Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus


Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus

Kalor dari matahari sampai ke bumi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Jadi, radiasi adalah perpindahan kalor bentuk gelombang elektromagnetik. Penerapan peristiwa radiasi kehidupan sehari-hari misalnya pada menghangat rumah, pengeringan kopi, dan pembakaran pada alat pemanggang (oven).

Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus
Radiasi


a. Panel surya (solar cell) digunakan untuk menyerap dan memancarkan radiasi sinar matahari, desainnya pada bidang logam berongga yang diberi warna hitam. Energi kalor radiasi dimanfaatkan untuk memanaskan air

b. Bagian atas mobil-mobil tangki pengangkut minyak dicat dengan warna putih. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari penyerapan energi panas secara konveksi oleh minyak

c. Penghangat rumah dijumpai pada daerah beriklim dingin. Gas bekas yang dihasilkan dari pembakaran akan mengalir ke atas melalui cerobong asap secara konveksi selama pembakaran berlangsung. Adapun energi kalor radiasi merambat ke segala arah dalam bentuk gelombang elektromagnetik sehingga tubuh kita akan terasa lebih hangat.

Panas matahari bisa sampai ke planet bumi tanpa zat perantara, perpindahan kalor dari matahari ke bumi adalah melalui pancaran atau radiasi. Josep Stefan (1835 - 1893) berdasarkan pada hasil eksperimen menyatakan bahwa besarnya energi yang dipancarkan oleh suatu permukaan per waktu per satuan luas sebanding dengan pangkat empat suhu permukaan dan dapat ditulis dengan persamaan

Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus
Rumus

Emisivitas benda (e) menyatakan suatu ukuran seberapa besar pemancaran radiasi kalor suatu benda dibandingkan dengan benda hitam sempurna dan besarnya bergantung pada sifat permukaan benda.

Untuk benda hitam sempurna, harga e=1, benda-benda lain harga koefisien emisivitasnya lebih kecil dari satu, sedangkan untuk benda berwarna putih sempurna e=0. Harga e bergantung pada keadaan permukaan benda, yaitu kekasarannya serta warna dari benda. Energi yang dipancarkan oleh sebuah benda dalam satuan joule ditentukan dengan persamaan:
Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus
Rumus

Dari persamaan di atas ditentukan besarnya energi radiasi yang dipancarkan per satuan waktu (daya radiasi) yaitu:
 
Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus
Rumus
 
Pada umumnya daya emisi (pancar) sama dengan daya serap/absorbsi suatu benda sehingga dapat disimpulkan bahwa pemancar yang baik merupakan penyerap yang baik pula. Pemancar yang buruk juga merupakan penyerap yang buruk juga. Misalnya besi pada siang hari lebih panas dan pada malam hari lebih mudah dingin daripada benda-benda lainnya. jika suatu benda permukaannya bersuhu T dan di sekitarnya suhunya TT (di mana T. T) maka benda tersebut permukaannya tiap satu satuan luas dan tiap satu satuan waktu memancarkan energi yang memenuhi persamaan:

Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus
Rumus



Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh DanRumus”. Semoga Bermanfaat
Perpindahan Kalor Secara Radiasi Contoh Dan Rumus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×

Arsip Artikel