Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif dan Asosiatif Pembahasan Lengkap


Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif dan Asosiatif Pembahasan Lengkap” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Dalam proses interaksi sosial menghasilkan 2 bentuk yaitu proses sosial asosiatif dan disosiatif.


Proses/interaksi Sosial Asosiatif

Adalah proses sosial yang membawa ke arah persatuan dan kerja sama. Proses ini disebut juga sebagai proses yang positif. Beberapa proses sosial yang bersifat asosiatif adalah :

1. Akulturasi (acculturation)
Merupakan proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan asing/kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.

2. Asimilasi
Proses asimilasi terjadi apabila dalam masyarakat terdapat perbedaan kebudayaan diantara kedua belah pihak, ada proses saling menyesuaikan, ada interaksi intensif antara kedua belah pihak.



Sebagai proses usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan atau memecahkan konflik dalam rangka mencapai kestabilan.


3. Kerja sama (cooperation)
Merupakan bentuk yang paling utama dalam proses interaksi sosial karena interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang/kelompok orang bertujuan untuk Memenuhi kepentingan/kebutuhan bersama.

Kerjasama spontan : kerjasama yang timbul secara spontan.
Kerjasama langsung : kerjasama yang terjadi karena adanya perintah dari atasan.
Kerjasama kontrak : kerjasama yang terjadi atas dasar ketentuan tertentu yang disetujui       bersama untuk jangka waktu tertentu.
Kerjasama tradisional : kerjasama yang terbentuk karena adanya sistem tradisi yang             kondusif.

4. Akomodasi
 
Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif dan Asosiatif Pembahasan Lengkap
Ilustrasi

Proses/interaksi sosial disosiatif

Merupakan interaksi sosial yang membawa ke arah perpecahan. Ada beberapa bentuk interaksi sosial disosiatif yaitu :

1. Konflik Sosial/pertentangan
Dapat diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebih, maupun kelompok berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

2. Persaingan (competition)
Merupakan suatu proses sosial yang melibatkan mencapai keuntungan melalui bidang kehidupan yang pada suatu saat tertentu menjadi pusat perhatian umum, tanpa ancaman/kekerasan.

3. Kontrovensi
Merupakan suatu proses sosial yang posisinya berada diantara persaingan dan konflik. Kontrovensi dapat berwujud sikap tidak senang, baik secara terbuka/sembunyi-sembunyi.

Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif dan Asosiatif Pembahasan Lengkap”. Semoga Bermanfaat
Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif dan Asosiatif Pembahasan Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel