Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya


Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan dan FungsinyaAkar merupakan salah satu organ yang menandakan bahwa itu adalah tumbuhan. pada semua jenis tumbuhan kormophyta sudah pasti harus memiliki akar. Karena tanpa akar bagaimana sebuah tumbuhan bisa hidup tanpa ada penopangnya. Untuk sekilas yang sudah kita ketahui, bahwa pada tumbuhan baik besar dan kecil, baik berstruktur keras dan lunak pasti memiliki akar. Lalu apakah sama akarnya. Sedangkan di materi kita yang sebelumnya telah kita bahas bahwa pada tumbuhan monokotil dan dikotil saja berbeda bentuk akarnya. Jadi pada pembahasan kali ini sahabat bisa melihat semuanya agar bisa memahami jenis-jenis akar berikut dengan fungsingnya!

Akar tumbuhan

Akar merupakan salah satu organ tumbuhan yang berada di bawah tanah atau yang menghujam ke dalam tanah . Artinya ketika kita ingin melihat akar dari suatu tumbuhan maka harus mencabut tumbuhan itu terlebih dahulu. Akar akan terus tumbuh dan memanjang menuju ke pusat bumi. Didalam tanah akar menjadi bagian yang menyerap unsur hara dan zat mineral yang kemudian akan di salurkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Secara morfologi akar terdiri dari tudung akar, batang akar, rambut akar dan juga kaliptra. Tetapi secara anatomisnya akar tersusun atas epidermis, endodermis, korteks dan silinder pusat.

Sistem perakaran ini sangat mempengaruhi kekokohan dari suatu tumbuhan. oleh karena itulah, perbedaan tumbuhan juga akan menentukan perbedaan akar pada tumbuhan tersebut. Jenis-jenis akar juga akan menjadi penunjang untuk pengelompokkan akar sampai ke tumbuhan tingkat tinggi. Bakal akar (radicula) akan berkembang menjadi akar lembaga ketika biji (embrio) berkecambah. Keberadaan akar lembaga ini akan mempengaruhi sistem perakaraan pada tumbuhan.

Jadi, berdasarkan sistem perakarannya, jenis akar terbagi kepada dua, yaitu ada akar tunggan dan akar serabut:

Akar Tunggang

akar tunggang
akar tunggang


Akar tunggang merupakan akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan dari batang. Sedangkan akar-akar lain merupakan cabang dari akar utama. Perbedaan antara akar utama da akar cabang sangat nyata. Jenis akar ini terdapat pada tumbuhan dikotil atau yang berkeping biji dua. Biasanya pada tumbuhan yang besar-besar yang akarnya merupakan akar tunggang, seperti manga, melinjo, dan lainnya. Akar tunggang ini memiliki akar pokok yang tumbuh memanjang ke dalam tanah yang di sebut dengan akar utama tadi. Untuk akar lateral (samping) merupakan cabang-cabangnya. Akar utama tadi disebut juga dengan radix primaria. Jenis akar ini juga di miliki oleh tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Akar tunggang tidak ditemui pada tumbuhan tersebut yang perkembangbiakan melalui vegetatif, hal ini karena tidak memiliki bakal akarnya.

Berdasarkan percabangan dan bentuknya, akar tunggang dibedakan menjadi:

Tidak bercabang atau sedikit

Akar tunggang ada juga yang tidak memiliki percabangan atau hanya sedikit percabangan yang terdiri dari akar-akar halus yang berbentuk seperti serabut. Akar ini memiliki bentuk yang khusus:
  1. Tombak atau pena (fusiform) 
  2. Gasing (napiformis) 
  3. Benang (filiformis) 

Bercabang (ramosus) 

Akar tunggang berbentuk kerucut panjang, dan memiliki banyak percabangan dan tiap percabangan mengalami percabangan lagi sehingga memiliki struktur yang lebih kuat dan kokoh yang mampu menopang tumbuhan dengan diameter batang yang besar. Selain itu memiliki daerah perakaran yang luas yang dapat menjangkau dan menyerap  air dan mineral dalam jumlah yang lebih banyak. Biasanya ini terdapat pada tumbuhan dengan batang yang besar ataupun tumbuhan berkayu. Contoh: pohon jambu dan pohon berkayu lainnya.

