Fisiologi Kehamilan Normal


Trendilmu.com – Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan mencoba membahas bagaimana fisiologi kehamilan normal, sebelumnya mari kita cari tahu dulu apa definisi kehamilan.
Fisiologi Kehamilan Normal
Ilustrasi

Definisi kehamilan

Kehamilan adalah fertilisasi atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi yang berlangsung dalam waktu 40 minggu atau 9 bulan (sarwono 2011).
                                                     

Fisiologi kehamilan normal

  1. Uterus akan membesar pada bulan-bulan  pertama dibawa pengaruh estrogen dan progesterone yang kadarnya meningkat. Pada kehamilan 18 minggu uterus membesar sebesar telur bebek pada kehamilan 12 minggu sebesar telur angsa. Pada kehamilan 16 minggu sebesar kepala bayi dan semakin membesar sesuai dengan usia kehamilan dan ketika usia kehamilan aterm dan pertumbuhan janin normal.
  2. Payudara pembesaaran putting susu dan pengeluaran kolostrum (mulai terlihat atau dapat diekspresikan sejak kehamilan memasuki usia 12 minggu (Asrinah, 2010).
  3. Vulva vagina vulva dan vagina mengalami perubahan akibat hormone estrogen. Adanya hipervaskularisasi mengakibatkan vagina dan vulva tampak lebih merah dan agak kebiru-biruan (livide).
  4. Ovarium dan Tuba Fallopi Selama Kehamilan ovulasi berhenti karena adanya peningkatan estrogen dan progesterone yang menyebabkan penekanan sekresi FSH dan LH dari hipofisis anterior.
  5. Perubahan perkemihan Selama kehamilan Sistem perkemihan mengalami berbagai perubahan structural dan fungsional dengan banyaknya perubahan stuktural yang bertahan dengan baik sampai periode postpartum.
  6. Perubahan system pernafasan Kehamilan mempengaruhi perubahan system pernafasan pada volume paru-paru dan ventilasi.Perubahan tersebut terjadi karena pengaruh hormonal dan biokimia, maka dari sebab itu ibu merasa susah bernafas.
  7. Perubahan serviks uteri Vaskularasi ke serviks meningkat selama kehamilan, sehingga serviks menjadi lunak dan warnanya lebih biru. Perubahan serviks terutama terdiri atas jaringan fibrosa. Glandula servikalis mensekresikan lebih banyak muncus dan plak bahan mucus yang akan menutupi kanalis servikalis.Fungsi utama dari plak mucus ini adalah untuk menutup kanalis servikalis dan untuk memperkecil resiko infeksi genital yang meluas keatas.Menjelang kehamilan kehamilan kadar hormone relaksin memberikan pengaruh perlunakan kandungan kolagen pada serviks.

Fisiologi Kehamilan Normal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nicola ventola

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel