Pengertian Tujuan dan Prinsip Ekonomi Islam


Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Pengertian Tujuan dan PrinsipEkonomi Islam” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Pengertian Tujuan dan Prinsip Ekonomi Islam
Pengertian Tujuan dan Prinsip Ekonomi Islam

Pengertian Ekonomi Islam

Ekonomi Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun Islam.Bekerja merupakan suatu kewajiban karena Allah swt memerintahkannya, sebagaimana firman-Nya dalam surat At Taubah ayat 105 :

“Dan katakanlah, bekerjalah kamu, karena Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaan itu”.
Karena kerja membawa pada keampunan, sebagaimana sabada Rasulullah Muhammad saw:
“Barang siapa diwaktu sorenya kelelahan karena kerja tangannya, maka di waktu sore itu ia mendapat ampunan”.(HR.Thabrani dan Baihaqi).

Pengertian ekonomi Islam menurut istilah (terminologi) terdapat beberapa pengertian menurut beberapa ahli ekonomi Islam sebagai berikut :
  1. Yusuf Qardhawi memberikan pengertian ekonomi Islam adalah ekonomi yang berdasarkan ketuhanan. Sistem ini bertitik tolak dari Allah, bertujuan akhir kepada Allah, dan menggunakan sarana yang tidak lepas dari syari’at Allah.
  2. M.A. Mannan memberikan pengertian Ekonomi Islam adalah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.
  3. M. Syauqi Al-Faujani memberikan pengertian ekonomi Islam dengan segala aktivitas perekonomian beserta aturan-aturannya yang didasarkan kepada pokok-pokok ajaran Islam tentang ekonomi.
  4. Monzer Kahf  memberikan pengertian ekonomi Islam dengan kajian tentang proses dan penangguhan kegiatan manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi dalam masyarakat muslim.


Dari pengertian-pengertian itu tampaklah suatu konklusi bahwa yang dimaksud dengan ekonomi Islam adalah segala bentuk aktivitas manusia yang menyangkut persoalan harta kekayaan, baik dalam sektor produksi, distribusi maupun konsumsi yang didasarkan pada praktek-praktek ajaran Islam. Walaupun perlu juga diperhatikan apa yang disebut dengan ilmu ekonomi sebagai suatu sains murni dan ekonomi sebagai suatu sistem. Karena itu perlu diperhatikan, sekalipun ilmu ekonomi dan sistem ekonomi masing-masing membahas tentang ekonomi, akan tetapi ilmu ekonomi dan sistem ekonomi itu merupakan dua hal yang berbeda sama sekali .

Tujuan Ekonomi Islam

Segala aturan yang diturunkan Allah swt dalam system Islam mengarah pada tercapainya kebaikan, kesejahteraan, keutamaan, serta menghapuskan kejahatan, kesengsaraan, dan kerugian pada seluruh ciptaan-Nya. Demikian pula dalam hal ekonomi, tujuannya adalah membantu manusia mencapai kemenangan di dunia dan di akhirat.

Prinsip Ekonomi Dalam Islam

  1. Berbagai sumber daya dipandang sbagai pemberian atau titipan dari Allah swt kpda manusia.
  2. Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu.
  3. Kekuatan penggerak utama ekonomi Islam adalah kerja sama.
  4. Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintir org saja
  5. Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
  6. Seorang mulsim harus takut kepada Allah swt dan hari penentuan di akhirat nanti.
  7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab)
  8. Islam melarang riba dalam segala bentuk.


Karena kajian ilmu ekonomi terfokus kepada mekanisme (teknis) berproduksi, distribusi dan konsumsi, sedangkan pembahasan sistem ekonomi berhubungan dengan pemikiran (konsep) yang menjadi azas kegiatan ekonomi itu sendiri.

