Dampak Kekurangan Vitamin A Dan Cara Mencegahnya


Trendilmu.com - Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan melanjutkan kembali pembahasan tentang vitamin A, tepatnya akibatkekurangan vitamin A dan cara mencegah vitamin A. Berikut penjelasannya.
Dampak Kekurangan Vitamin A Dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi Vitamin A

Baca juga tentang Pengertian, Fungsi dan Asalusul Vitamin A

Akibat Kekurangan Vitamin A

  1. Kurang vitamin A (KVA) pada anak-anak yang berada di daerah pengungsian dapat menyebabkan mereka rentan terhadap penyakit infeksi, sehingga mudah sakit.
  2. Anak yang menderita kurang vitamin A, bila terserang campak, diare atau penyakit infeksi lain, penyakitnya tersebut akan bertambah parah dan dapat mengakibatkan kematian. Infeksi akan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat-zat gizi dan pada saat yang sama akan mengikis habis simpanan vitamin A dalam tubuh.
  3. Kekurangan vitamin A untuk jangka waktu lama juga akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada mata, dan bila anak tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.
  4. Bayi-bayi yang tidak mendapat ASI mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita KVA, karena ASI merupakan sumber vitamin A yang baik (Gsianturi, 2004).


Penglihatan Vitamnin A berfungsi dalam penglihatan normal pada cahaya remang. Bila kita dari cahaya terang diluar kemudian memasuki ruangan yang remang-remang cahayanya, maka kecepatan mata beradaptasi setelah terkena cahaya berhubungan langsung dengan vitamin A yang tersedia di dalam darah. Tanda pertama kekurangan vitamin A adalah rabun senja. Suplementasi vitamin A dapat memperbaiki penglihatan yang kurang  bila itu disebabkan karena kekurangan vitamin A.

Kekurangan (defisiensi) Vitamin A terutama pada anak-anak balita. Tanda-tanda kekurangan terlihat bila simpanan tubuh habis terpakai. Kekurangan vitamin A dapat merupakan kekurangan primer akibat kurang konsumsi, atau kekurangan sekunder karena gangguan penyerapan dan penggunaannya dalam tubuh, ataupun karena gangguan pada konversi karoten menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin A sekunder dapat terjadi pada penderita Kurang Energi Protein (KEP), penyakit hati, gangguan absorpsi karena kekurangan asam empedu (Suhardjo, 2002).

Penyebab lain KVA pada balita dikarenakan kurang makan sayuran dan buah-buahan berwarna serta kurang makanan lain sumber vitamin A seperti : daun singkong, bayam, tomat, kangkung, daun ubi jalar, wortel, daun pepaya, kecipir, daun sawi hijau, buncis, daun katu, pepaya, mangga, jeruk, jambu biji, telur ikan dan hati. Akibatnya menurun daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit (Depkes RI, 2006).

Cara Mencegah Kurang Vitamin A

Vitamin A dapat diperoleh dari ASI atau makanan yang berasal dari hewan (susu, hati, daging ayam, telur) atau dari sayuran hijau serta buah bewarna  merah atau kuning (mangga, pepaya). Dalam keadaan darurat, dimana makanan sumber alami menjadi sangat terbatas, suplementasi kapsul vitamin A menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit (Gsianturi, 2004).


Untuk mencegah kekurangan vitamin A, maka di adakan pemberian vitamin A dosis tinggi secara rutin dua kali dalam satu tahun. Suplementasi vitamin A dosis tinggi yang dilakukan secara berkala pada anak, dimaksudkan untuk menghimpun cadangan vitamin A dalam hati, agar tidak terjadi kekurangan vitamin A dan akibat buruk yang ditimbulkannya seperti kebutaan dan kematian. Cadangan vitamin A dalam hati ini dapat digunakan sewaktu-waktu bila diperlukan (Puspitorini, 2008).

Pustaka
Depkes, RI. (2009). Definisi Vitamin A. Yayasan Bina Pustaka: Jakarta.
Suhardjo. (2002). Berbagi Cara Pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara.
Puspito, R. (2008). Pentingnya Vitamin A Terhadap Tubuh. Jakarta.
Gsianturi. (2004). Konsep Dasar Vitamin A. Jakarta.
Hendra. (2006). Dasar-dasar Vitamin A. Jakarta.
Pudjiadi, S. (2003). Ilmu Gizi Klinis pada Anak. Edisi ke-4. Jakarta: Gaya Baru.
Dampak Kekurangan Vitamin A Dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel