Persiapan Untuk Masa Menjelang Menopause


Trendilmu.com – Pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan mencoba membahas kembali tentang menopause tepatnya sebuah persiapan yang harus dilakukan oleh ibu untuksaat menjelang menopause. Sebelum membaca lebih lanjut ada baiknya anda juga membaca 15 tanda dan gejala menopause pada wanita.

Persiapan Untuk Masa Menjelang Menopause
Ilustrasi


Kesiapan berasal dari kata “siap” mendapat awalan ke- dan akhiran –an. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (2003) kesiapan adalah suatu keadaan bersiap-siap untuk mempersiapkan sesuatu. Kesiapan seorang perempuan menghadapi masa menopause akan sangat membantu dalam menjalani masa menopause ini dengan lebih baik. 

Berdasarkan Kasdu (2002) terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika perempuan hendak memasuki masa menopause antara lain:


a. Mengkonsumsi makanan bergizi

Sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan gizi yang berimbang. Pemenuhan gizi yang memadai akan sangat membantu dalam menghambat berbagai dampak negatif menopause terhadap kinerja otak, mencegah kulit kering, serta berbagi penyakit lainnya.

b. Menghindarkan Stres

Usahakan untuk membiasakan gaya hidup rileks dan menghindari tekanan yang dapat mmembebani pikiran. Hal ini penting untuk mengatasi dampak psikologis akibat menopause. Perempuan yang memasuki menopause, tidak jarang merasa tidak sempurna lagi sebagai perempuan. Kondisi ini sering menimbulkan tekanan psikologis. 


Jika tekanan tidak diatasi akan berkembang menjadi stress yang berdampak buruk pada kehidupan berumah tangga dan sosial seorang perempuan. Kemampuan orang untuk mengatasi dampak menopause (stres, ketegangan, dan takut menjadi tua) tidak sama, ada yang mampu secara cepat adapula yang berkepanjangan. Dalam hal ini sedikitnya ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan bagi pemulihan dampak menopause, yaitu:

1. Rehabilitasi fisik, dapat dilakukan dengan olah raga yang teratur
2. Stabilitas kejiwaan/ mental-emosional, dapat berkonsultasi pada dokter atau psikiater, dimana akan diberikan terapi berupa obatobatan (anti depresi atau anti cemas dan lain sebagainya) atau dapat juga dengan psikoterapi (termasuk  sikoterapi keagamaan): guna memulihkan rasa kepercayaan diri, rasa harga diri, tahu arti hidup yang guna.
3. Pengertian suami. Dari kedua upaya pemulihan menopause diatas, maka pengertian sang suami adalah penting. Sering kali karena ketidakpahaman sang suami terjadilah perselisihan. Ketidaktahuan (ignorancy), baik pada istri maupun pada suami, kesalahan dan perselisihan yang terjadi, kalau tidak ditangani dengan bijak dapat menjurus kepada ketidak harmonisan runah tangga dengan segala akibatnya.


c. Menghentikan Merokok dan Minum-Minuman Beralkohol

Bukan rahasia lagi, merokok dapat merusak kesehatan seseorang. Tidak hanya itu merokok juga akan merusak kecantikan. Asap nikotin dapat membuat kulit wajah kering dan kusam. Bibir dan gusi menghitam, bahkan kuku dan jemari akan kehilangan keindahannya karena kandungan nikotin yang dipegang setiap hari.

d. Olahraga Secara Teratur

Selain menguatkan tulang, olahraga juga sudah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, jenis kanker tertentu, dan juga mengusir stres. Jika tidak memiliki alasan kuat untuk tidak bisa berolahraga khusus, maka sangat perlu menyediakan waktu untuk menggerakkan tubuh.

e. Berkonsultasi Dengan Dokter


Meskipun masa menopause merupakan peristiwa normal yang akan terjadi pada setiap perempuan, tetapi tidak ada salahnya jauh-jauh hari sebelum memasuki masa tersebut, anda cukup mendapat informasi yang benar. Hal ini tentu saja bisa diperoleh dengan buku bacaan yang mudah diperoleh.
Persiapan Untuk Masa Menjelang Menopause Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nicola ventola

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel