Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Protein Urine


Trendilmu.com - Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membahas tentang pengertian protein urine danfaktor-faktor yang mempengaruhi protein urine. Simak pembahasannya dibawah ini.
 
Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Protein Urine
Ilustrasi

Pengertian Protein Urine

Protein urine adalah suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal. Ekskresi protein urine normal hingga 150 mg/hari. Oleh karena itu, jika jumlah protein dalam urin menjadi abnormal, maka dianggap sebagai tanda awal penyakit ginjal atau penyakit sistemik yang signifikan. Jika kadar gula darah tinggi selama beberapa tahun kerusakan ginjal, maka kemungkinan akan terlalu banyak albumin akan hilang dari darah. Proteinuria merupakan tanda bahwa ginjal telah menjadi rusak(Bandiyah, 2009).

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Protein Urine

Kerusakan fungsi ginjal

Protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal. Ketika ginjal bekerja dengan benar, mereka menyaring produk limbah keluar dari darah akan tetapi tetap menyimpan unsur penting termasuk albumin. Albumin adalah protein yang membantu dalam mencegah air bocor keluar dari darah ke jaringan lain.Protein plasma adalah komponen penting dari setiap makhluk hidup. dan ginjal berperan sangat penting dalam retensi protein plasma dengan tubulus ginjal yang berfungsi mereabsorbsi protein melewati penghalang filtrasi glomerulus (Bandiyah, 2009).

Stress

Seseorang yang stress juga bisa memicu terjadinya hipertensi. Hal tersebut dikarenakan kinerja kreatinin sebagai pengatur kadar protein urine akan tidak stabil, sehingga mengakibatkan fungsi ginjal kesusahan untuk menetralkan protein urine Untuk menghindari stress bisa dilakukan dengan berbagi masalah kepada sahabat atau orang-orang terdekat (Bandiyah, 2009).

Pustaka

Bandiyah, S. (2009). Lanjut Usia dan Keperawatan Genoritik. Muha Medika. Yogyakarta
Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Protein Urine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel