Teori Model Keperawatan Menurut Imogene King


Model konseptual king



Kerangka kerja konseptual terdiri dari 3 sistem yang dikenal dengan dynamic interacting system meliputi:

Sistem personal
Setiap individu adalah sistem personal yan mencakup persepsi, diri pribadi, pertumbuhan dan perkembangan, citra tubuh, ruang dan waktu.

Sistem interpersonal
Sistem interpersonal dibentuk oleh interaksi antara dua orang atau lebih. Interaksi dua orang disebut dyad, tiga orang disebut triad, dan empat orang atau lebih disebut group. Sistem interpersonal meliputi beberapa konsep yang berkaitan, yaitu interaksi, komunikasi, transaksi, peran dan stress.
Teori Model Keperawatan Menurut Imogene King
Ilustrasi

Sistem sosial
Didefinisikan sebagai sistem pembatas peran organisasi sosial, perilaku, dan praktik yang dikembangkan untuk memelihara nilai dan mekanisme pengaturan antara praktik dan aturan yang ada.

8 Prediksi Proporsi King

  1. Jika persepsi yang akurat ada dalam interaksi perawat-klien transaksi akan terjadi
  2. Jika perawat dan klien melakukan transaksi, tujuan akan tercapai
  3. Jika tujuan tercapai, kepuasan akan terjadi
  4. Jika tujuan tercapai, keefektifan asuhan keperawatan akan terjadi
  5. Jika transaksi dilakukan di dalam interaksi perawat-klien, pertumbuhan dan perkembangan akan baik
  6. Jika perawat dan klien merasakan kesesuian antara peran yang diharapkan dan peran yang ditampilkan, transaksi akan terjadi
  7. Jika perawat memiliki pengetahuan dan keterampilan komunikasi informasi yang sesuai dengan klien, penetapan dan pencapaian tujuan bersama akan terjadi.
  8. Jika konflik peran dialami oleh perawat atau klien atau keduanya, stress dalam interaksi perawat-klien akan terjadi.


Proses interaksi manusia menurut king
  1. Aksi merupakan proses awal hubungan 2 individu dalam berprilaku,dalam memahami atau mengenali kondisi yang ada dalam keperawatan dengan digambarkan hubungan keperawatn dan klien melakukan kontrak atau tujuan yang diharapkan.
  2. Reaksi adalah suatu bentuk tindakan yang terjadi akibat dari adanya aksi dan merupakan respon dari individu.
  3. Interaksi adalah suatu bentuk kerjasama yang saling mempengaruhi antara perawat dan klien yang terwujud dalam komunikasi.
  4. Transaksi kondisi dimana antara perawat dan klien terjadi suatu persetujuan dalam rencana tindakan keperawatan yang akan dilakukan.


Paradigma king tentang keperawatan
1.    Konsep manusia
King memandang manusia sebagai suatu system terbuka yang berinteraksi dengan lingkungan benda,energi,dan informasi dengan leluasa memepengaruhinya. Dalam kerangka konsepnya meliputi tiga system interaksiyang dinamis sebagai individu disebut sebagai system personal,ketika individu ini bersatu dalam kelompok disebut system interpersonal.
2.    Konsep lingkungan
Lingkungan adalah system sosial yang ada dalam masyarakat yang salig berinteraksi dengan system lainnya secara terbuka.
3.    Konsep sehat
Sehat adalah sebagai pengalaman hidup manusia yang dinamis,yang secara berkelanjutan melakukan penyesuaian terhadap stressor intetnal dan eksternal melewati rentang sehat sakit dengan menggunakan sumber-sumber yang dimilki oleh seseorang atau individu untuk mencapai kehidupan sehari-sehari yang maksimal.
4.    Konsep keperawatan
King menyampaikan pola intervensi keperawatan adalah proses interaksi klien dan perawat meliputi komunikasi dan persepsi yang menimbulkan aksi,reaksi, dan jika gangguan, menetapkan tujuan dengan maksud tercapainya suatu persetujuan dan membuat transaksi.


Teori Model Keperawatan Menurut Imogene King Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nicola ventola

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×