Hubungan Konsep Realitas Sosial Budaya


Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membahas lagi tentang lanjutan konsep realitas sosial yakni HubunganKonsep Realitas Sosial Budaya.

Baca dulu Pengertian dan Konsep Realitas sosial.

Mari kita sekarang membahas hubungan antara berbagai konsep realitas sosial budaya.



Hubungan Masyarakat dan kebudayaan

Berbicara mengenai masyarakat tentu tak akan lepas dari konsep budaya, karena kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial oleh masyarakat. Dalam proses pergaulannya,masyarakat akan menghasilkan budaya yang selanjutnya akan dipakai sebagai sarana penyelenggaraan kehidupan bersama. Oleh sebab itu, konsep masyarakat dan konsep kebudayaan merupakan dua hal yang senantiasa berkaitan dan membentuk suatu system.

Hubungan Masyarakat dan interaksi sosial

Masyarakat selalu melakukan interaksi sosial, baik antarindividu, antara individu dan kelompok, maupun antarkelompok. Karena dalam kehidupannya manusia senantiasa membutuhkan pertolongan manusia yang lain (zoon politicon). Jadi masyarakat dan interaksi sosial tidak dapat dipisahkan.

Hubungan Status dan peranan

Status sosial (kedudukan) merupakan posisi seseorang di tengah-tengah masyarakat. Status dan peranan selalu berkaitan. Peranan merupakan perilaku yang diharapkan dari orang yang memiliki status tertentu.

Hubungan Nilai, norma, dan lembaga sosial

Untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat dibutuhkan suatu perangkat pengaturan tertib sosial yang dinamakan pranata sosial. Dalam pranata sosial, norma-norma dan nilai-nilai akan menjadi sebuah pedoman berperilaku dalam masyarakat. Pranata sosial ini dibuat oleh lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. Lembaga sosial dapat mengontrol apakah suatu norma berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Hubungan Perilaku menyimpang dan pengendalian sosial

Adanya perilaku menyimpang akan mengancam keseimbangan dalam masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan pengendalian sosial. dengan pengendalian sosial yang efektif, maka  perilaku menyimpang akan mengalami penurunan.

Untuk sedikit tambahan, trendilmu.com juga memaparkan Data Tentang Realitas Sosial Dan Permasalahan Sosial        
             
Hubungan Konsep Realitas Sosial Budaya
ilustrasi
  

Data Tentang Realitas Sosial Dan Permasalahan Sosial

Di bawah ini ada beberapa fenomena sosial yang ada di masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan data statistik yang perlu mendapat perhatian

  • Penurunan kualitas moral (demoralisasi)

Demoralisasi merupakan suatu keadaan dimana kualitas moral warga masyarakat mengalami penurunan. Demoralisasi berhubungan dengan rendahnya standar moral dan penetapan nilai serta norma dalam masyarakat.

  • Terorisme

Terorisme adalah tindakan yang membuat kerusakan-kerusakan di dalam masyarakat dengan tujuan menyebarkan rasa takut serta mengancam keselamatan publik.

  • Merebaknya kasus perdagangan anak
  • Meningkatnya angka kemiskinan
  • Kenakalan remaja (delinkuensi)


Nah begitu saja pembahasan tentang Hubungan Konsep Realitas Sosial Budaya dan permasalahan di dalam realitas sosial, semoga bermanfaat.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Hubungan Konsep Realitas Sosial Budaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nicola ventola

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×