Pengertian dan Jenis Masalah Survey


Trendilmu.com – Pada kesempatan kali trendilmu.com akan mencoba membahas tentang pengertian survey dan jenis masalah dalam survey. Simak penjelasan berikut ini.
Pengertian dan Jenis Masalah Survey
Ilustrasi

Pengertian Survey

Survey adalah suatu cara penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang biasanya cukup banyak dalam jangka waktu tertentu. Pada umumnya survey bertujuan untuk membuat suatu penilaian terhadap suatu kondisi dan penyelanggaraan suatu program dimasa sekarang, kemudian hasilnya digunakan untuk menyusun perencanaan program tersebut. Jadi, survey bukan semata-mata dilaksanakan untuk mebuat deskriptif tentang suatu keadaan, melainkan juga menjelaskan tentang hubungan antara berbagai variabel yang diteliti, dari objek yang mempunyai unit atau individu yang cukup banyak. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan survey biasanya hasilnya dibuat suatu analisis secara kuantitatif terhadap data yang telah dikumpulkan (Notoatmodjo, 2007).

Jenis masalah survey

Menurut Notoamodjo (2007), survey dapat digolongkan menjadi:

1)Survey rumah tangga

Adalah suatu surveydeskriptif yang ditunjukan kepada rumah tangga. Biasanya pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada kepala keluarga. Informasi yang diperoleh dari kepala keluarga ini bukan saja Informasi mengenai diri kepala keluarga tersebut, tetapi juga informasi tentang rumah dan lingkungan.

2)Surveymorbiditas

Adalah suatu surveydeskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kejadian dan distribusi penyakit didalam masyarakat atau populasi. Survey ini dapat sekaligus digunakan untuk mengetahui “incidence” suatu penyakit atau prevalensi (prevalence).

3)Survey analisis jabatan

Adalah suatu survey deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab para petugas kesehatan serta kegiatan-kegiatan para petugas kesehatan tersebut sehubungan antara atasan dengan bawahan, kondisi kerja, serta fasilitas yang ada untuk melaksanakan tugas.

4)Survey pendapat umum

Survey ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pendapat umum terhadap suatu program pelayanan kesehatan yang sedang berjalan dan yang bersangkutan seluruh lapisan masyarakat.


Nah begitu saja pembahasan kita kali ini tentang pengertian survey dan jenis masalah dalam survey, semoga bermanfaat.

Pustaka
Notoatmodjo, S. (2005).Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Ilmu. Jakarta.
Pengertian dan Jenis Masalah Survey Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel