Pengertian, Tujuan, dan Tata Cara Dekontaminasi


Trendilmu.com - Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membahas tentang pengertian Dekontaminasi, tujuan dekontaminasi dan cara-cara dekontaminasi. Simak penjelasan berikut ini.
 
Pengertian, Tujuan, dan  Tata Cara Dekontaminasi
Ilustrasi

Pengertian Dekontaminasi

Pencucian adalah cara paling efektif untuk menghilangkan sebagian besar mikroorganisme pada peralatan perlengkapan yang kotor atau yang sudah digunakan. Baik sterilisasi maupun disinfeksi tingkat tinggi menjadi kurang efektif tanpa proses pencucian sebelumnya. Jika benda-benda yang terkontaminasi tidak dapat dicuci segera setelah didekontaminasi, bilas peralatan dengan air untuk mencegah dan menghilangkan bahan-bahan organik, lalu cuci dengan seksama secepat mungkin. (Uliyah dan hidayah, 2008).

Dekontaminasi adalah langkah pertama dalam menangani peralatan, perlengkapan,sarung tangan, dan benda–benda lainnya yang terkontaminasi. Dekontaminasi membuat benda–benda lebih aman untuk ditangani petugas pada saat dilakukan pembersihan. Untuk perlindungan lebih jauh, pakai sarung tangan karet yang tebal atau sarung tangan rumah tangga dari latex, jika menangani peralatan yang sudah digunakan atau kotor (niken, 2009)

Tujuan Dekontaminasi (Uliyah, 2008)

  1. Untuk menurunkan transmisi penyakit dan pencegahan infeksi pada alat-alat  instrumen persalinan yang telah dilakukan pencucian
  2. Memusnahkan semua bentuk kehidupan mikroorganisme patogen termasuk spora, yang mungkin telah ada pada peralatan kedokteran dan perawatan yang dipakai.
  3. Untuk mencegah penyebaran infeksi melalui peralatan pasien atau permukaan lingkungan.
  4. Untuk membuang kotoran yang tampak.
  5. Untuk membuang kotoran yang tidak terlihat (Mikroorganisme).
  6. Untuk menyiapkan semua permukaan untuk kontak langsung dengan alat pensteril atau desinfektan.
  7. Untuk melindungi personal dan pasien.

Cara-cara Dekontaminasi

  1. lakukan dekontaminasi terhadap alat-alat dengan cara merendamnya dengan larutan desifektan (klorin 0,5 %) selama 10 menit. langkah ini dapat membunuh virus hepatitis B dan AIDS.
  2. Jangan merendam instrument logam yang berlapis elektron (artinya tidak 100 % baja tahan gores)meski dalam air biasa selama beberapa jam karena akan berkarat.
  3. Setelah dekontaminasi instrumen harus segera dicuci dengan air dingin untuk menghilangkan bahan organik sebelum dibersihkan secara menyeluruh.
  4. Jarum habis pakai da semprit harus diletakkan dalam wadah yang baik untuk dikubur.
  5. Apabila akan digunakan kembali maka jarum dan semprit harus dibersihkan dan dicuci secara menyeluruh setelah dekontaminasi.
  6. Sekali instrumen atau benda lainnya telah didekontaminasi maka selanjutnya di proses dengan aman.

Pengertian, Tujuan, dan Tata Cara Dekontaminasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel