Definisi dan Macam Gerak Menurut Para Ahli


Definisi dan Macam Gerak Menurut Para Ahli - Pengertian gerak bisa bisa diartikan sebagai bentuk perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Kali ini kita fokus pada pengertian gerak menurut para ahli. Pada dasarnya konsep mengenai gerak itu tidak hanya dalam hukum fisika tetapi juga dalam ilmu sains dan biologi. Jika kita telaah mengenai gerak maka artikel ini tidak akan ada habisnya untuk dibaca. Oleh karena itu kita fokus pada definisi menurut para ahli. Banyak para ahli yang telah meninjau dan menelaah lebih dalam mengenai ilmu gerak ini. Jika menurut hukum fisika gerak bisa diukur dengan suatu rumus, maka akan lain lagi dengan di biologi karena disini gerak ditinjau dari bagaimana kemampuan makhluk hidup tersebut dalam melakukan perpindahan. Dalam ilmu fisika, gerak tidak hanya diukur pada makhluk hidup bahkan pada benda mati yang bisa berpindah oleh sebab adanya bantuan atau usaha itu juga merupakan suatu gerak. Konsep gerak kita mengacu pada gerak dalam fisika dimana gerak merupakan perubahan posisi benda terhadap titik acuan. Titik acuan ini di artikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamat mengamati pergeseran dan perpindahan tersebut.
Definisi dan Macam Gerak Menurut Para Ahli
Ilustrasi Gerak

Definisi gerak menurut beberapa ahli:

Definisi gerak menurut Kamajaya

Kamajaya mengatakan bahwa gerak bahwa gerak merupakan perubahan kedudukan atau tempat dimana benda berada terhadap titik acuan atau titik asalnya tempat benda tersebut.

Definisi gerak menurut J. Untoro

Untoro mengatakan bahwa gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau titik yang menjadi patokannya.

Definisi gerak menurut  Efrizon Umar

Bagi Efrizon gerak ialah kondisi dimana terjadi perubahan kedudukan atau posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.

Definisi gerak menurut Ruslan Tri S & Cahyo W

Menurut mereka gerak ialah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau titik acuan tertentu.

Definisi gerak menurut Sri Murtono

Menurut Murtono gerak ialah berpindahnya tempat atau posisi benda dari satu posisi ke posisi yang lain.

Definisi gerak menurut Menurut KBBI

Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia gerak ialah suatu peralihan tempat ataupun kedudukan, baik terjadi hanya sekali maupun berulang kali.

Definisi gerak menurut Ilmu biologi

Menurut ilmu biologi, gerak merupakan bagian dari respon yang ditunjukkan oleh makhluk hidup terhadap rangsangan yang diterimanya. Disini gerak merupakan salah satu bagian dari karakteristik mahkluk hidup. Nanti gerak terbagi lagi ke dalam gerak aktif dan juga gerak pasif.

Macam-macam gerak

Gerak sebenarnya bersifat relatif, artinya di dalam fisika dibahas bahwa tanpa ada usaha atau bantuan dari luar maka tidak akan terjadinya gerak. Contohnya pada meja, tidak akan mungkin meja bergerak sendiri kecuali ada dorongan atau tekanan dari suatu benda lain maupun dari makhluk itu sendiri.

Dalam fisika, terdapat beberapa gerak yang terjadi pada benda, yaitu:

Gerak semu

gerak semu merupakan gerak yang tidak benar-benar terjadi melainkan hanya seperti fatamorgana yang terlihat atau disebut ilusi.

Gerak ganda

Ini merupakan mekanisme gerak yang terjadi pada dua benda atau lebih yang bergerak secara bersamaan.

Gerak lurus

Ini merupakan jenis gerak yang ketiga. Gerak ini merupakan gerak yang terjadi pada garis lurus ataupun lintasan yang lurus. Gerak ini terbagi lagi kepada dua, yaitu:
  1. Gerak lurus beraturan, dan
  2. Gerak lurus berubah beraturan.


Itulah beberapa konsep dan definisi gerak menurut para ahli. Tidak sulit memahaminya karena memang merupakan aktivitas yang kita lakukan setiap harinya tidak pernah terlepas dari gerak. Mempelajari secara teoritis mungkin butuh sedikit penalaran agar mampu memahaminya. Sekian dari trendilmu.com. selamat beraktifitas!

Baca juga


Definisi dan Macam Gerak Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×