Proses Menua Pada Lansia


Trendilmu.com – Pada kesempatan singkat ini trendilmu.com akan membahas proses menua pada lansia. Sebelumnya mari kita cari tahu dulu apa itu menua dan batas penduduk lansia ditinjau dari berbagai aspek.
 
Proses Menua Pada Lansia
Ilustrasi
Menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri / mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita (Bandiyah, 2009).

Usia lanjut sebagai tahap akhir siklus kehidupan merupakan tahap perkembangan normal yang akan dialami oleh setiap individu yang mencapai usia lanjut dan merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari. Usia lanjut adalah kelompok orang yang sedang mengalami suatu proses perubahan yang bertahap dalam jangka waktu tentu (Notoatmodjo, 2007).

Menurut Notoatmodjo (2007) batas penduduk lansia dapat dilihat dari aspek-aspek biologis sebagai berikut:

Aspek biologi

Penduduk lansia ditinjau dari aspek biologi adalah penduduk yang telah menjalani proses penuaan. Dalam arti menurunnya daya tahan fisik yang ditandai dengan semakin rentannya tubuh terhadap serangan berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan seiring meningkatnya usia, sehingga terjadi perubahan dalam struktur dan fungsi sel,  jaringan, serta sistem organ.

Aspek ekonomi

Aspek ekonomi menjelaskan bahwa penduduk lansia dipandang lebih sebagai beban daripada potensi sumber daya bagi pembangunan. Warga tua dianggap sebagai warga yang tidak produktif dan hidupnya perlu ditopang oleh generasi yang lebih muda. Bagi penduduk lansia yang masih memasuki lapangan pekerjaan, produktivitasnya sudah menurun dan pendapatannya lebih rendah dibandingkan pekerja usia produktif. Akan tetapi, tidak semua penduduk yang termasuk dalam kelompok umur lansia ini tidak memiliki kualitas dan produktivitas rendah.

Aspek sosial

Dari sudut pandang sosial, penduduk lansia merupakan kelompok sosial tersendiri. Di negara Barat, sebagian masyarakat lansia menduduki strata sosial di bawah kaum muda. Di masyarakat tradisional di Asia seperti Indonesia, penduduk lansia menduduki kelas sosial yang tinggi yang harus dihormati oleh masyarakat yang usianya lebih muda.

Aspek Umur

Batasan usia lanjut didasarkan atas Undang-Undang No.13 Tahun 1998 adalah 60 tahun. Namun, berdasarkan pendapat beberapa para ahli dalam program kesehatan usia lanjut, Departemen Kesehatan membuat pengelompokan seperti kelompok pertengahan umur (45-54 tahun), kelompok usia lanjut dini (55-64 tahun ), kelompok usia lanjut 65 tahun ke atas), kelompok usia lanjut dengan risiko tinggi (lebih dari 70 tahun).


Sedangkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pengelompokan lansia terdiri dari Middle age di sebut juga sebagai pra lansia yang berumur 45-59 tahun, Ederly lansia yang berumur 60-74 tahun, Old age yaitu lansia berumur  75-90 tahun, Very old lansia yang berumur di atas 90 tahun.
Proses Menua Pada Lansia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel