Faktor yang Mempengaruhi Kadar Glukosa Darah


Trendilmu.com – Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan mencoba membahas Faktor yang Mempengaruhi Kadar Glukosa Darah dan sebelum membahas lebih lanjut maka mari kita simak pengertian glukosa itu sendiri.
Faktor yang Mempengaruhi Kadar Glukosa Darah
Ilustrasi

Pengertian Glukosa

Glukosasuatu gula monosakaridakarbohidrat terpenting yang digunakansebagai sumber tenaga utama dalam tubuh. Glukosa merupakan prekursor untuk sintesis semua karbohidrat lain di dalam tubuh seperti glikogen, ribose dandeoxiribose dalam asam nukleat, galaktosa dalam laktosa susu, dalam glikolipid, dan dalam glikoprotein dan proteoglikan(Bandiyah, 2009).

Faktor-faktor yang mempengaruhi kadar glukosa

Kadar glukosa tinggi dapat menyebabkan terjadinya diabete mellitus. Menurut susianti (2013) faktor-faktor yang mempengaruhi kadar glukosa adalah sebagai berikut:

Banyak mengkonsumsi makanan bergula

Di sekitar kita banyak sekali minuman atau makanan yang mengandung gula, bahkan kita tidak mengetahui berapa jumlah takaran yang dipakai untuk membuat makanan atau minuman tersebut. Berbeda dengan makanan atau minuman yang kita buat dengan tangan sendiri yang sudah kita ketahui takarannya. Maka dari itu, kurangi atau batasi pemakaian gula dan konsumsilah air putih yang cukup minimal 8 gelas perhari.

Kurang aktivitas fisik atau olahraga.

Pada zaman sekarang ini orang sudah banyak yang memiliki kendaraan pribadi, sehingga kemana-mana akan naik kendaraan. Gaya hidup seperti ini  memang tidak salah karena sudah zamannya. Akan tetapi, lebih baik jika kita meluangkan sedikit waktu untuk menggerakkan tubuh kita karena dapat mengubah kadar glukosa tubuh menjadi energi.

Stress

Seseorang yang stress juga bisa memicu terjadinya diabetes. Hal tersebut dikarenakan kinerja adrenalin sebagai pengatur gula darah akan tidak stabil, sehingga mengakibatkan hormon insulin kesusahan untuk menstabilkan gula darah. Untuk menghindari stress bisa dilakukan dengan berbagi masalah kepada sahabat atau orang-orang terdekat.

Kurang tidur


Seseorang yang kurang tidur akan sangat mudah sekali terserang penyakit karena sistem imun menurun. Bukan hanya itu, orang yang kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh susah untuk memproses glukosa sehingga resiko diabetes akan meningkat.  Orang yang kurang tidur juga bisa merangsang suatu hormon yang ada dalam darah yang menjadikan nafsu makan bertambah. Karena merasa lapar, sehingga orang yang mengalami gangguan tidur akan memakan makanan yang memiliki kadar kalori tinggi yang mengakibatkan gula darah naik. Maka dari itu, istirahat yang cukup sangat diperlukan minimal sehari 6 jam atau yang paling baik ialah 8 jam.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Faktor yang Mempengaruhi Kadar Glukosa Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel