Pengertian Status Sosial Lengkap


Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Pengertian Status Sosial Lengkap” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah  Status sosial dapat dipahami sebagai tingkat kehormatan atau prestise yang melekat pada posisi seseorang dalam masyarakat.

Stratifikasi sosial dikaitkan dengan kemampuan individu untuk hidup sampai dengan beberapa set prinsip-prinsip cita-cita atau dianggap penting oleh masyarakat atau kelompok sosial di dalamnya.

Meskipun ada beberapa masyarakat di seluruh dunia yang menganggap setiap orang (setidaknya orang dewasa) status yang sama, sebagian besar masyarakat memiliki beberapa bentuk hirarki sosial dengan beberapa orang di kuat, posisi lebih dominan, dan orang lain lebih lemah, posisi lebih rendah.Seringkali ketidakadilan ini dibangun ke dalam sistem sosial itu sendiri melalui berbagai bentuk komponen struktural dan lembaga.

Peran sosial dan ekonomi dibedakan dan diberikan status diferensial sesuai dengan apa yang masyarakat tertentu atau budaya dianggap berharga. Dalam beberapa kasus, ketimpangan dalam sumber daya dan kewenangan mungkin begitu besar bahwa mereka didominasi pergi bersama dengan itu dengan sedikit kesadaran diri. Sena harfiah berarti 'tentara'. Dalam konteks Bihar-salah satu negara yang paling terbelakang India-itu mengacu pada milisi pribadi dari kasta atas.

Bihar telah melihat konflik antara kasta atas (kelas feodal pemilik tanah dan kontraktor bisnis) dan kasta rendah (biasanya petani penggarap dan buruh tani tak berdaya) sejak kemerdekaan. Pemberdayaan bertahap dari kelas-kelas yang lebih rendah telah memicu reaksi berdarah dari geng (sena) yang mengelilingi bagian atas-kasta penjahat. Penindasan selalu hadir dan pembalasan meningkat pada paruh kedua 1990-an, ketika seluruh populasi dari sejumlah dusun dibantai dalam ledakan Naxalite dan kekerasan sena. Dari Suba Chandran dan Alok Kumar Gupta, India: Kekerasan Kasta dan Kelas di Bihar: The Ranvir Sena. Eropa Platform untuk Pencegahan Konflik dan Transformasi.

Tapi di mana resistensi muncul, hasil konflik sosial. Konflik dominasi konflik tentang siapa yang di atas (dan bawah) dari konflik hierarchy.Such sosial, ekonomi, dan / atau politik dapat terjadi antara orang pribadi (misalnya, antara saudara kandung, teman sekolah, atau rekan kerja), antara kelompok ( misalnya antara kelompok-kelompok ras atau etnis yang berbeda), atau antara bangsa-bangsa.

Menempati status tinggi karena karakteristik yang dimiliki seseorang berarti bahwa atas dasar perbedaan itu, individu memperoleh lebih banyak kekuasaan dan hak istimewa. Pendapat orang itu, cara berpikir, nilai-nilai, kebutuhan, dan perasaan yang dianggap memiliki nilai lebih. Ada rasa tinggi dari hak untuk sumber daya masyarakat, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan yang menarik. Seringkali imbalan ini diturunkan hanya dari memiliki warna kulit tertentu, keberadaan jenis kelamin tertentu, yang berpakaian dengan cara tertentu, atau memiliki profesi tertentu atau gelar.

Sena harfiah berarti 'tentara'. Dalam konteks Bihar-salah satu negara yang paling terbelakang India-itu mengacu pada milisi pribadi dari kasta atas. Bihar telah melihat konflik antara kasta atas (kelas feodal pemilik tanah dan kontraktor bisnis) dan kasta rendah (biasanya petani penggarap dan buruh tani tak berdaya) sejak kemerdekaan. Pemberdayaan bertahap dari kelas-kelas yang lebih rendah telah memicu reaksi berdarah dari geng (sena) yang mengelilingi bagian atas-kasta penjahat. Penindasan selalu hadir dan pembalasan meningkat pada paruh kedua 1990-an, ketika seluruh populasi dari sejumlah dusun dibantai dalam ledakan Naxalite dan kekerasan sena. Dari Suba Chandran dan Alok Kumar Gupta, India: Kekerasan Kasta dan Kelas di Bihar: The Ranvir Sena. Eropa Platform untuk Pencegahan Konflik dan Transformasi.

Teori Dominasi sosial menunjukkan bahwa kebanyakan bentuk konflik kelompok dan penindasan (misalnya, rasisme, etnosentrisme, seksisme, nasionalisme, kelasisme, regionalisme) dapat dianggap sebagai manifestasi yang berbeda dari kecenderungan manusia yang sama dasar untuk membentuk kelompok berbasis hierarchies.Examples sosial dari 20 konflik abadmengakibatkan setidaknya sebagian dari stratifikasi sosial termasuk Holocaust, pembantaian Timor Timur pada 1990-an, Khmer Merah teror akhir 1970-an, dan pembantaian warga Tutsi dan Hutu di Rwanda pada 1990-an. Dalam semua situasi kekerasan, ada hubungan dominasi dan subordinasi di tempat kerja. Berbagai kelompok yang berjuang untuk mempertahankan atau memajukan status sosial mereka.

Ironisnya, sistem stratifikasi telah digunakan oleh beberapa masyarakat untuk mencoba mengurangi konflik terbuka atas distribusi barang dan jasa bernilai dalam suatu masyarakat. Untuk sementara waktu, distribusi penghargaan mungkin tidak diperebutkan dan kekuatan orang-orang di atas tidak akan tertantang. Namun akhirnya, konflik kepentingan mungkin sangat baik naik ke permukaan. Sementara mereka di atas hirarki sosial cenderung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka di bagian bawah cenderung kurang memiliki akses terhadap penghargaan materi, kebebasan, pengakuan, layanan dari orang lain.

Selain itu, dominasi kelompok sekali keuntungan, itu akan memonopoli sumber daya dalam upaya untuk mempertahankan dan melestarikan status istimewa nya. Karena kemampuan untuk mencapai tujuan seseorang adalah sangat terhubung ke status sosial seseorang, mereka yang berstatus lebih rendah mungkin menemukan kepentingan mereka untuk menantang status quo yang memberikan mereka posisi rendah. Terutama dalam kasus di mana tidak ada sumber daya yang cukup untuk pergi berkeliling, pihak mungkin terlibat dalam persaingan yang ketat untuk posisi status sosial dan hak istimewa.

Ini perjuangan status sosial seringkali tidak hanya tentang siapa mendapat apa. Status konflik juga cenderung melibatkan penilaian subyektif dari seorang individu atau Kelompok "kebaikan" atau "layak sosial." Sebagai contoh konplik identitas cenderung melibatkan isu seputar distribusis sumber daya langka serta perjuangan untuk status sosial dan hak istimewa. Dalam banyak kasus, kelompok percaya bahwa mereka layak status yang lebih tinggi dalam kebajikan seharusnya superioritas moral mereka. Banyak teori menunjukkan bahwa manusia memiliki naluri untuk melestarikan diri yang memotivasi mereka untuk memperjuangkan tempat dalam hubungan sosial dan untuk memastikan bahwa ide-ide dan pendapat mereka diperhitungkan.

Mereka dengan peringkat lebih rendah dalam hirarki sosial mungkin merasa status sosial mereka menjadi bentuk ketidakadilan  atau diskriminasi bahwa mereka harus berjuang untuk mengatasi. Dengan demikian, konflik dominasi banyak masalah pihak berjuang untuk lebih banyak ruang untuk masing-masing nilai.

Pengertian Status Sosial Lengkap
Pengertian Status Sosial Lengkap


Karena tak seorang pun ingin berada di bawah hirarki sosial dan sedikit yang bersedia untuk berbagi, atas konflik tersebut cenderung sangat sulit untuk diselesaikan. Selalu, orang-orang di bagian bawah ingin membalikkan hubungan, sementara orang-orang di atas ingin mempertahankan it.This menyebabkan orang untuk ingin mendominasi orang lain dan untuk bersaing dengan orang lain untuk posisi. Hasilnya adalah bahwa pihak merasa terancam dan rasa kebutuhan untuk membalas untuk membela diri. Seperti perjuangan berlanjut, konflik cenderungmeningkat dan bahkan mungkin menjadikekerasan, sebagai contoh genosida dikutip sebelumnya menunjukkan. Kecuali orang-orang atas bersedia untuk berbagi posisi puncak mereka dengan orang lain (sehingga menghilangkan banyak manfaat yang di atas), konflik kemungkinan besar akan terus berlanjut. Selain itu, bahkan jika mereka di bagian bawah bisa membalikkan keadaan dan menjadi kelompok kepemimpinan, konflik baru mungkin timbul seperti yang sekarang di bagian bawah mulai usaha mereka untuk mendaki ke puncak. Dengan demikian, sistem sosial itu sendiri tidak diubah karena perjuangan orang untuk status sosial. Hal ini hanya peran orang-orang yang terbalik.
Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Pengertian Status Sosial Lengkap”. Semoga Bermanfaat
Pengertian Status Sosial Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel