Pengertian Sosiologi Lengkap


Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membagikan ilmu tentang pengertian sosiologi. Lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Artikel terkait dengan Perkembangan Ilmu Sosiologi

Secara etimologi, sosiologi berasal dari kata Socius dan logos. Socius artinya teman, Logos yang berarti kata, perkataan, atau pembicaraan. Secara harfiah, sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat. Beberapa definisi mengenai sosiologi (dalam Sosiologi suatu Pengantar, Soerjono Soekanto, 2002), diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Ilmu Sosiologi

Ensiklopedia Ilmu Sosial

Sosiologi dapat didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang masyarakat dan tentang aspek kehidupan manusia yang diambil dari "kehidupan di dalam masyarakat" (Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial).

Auguste Comte

Auguste Comte berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang terutama mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersamadengan sesamanya. Artinya, sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, dan peradaban.

J.A.A van Dorn dan C.J Lammars

J.A.A van Dorn dan C.J Lammars mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff mengemukakan bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial, dan hasilnya yaitu organisasi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara perorangan degan perorangan, perorangan dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Roucek dan Warren

Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan kelompok. Misalnya, interaksi sosial diantara sesama anggota masyarakat RT, RW, dusun dan nagari.

Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi

Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu norma sosial, lembaga sosial, kelompok sosial dan lapisan sosial. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupa bersama, misalnya pengaruh ekonomi terhadap politik, agama terhadap ekonomi, atau hukum terhadap agama. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial masyarakat.
Pengertian Sosiologi Lengkap
Ilustrasi

Pitirim A. Sorokin

Pitirim A. Sorokin mengemukakan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:
Hubungan maupun pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial, seperti pengaruh iklim terhadap watak manusia, dan pengaruh kesuburan tanah terhadap pola migrasi penduduk.
Ciri-ciri umum dari semua jenis gejala atau fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Hubungan maupun pengaruh timbal balik antara berbagai gejala sosial, seperti antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral. hukum dengan ekonomi, dan gerakan masyarakat dengan politik.

Nah begitulah penjelasan tentang pengertian sosiologi semoga bermanfaat.
Baca juga Metode-Metode Sosiologi
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Pengertian Sosiologi Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×