Menurut Monzer Kahf setiap sistem ekonomi pasti didasarkan atas ideologi yang memberikan landasan dan tujuannya disatu sisi dan aksioma-aksioma serta prinsip-prinsipnya pada sisi lainnya. Oleh karena itu setiap sistem ekonomi membuat kerangka dimana suatu komunitas sosio-ekonomik dapat memanfaatkan sumber-sumber alam dan manusia untuk kepentingan produksi dan mendistribusikan hasil-hasil produksi itu untuk kepentingan konsumsi. Dengan demikian dalam sistem ekonomi tidak akan pernah didapat jawaban tentang bagaimana cara memperbanyak hasil panen (produksi), tetapi sistem ekonomi akan memberikan jawaban tentang bagaimana cara memperoleh produksi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi.


Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Pengertian Tujuan dan Prinsip Ekonomi Islam”. Semoga Bermanfaat


ekonomi islam ekonomi islam adalah ekonomi islam pdf ekonomi islam ui ekonomi islam unair ekonomi islam unpad ekonomi islam di indonesia ekonomi islam undip ekonomi islam ub ekonomi islam ppt ekonomi islam ugm ekonomi islam 101 ekonomi islam uii ekonomi islam dan konvensional ekonomi islam kontemporer ekonomi islam menurut para ahli ekonomi islam dan pembangunan umat ekonomi islam pada zaman rasulullah ekonomi islam vs ekonomi konvensional ekonomi islam unesa ekonomi islam madzhab hamfara ekonomi islam artikel ekonomi asas islam ekonomi mikro islam adiwarman karim ekonomi islam itu apa sistem ekonomi islam artikel ekonomi islam dasar dan amalan sejarah pemikiran ekonomi islam abu yusuf analisis ekonomi islam akreditasi ekonomi islam unair artikel ekonomi islam di indonesia sistem ekonomi islam di arab saudi apa ekonomi islam akad ekonomi islam pemikiran ekonomi islam abu yusuf pemikiran ekonomi islam al ghazali ekonomi islam universitas airlangga tujuan ekonomi islam adalah ekonomi makro islam adiwarman karim ekonomi islam brunei ekonomi islam berdasarkan al-quran ekonomi islam bersifat pertengahan ekonomi islam baitul mal ekonomi islam buku ekonomi islam bersifat akhlak ekonomi islam baqir sadr ekonomi islam bank ekonomi islam bogor ekonomi islam berita ekonomi islam bmt ekonomi berdasarkan islam ekonomi berbasis islam ekonomi berasaskan islam ekonomi berlandaskan islam ekonomi bisnis islam adalah ekonomi bukan islam ekonomi islam di brunei konsep ekonomi islam book ekonomi islam dan barat ekonomi islam ctu 241 ekonomi cara islam ekonomi islam dan cabaran masa kini ekonomi islam di china ekonomi islam dwi condro pengenalan ekonomi islam ctu 241 konsep ekonomi islam ctu 241 ekonomi islam dan contohnya ekonomi islam umer chapra ekonomi islam umar chapra sistem ekonomi islam ctu 241 prinsip ekonomi islam ctu ekonomi islam menurut umer chapra ekonomi islam perspektif dan cabaran contoh ekonomi islam cabaran ekonomi islam ceramah ekonomi islam ciri2 ekonomi islam pelaksanaan ekonomi islam dan cabaran globalisasi cabaran ekonomi islam dalam era globalisasi ekonomi islam dalam al-quran ekonomi islam dan kesejahteraan umat ekonomi islam dasar ekonomi islam di malaysia ekonomi islam di zaman rasulullah ekonomi islam dan peranan umno ekonomi islam doc ekonomi islam di malaysia pdf ekonomi islam di turki ekonomi islam dan pelaksanaannya di malaysia ekonomi islam dan perbankan syariah ekonomi islam di universitas brawijaya ekonomi islam dan kapitalis ekonomi islam di asia tenggara
Pengertian Tujuan dan Prinsip Ekonomi Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel