Bahaya Perkembangan Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia


Tidak dapat dipungkiri lagi perkembangan ilmu pengetahuan bagi manusia selalu membawa dua dampak, apakah itu dampak buruk ataupun dampak baik. Salah satu yang akan kita bahas sekarang adalah Dampak buruk perkembangan ilmu biologi bagi kehidupan manusia. Mari kita simak penjelasan berikut ini apa saja kerugian yang ditimbulkan ilmu biologi.

Beberapa bahaya dan kerugian dari ilmu biologi

Berkurangnya Keanekaragaman Hayati

Indonesia adalah salah tempat yang mempunyai banyak sekali keanekaragaman hayati. Namun akibat dari penyelewangan penggunaan ilmu biologi bagi manusia keanekaragamannya menjadi berkurang. Tindakan manusia yang serakah dan ingin selalu mendapatkan bibit unggul akan menyebabkan turunnya keanekaragaman hayati. Pencarian bibit unggul didapatkan dengan teknik rekayasa genetikan sehingga apabila disalahgunakan malah dapat memunculkan bibit-bibit yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

Efek pestisida

Tak jarang dalam penanaman tanaman baru sering digunakan pestisida untuk melenyapkan tanaman yang tidak berguna dan juga untuk menyuburkan lahan. Namun dengan menggunakan pestisida menyebabkan bibit penyakit resisten atau kebal sehingga dapat menimbulkan bibit penyakit yang baru.

Bahaya Perkembangan Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia
Ilustrasi

Penyakit yang ditimbulkan dari senjata biologi

Kemajuan bioteknologi juga dapat disalahgunakan oleh orang-orang untuk meciptakan senjata biologi yang sangat berbahaya, misalnya yaitu memproduksi organisme makroskopis yang secara genetik sudah dimodifikasi untuk menghasilkan toksin atau racun berbahaya. Berbagai agen biologi patogen juga dapat direkayasa secara genetik agar lebih tahan atau stabil pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan dan memiliki kekebalan terhadap antibiotik, vaksin, dan terapi yang sudah ada. Selain itu, bioteknologi juga dimanfaatkan untuk pembuatan agen biologi yang tidak dapat dikenali oleh sistem imun atau antibodi tubuh karena profil imunologisnya telah diubah. Apabila senjata biologi yang telah dikembangkan dimanfaatkan untuk bioterorisme atau penyalahgunaan lainnya maka akan timbul kekacauan di dunia.

Pemanfaatan yang tidak mempedulikan lingkungan

Pemanfaatan ilmu biologi yang tidak menghiraukan lingkungan bisa menyebabkan beberapa bencana, penebangan dan eksploitasi hutan yang sering dilakukan dapat menyebabkan banjir, erosi dan kekeringan yang akan membawa dampak buruk sendiri bagi manusia.


Untuk menghindari penyelewengan dan penyalahgunaan teknologi, khususnya dibidang biologi, baru-baru ini dikembangkan aturan-aturan baku atau etika yang harus diperhatikan oleh para ahli yang tertarik pada objek kajian biologi yang disebut bioetika. Dalam bioetika memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi. 


Nah begitulah penjelasan bahaya yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan ilmu biologi, silahkan share kepada teman-temanmu agar bahaya yang ditimbulkan dapat dikurangi.
Baca yang lainnya
Bahaya Perkembangan Ilmu Biologi Bagi Kehidupan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×