Pengertian - Tujuan - dan Contoh Motivasi


Pernahkan anda merasa down? Selalu berpikiran negative dan selalu menganggap diri anda tidak mampu? Pada dasarnya perasaan buruk seperti itu bisa dihilangkan dengan yang namanya motivasi. Apa itu motivasi? Apa tujuan sebenarnya dari motivasi?  Jawaban itu semua dapat ditemukan penjelasan dibawah ini.

Pengertian Motivasi

Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang(Hasibuan,2006).

Jenis-Jenis Motivasi

Jenis-jenis motivasi dapat dikelompokkan menjadi dua jenis menurut Hasibuan (2006) yaitu:

  1. Motivasi positif (insentif positif), manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hadiah kepada mereka yang berprestasi baik Dengan motivasi positif ini semangat kerja bawahan akan meningkat, karena manusia pada umumnya senang menerima yang baik-baik saja.
  2. Motivasi negatif (insentif negatif), manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hukuman kepada mereka yang pekerjannya kurang baik (prestasi rendah). Dengan memotivasi negatif ini semangat kerja bawahan dalam waktu pendek akan meningkat, karena takut dihukum.

Tujuan Motivasi

Pengertian - Tujuan - dan Contoh Motivasi
ilustrasi
Tingkah laku bawahan dalam suatu organisasi seperti sekolah pada dasarnya berorientasi pada tugas. Maksudnya, bahwa tingkah laku bawahan biasanya didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan harus selalu diamati, diawasi, dan diarahkan dalam kerangka pelaksanaan tugas dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Secara umum tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu.

Contoh Motivasi Positif

Dibawah ini saya sertakan motivasi positif dengan judul Motivasi Hidup Sukses - Resep Ajaib Merubah Hidup yang dipersembahkan oleh Arian Surya. Selamat Mendengar :)

Bagaimana sangat menarik bukan?
Nah itu saja pembahasan tentang Pengertian dan Tujuan motivasi dari trendilmu.com semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu hiasi hari dengan motivasi yang positif.


Sumber:
Hasibuan. (2006). Motivasi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta: Jurnal Kesehatan. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.Tersediadalam: Http://www.repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/21390/7/Cover.pdf.
Video dari Youtube Channel Pagar Kehidupan.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Pengertian - Tujuan - dan Contoh Motivasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Ilmu

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×