang telah memahami konsep dengan sangat mudah memecahkan soal. Nah salah satu konsep saya akan bagikan sekarang adalah pengertian geografi. Ada baiknya sebelum belajar geografi kita kenal dulu apa itu geografi menurut para ahli.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
ilustrasi

Banyak para ahli mencoba mendefinisikan geografi, berikut adalah penjelasannya.


Bisri Mustofa (2007)
Geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

Herioso Setiyono (1996) 
Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

Depdikbud (1989)
Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Hasil seminar dan lokakarya di Semarang
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Prof. Bintarto (1981)
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Richard Hartshorne
Geografi merupakan suatu disiplin ilmu yang menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel – variabel dari suatu tempat ke tempat lain di permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia.

James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

Frank Debenham (1950)
Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Erastothenes (abad ke-1)
Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.

Claudius Ptolomaeus
Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Lobeck (1939)
Geografi adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.

Ferdinand von Richthoven
Geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.

Definisi geografi menurut Ullman (1954)
Dalam bukunya yang berjudul Geography, A Spatial Interaction, Geografi adalah interaksi antar ruang.

Menurut Maurice Le Lannou (1959)
Dalam bukunya La Geography Humaine, Objek studi Geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

Menurut Paul Claval (1976)
Geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan. Sebagai ilmu, geografi mempunyai objek kajian, metode, dan kegunaan dengan corak tersendiri.

Abler (1971)
Dalam bukunya Spatial Organization: the Geographer's View of the world, mengatakan bahwa geografi mengkaji struktur dan proses fenomena dan permasalahan dalam ruang. Berkaitan dengan itu, geografi selalu berbicara dengan peta untuk mengkaji struktur keruangan suatu permasalahan.

Strabo
Mengemukakan bahwa geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu pada suatu tempat, dan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.

Preston E James
Berpendapat bahwa geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan. Hal tersebut disebabkan banyak bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi, kemuadian beralih pada studi masing-masing.

Sidney dan Donald J.D. Mulkerne
Mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan tentang bumi dan kehidupan yang ada di atasnya serta pengaruhnya terhadap kehidupan, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita dirikan, dan aktivitas rekreasi yang kita nikmati.

Prof. Halim Khan
Mengemukakan bahwa geografi adalah apa yang dikerjakan oleh para ahli geografi, lingkungan alam dan sosial adalah objek operasinya, deskripsinya, analisisnya, dan kebiasaan perjuangan hidup manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Sasanasurya
Mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia, terikat pada deskripsinya dan menerangkan perbedaan yang ada hubungan timbal balik di atas permukaan bumi.

Dari pengertian para ahli maka kita dapat menyimpulkan sendiri bahwa geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari seluk beluk gejala-gejala alam baik di dalam bumi maupun di luar bumi.

Nah begitulah penjelasan tentang pengertian geografi menurut para ahli semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Khafid, Syaiful. (1996). Pelajaran Geografi Untuk Kelas 1 Smu. Bandung: PT. Sarana Panca Karya.
Kasihanto, Tri, dkk. (2011). Geografi. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Tim Geografi Sma Dki Jakarta. (2004). Geografi Sma Jilid 1 Untuk Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×