Pengertian Sikap Menurut Para Ahli


Trendilmu.com - Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan mencoba membahas pengertian sikap, tingkatan sikap dan skala pengukuran sikap. simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Sikap

Sikap merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu objek atau stimulus (Sukmadinata, 2010).

 
Pengertian Sikap Menurut Para Ahli
Ilustrasi

Tingkatan Sikap menurut Notoatmodjo (2010):

Menerima (receiving)
Menerima diartikan bahwa orang (objek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan kepadanya

Merespon (responding)
Memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi dari sikap karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan terlepas dari pekerjaan itu benar atau salah adalah orang yang menerima ide tersebut.

Menghargai (valuting)
Mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan suatu masalah adalah suatu indikasi sikap tingkat ke tiga, misalnya seorang ibu yang mengajak ibu yang lain untuk pergi memeriksa kesehatan ke puskesmas, mendikusi tentang kesehatan merupakan suatu bukti bahwa ibu tersebut telah mempunyai sikap positif terhadap kesehatannya.

Bertanggung jawab (responsible)
Bertanggung jawab merupakan sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko dan merupakan sikap yang paling tinggi. Pengukuran sikap dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dapat ditanyakan bagaimana pendapat atau pernyataan responden terhadap suatu objek. Secara tidak langsung dapat dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan hipotesis. Kemudian baru ditanyakan pendapat responden (Notoatmojo, 2010).

Skala Pengukuran Sikap

Menurut Sukmadinata (2010), Skala sikap yang banyak digunakan untuk pengukuran segi-segi afektif adalah model likert. Model likert menggunakan skala deskriptif yaitu: Sangat Setuju (SS), Setuju (S) Ragu-ragu (R), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS).


Pengertian Sikap Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nicola ventola

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel