Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya - Jika sebelumnya kita hanya membahas tentang tumbuhan, maka kali ini kita akan membahas keduanya. Tidak keseluruhan tapi yak karena akan sangat banyak dan tidak mungkin kita kupas semua. Kali ini kita akan membicarakan mengenai perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan. Apa sih sel hewan dan apa itu sel tumbuhan? Akan kita bahas nantinya. Jika muncul pertanyaan mengapa bisa ada perbedaan antara kedua sel ini? Pada hal kan sama-sama sel gitu ya. Ya jelas berbeda, yang satu sel hewan dan yang satu sel tumbuhan. Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang aktif bergerak dan selalu berpindah tempat setiap saatnya. Akan tetapi, tumbuhan adalah makhluk hidup yang menetap, tidak berpindah tempat hanya saja mereka mengalami proses tumbuh kembang sehingga bisa memanjang dan membesar.
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya
Sel

Pengertian sel

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Jadi, karena merupakan unit terkecil maka sel merupakan penyusun yang paling mendasar bagi makhluk hidup. Dan setelah sel berkembang lagi menjadi jaringan hingga yang paling komplit menjadi sistem organ atau makhluk hidup itu sendiri. Setelah mengetahui apa itu sel kita akan lanjut lagi ke pembahasan pokok kita saat ini yaitu tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Secara ekologis peran tumbuhan merupakan sebagai pembuat makanan sedangkan hewan berperan sebagai pemakan tumbuhan dan hewan lainnya. Oleh karena itu sel hewan sudah pasti berbeda dengan sel tumbuhan.
Akan tetapi sebelum membahas perbedaan kedua sel lebih dalam, kita akan mengulang kaji sedikit tentang struktur dan fungsi dari sel itu sendiri, agar kedepan lebih paham perbedaan keduanya. Oke?

Struktur dan fungsi sel

Secara garis besar, antara sel tumbuhan dan sel hewan sama saja bahagian-bahagiannya. Kita hanya akan membahas fungsi secara umum saja. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai sel maka harus mempelajari tentang fisiologis sel itu sendiri. Baiklah, sel terdiri dari organel-organel penyusun yang memiliki fungsi yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.
Organel-organel penyusun sel:
  1. Membran plasma yang memiliki struktur seperti lembaran tipis ini tersusun dari molekul-molekul lipid (lemak), protein dan sedikit karbohidrat yang membentuk suatu lapisan dengan sifat dinamis dan asimetri. Wah komplit sekali ternyata. Lipid sendiri berfungsi untuk menstabilkan kesatuan fisik membrane plasma sehingga dapat menjadi penghalang yang efektif bagi lalu lintas materi hidrofilik, misalnya air. Sedangkan protein berfungsi sebagai enzim biokatalisator (mempercepat laju reaksi kimia) yang berupa protein integral pada membrane dalam mitokondria dan kloroplas serta sebagai saluran tempat lewatnya berbagai materi dalam membrane plasma. Dan fungsi utama dari membrane plasma adalah sebagai pembatas antara bagian sel dengan lingkungan diluarnya.
  2. Inti sel (nukleus), bagian sel paling mencolok di antara organel-organel yang lain. Fungsinya adalah mengendalikan proses berlangsungnya metabolisme didalam sel, menyimpan genetic (gen) dalam bentuk DNA, mengatur kapan dan dimana ekspresi gen-gen harus dimulai, dijalankan, dan di akhiri dan sebagai tempat terjadinya replikasi (perbanyakan) dan transkripsi (pengutipan) DNA.
  3. Sitoplasma, atau cairan sel merupakan matriks yang berada dibagian dalam membrane plasma tetapi diluar nukleus. Berfungsi sebagai tempat terjadinya metabolism sistolik, misalnya glikolisis serta tempat terjadinya sintesis protein oleh ribosom. Tempat penyimpanan bahan kimia yang berguna bagi metabolism sel misalnya enzim, protein dan lemak. Bahkan juga sebagai sarana atau fasilitator agar organel tertentu didalam sel dapat bergerak, hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya aliran sitoplasma didalamnya.
  4. Ribosom, adalah butiran kecil nukleoprotein yang tersebar didalam sitoplasma yang berfungsi untuk melangsungkan sintesis protein.
  5. Retikulum Endoplasma (RE), yang terbagi dua atas RE kasar yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein yang akan ditempatkan didalam dan diluar membran sel dan RE halus yang berfungsi sebagai tempat sintesis lipid.
  6. Badan Golgi (BG) atau apparatus golgi, yang merupakan kantung pipih bertumpuk yang tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil dan terikat membran. Berfungsi untuk memproses protein dan molekul lain yang akan dibawa keluar sel atau ke membran sel.
  7. Mitokondria, sebagai tempat respirasi seluler yang menghasilkan ATP.
  8. Lisosom, berfungsi mencerna secara intraseluler dan merusak sel-sel asing. Dan
  9. Peroksisom, yang merombak H2O2 yang bersifat racun bagi sel.

Nah, itu sekilas tentang organel sel. Lanjut ke perbedaan antara kedua sel. Yang pertama untuk sel tumbuhan dulu.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya


Sel tumbuhan memiliki dinding sel dan bila dibandingkan dengan manusia dinding sel pada tumbuhan lebih keras daripada manusia Karena bahan penyusun dinding sel berupa zat kayu yang disebut selulosa. Yang kedua ada Vakuola yang merupakan organel bermembran yang berisi cairan vakuola. Memang pada kedua sel terdapat vakuola, hanya saja pada sel tumbuhan, vakuola yang dimiliki lebih nyata dan berukuran lebih besar.  Vakuola ini berfungsi memberikan tekanan turgor terhadap sel dan sebagai tempat penyimpanan bahan organik. Pada sel tumbuhan juga memiliki plastida yang merupakan organel bermembran rangkap dengan bentuk dan fungsi yang bermacam-macam. Ada kloroplas yang mengandung klorofil untuk fotosintesis, da nada kromoplas dan leukoplas sebagai bahan baku pemberi warna pada tumbuhan. Sel tumbuhan tidak memiliki sentriol seperti halnya pada hewan

Pada sel hewan tidak memiliki dinding sel seperti pada sel tumbuhan. Tetapi vakuola dimiliki oleh sel hewan hanya saja dalam jumlah dan ukuran yang kecil. Sel hewan juga tidak memiliki plastid karena hewan bukan produsen pembuat makanan melainkan konsumen sebagai pengonsumsi makanan. Hanya saja pada sel hewan memiliki sentriol yang merupakan sepasang struktur seperti silinder yang memiliki lubang di tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Sentriol ini berperan untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan sel.


Jadi, sahabat semuanya sudah pada fahamkan perbedaan keduanya. Sebenarnya simple saja, hanya saja jika ingin mengetahui perbedaan keduanya memang kita harus tahu dahulu tentang sel itu sendiri jadi pada akhirnya kita akan tahu apa yang dimiliki oleh sel hewan dan tidak dimiliki oleh sel tumbuhan begitu juga sebaliknya. Sampai disini dulu artikel tentang Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya. selamat beraktifitas dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi selalu trendilmu.com.


Baca juga
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×