Akar Serabut

Akar serabut membentuk kumpulan seperti serabut-serabut tipis. Ukuran akar serabut relatif lebih kecil, tumbuh di pangkal batang dan besarnya hampir sama. Pada akar serabut tidak terdapat akar pokok yang tumbuh memanjang seperti akar tunggang. Selain itu, akar serabut juga tidak memiliki cabang-cabang akar. Pada akar serabut, tiap- tiap akar memiliki bentuk maupun panjang yang hampir sama. Akar-akar tersebut tumbuh dari pangkal akar. Contoh tumbuhan yang mempunyai akar serabut: padi, jagung, dan rumput-rumputan.
akar serabut
akar serabut

Berdasarkan bentuknya, akar serabut ini dibedakan menjadi beberapa, yaitu:
  1. Benang, akar-akar serabutnya berukuran kecil seperi benang. Contohnya pada padi
  2. Tambang, bentuk akarnya seperti serabut juga tetapi kaku, keras dan cukup besar. Contohnya pada kelapa.
  3. Akar serabut besar, ukurannya bisa saja hampir sebesar lengan, sedikit bercabang, contohnya pada pandan.

Fungsi Akar

Adapun fungsi-fungsi akar secara umum yaitu sebagai berikut:
  1. Tempat penyerapan air maupun zat-zat hara dari dalam tanah.
  2. Berfungsi sebagai penyokong dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya tumbuh-tumbuhan dimana ia hidup.
  3. Pada tumbuhan bakau fungsinya sebagai alat bantu pernafasan.
  4. Untuk mengangkut air & membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhanan.

Akan tetapi lebih spesifiknya, jika ditinjau berdasarkan fungsinya, maka akar dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

Akar udara atau akar gantung (radix aereus)

akar gantung
akar gantung


Ini merupakan jenis akar yang keluar dari bagian tumbuhan yaitu di atas tanah, menggantung dan arah tumbuhnya menuju ke tanah. Akar seperti ini berfungsi untuk menyerap air dan udara. Jika sudah sampai ke dalam tanah maka akan menyerap air dan mineral. Contohnya pada anggrek. 

Akar penghisap (haustorium) 

akar penghisap
akar penghisap pada benalu


Biasanya terdapat pada tumbuhan yang hidupnya parasit karena akarnya ada pada batang tumbuhan lain. Berfungsi juga untuk menyerap air, mineral dan zat makanan. Contohnya seperti benalu.

Akar pelekat (radix adligans) 

akar pelekat
akar pelekat


Tumbuhnya pada area ruas ataupun buku-buku batang yang berfungsi membantu tumbuhan memanjat untuk menempel pada batang penunjangnya. Contohnya pada sirih.

Akar pembelit (Cirrhus radicalis) 

akar pembelit
akar pembelit
Berfungsi untuk membelit penunjang dari tumbuhan meranjat, contoh: panili (Vanilla planifolia)

Akar nafas (pneumatophora) 

akar nafas
akar nafas


Ini merupakan bentuk cabang-cabang akar yang tumbuh tegak lurus ke atas yang dapat terlihat dari permukaan tanh ataupun air tempat tumbuhan itu tumbuh. Berfungsi sebagai jalan masuknya udara yang diperlukan dalam pernafasan.

Akar tunjang 

akar tunjang
akar tunjang 


Contohnya pada tanaman bakau yang akarnya tumbuh dari bawah ke segala arah, yang seolah-olaj menunjang batang agar tidak roboh.

Akar lutut  

akar lutut
akar lutut

Fungsinya juga sebagai alat bantu pernafasan. Bentuknya seperti lutut yang tumbuh membengkok ke atas kemudia bengkok lagi ke dalam tanah.

Akar banir  

akar banir
akar banir

Akar yang berbentuk seperti papan yang dimiringkan untuk menopang batang pohon yang besar. Contoh: pada pohon sukun.


Nah, sahabat trendilmu.com, itulah sekilas pembahasan mengenai akar. Jadi dapat kita simpulkan bahwa akar merupakan bagian terpenting dari organ tumbuhan. karena tanpa akar bagaimana tumbuhan itu akan mendapatkan air yang cukup untuk melangsungkan hidupnya. Sungguh menarik bukan? Tetap stay di trendilmu.com selalu ya. agar tidak ketinggalan materi-materi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

baca juga
Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×