Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh


Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh - Setelah karbohidrat, lemak, protein dan zat lainnya, ada juga vitamin yang merupakan salah satu zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Menurut istilah dalam biologi, vitamin adalah senyawa kompleks yang esensial untuk pertumbuhan dan fungsi biologis yang lain bagi makhluk hidup. Vitamin tidak disintesis oleh tubuh, terkecuali pada vitamin K. Oleh karena itulah makanan yang kita konsumsi harus mengandung konsumsi karena jika tidak maka bisa terjadi penyakit defisiensi atau Avitaminosis.

Sebelum membahas macam-macam vitamin, maka akan lebih mudah kita buat penggolongan dulu vitamin berdasarkan sifat kelarutannya. Jadi, di tinjau dari sifat kelarutannya vitamin terbagi kedalam dua golongan. Yaitu ada yang larut dalam air dan ada juga yang tidak larut dalam air melainkan larut dalam lemak. Jadi untuk mengetahui apa-apa saja yang termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam air maupun yang larut dalam lemak, silahkan baca penjelasan di bawah ini yang akan dibahas sekaligus dengan sumber dan fungsinya!

Macam-macam vitamin yang larut dalam air:

Vitamin B
Ilustrasi Sumber Vitamin B

Vitamin B1

Vitamin jenis ini juga disebut sebagai Tiamin. Sumber vitamin ini terdapat pada hati, ginjal, susu, mentega, kuning telur, ikan, kacang-kacangan, dan kulit ari padi-padian. Fungsi dari vitamin ini sebagai:
  • Koenzim dalam metabolism
  • Metabolisme karbohidrat
  • Memelihara fungsi sistem saraf
  • Memelihara sistem pencernaan dan nafsu makan.

Akibat dari kekurangan vitamin ini adalah nyeri saat perjalanan impuls di saraf perifer. Pembengkakan neuron pada susunan saraf pusat. Mengalami beri-beri dan ederma. Hilang nafsu makan, gangguan jantung dan otot dan mata lemah.

Vitamin B2

Disebut juga sebagai riboflavin laktoflavin. Terdapat pada hati, ginjal, jantung, otak, susu, telur, mentega, sayuran dan ragi. Fungsi dari vitamin jenis ini adalah sebagai:
  • Transmisi rangsangan cahaya ke saraf mata
  • Menjaga nafsu makan, dan
  • Memelihara kulit di sekitar mulut.

Jika mengalami kekurangan vitamin ini bisa saja mengakibatkan terjadinya keilosis atau luka di disudut bibir, terjadi katarak, dermatitis, diare, dan kelemahan otot.

Vitamin B3

Nama lain dari vitamin ini adalah niasin. Sumber terdapatnya yaitu di susu, hati, ikan, telur, dan sayur-sayuran. Memiliki fungsi sebagai berikut:
  • Untuk pertumbuhan sel
  • Bersama fosfat membentuk koenzim yang berperan dalam respirasi sel.
Kekurangan vitamin jenis inj bisa menyebabkan terjadinya penyakit gelagra dengan gejala 3D (radang kulit/dermatitis, diare dan demensia).

Vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat. Terdapat pada ragi, hati, kuning telur, daging, buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin ini memiliki fungsi sebagai:
  • Memelihara tingkat gula darah yang normal.
  • Komponen struktur koenzim-A yang berperan dalam proses oksidasi sel.

Akibat dari kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan  radang kulit, nafsu makan menurun dan insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Vitamin B6

Nama lainnya adalah piridoksin yang terdapat pada sayuran hijau, hati, daging, telur dan susu. Memiliki beberapa fungsi yaitu:
  • Memelihara keseimbangan unsur P dan K dalan sel.
  • Aktif dalam pembentukan antibodi dan beberapa koenzim dalam metabolisme.
Akibat dari kekurangannya bisa mengalami peradangan kulit dan anemia.

Vitamin B11

Nama lainnya adalah asam folat. Terdapat pada banyak tumbuhan seperti kacang-kacangan, ragi, hati, daging, pisang, lemon, dan sayuran hijau. Memiliki beberapa fungsi yaitu:
  • Sebagai pembuatan koenzim untuk produksi eritrosit.
  • Membentuk asam nukleat untuk sintesis protein.

Bisa menyebabkan anemia, diare dan megaloblastosis atau membesarnya eritrosit serta terhambatnya pertumbuhan jika seandainya mengalami kekurangan vitamin jenis ini.

Vitamin B12

Nama alamiahnya yaitu sianokobalin yang sama juga dengan anti anemia pernisiosa. Sumbernya terdapat pada daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati, udang, dan kerang. Fungsinya sebagai:
  • Metabolisme sel dan pertumbuhan jaringan.
  • Pembentukan eritrosit.

Akibat dari kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan kelelahan, pusing, anemia, dan peradangan saraf.

Vitamin H

Nama lain dari vitamin H yaitu, biotin. Yang sumbernya terdapat pada kacang-kacangan, ginjal, hati, dan kuning telur. Fungsinya sebagai koenzim metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Dan bisa mengakibatkan depresi dan kurang nafsu makan jika kekurangan vitamin H dalam tubuh.

Vitamin C

Sumber Vitamin C
Sumber Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat. Sumber-sumbernya ada pada jeruk, tomat, nanas, pepaya, semangka, stroberi, hati dan sayur-sayuran segar. Ada beberapa fungsinya yaitu:
  • Sebagai pembentukan serabut kolagen.
  • Menjaga elastisitas kapiler darah
  • Menjaga perlekatan akar gigi pada gusi.
  • Koenzim reaksi katabolisme karbohidrat dan lemak.

Akibat dari kekurangannya ada beberapa. Akan kita uraikan satu persatu agar lebih mudah memahaminya. Yaitu:
  • Pendarahan pada gusi dan persendian.
  • Otot sakit
  • Degenerasi (pengurangan) sel-sel kulit. Dan,
  • Skorbut (penyakit karena kekurangan vitamin C)

Macam-macam vitamin yang larut dalam lemak. Berikut uraiannya:

Vitamin A

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh
Makanan Sumber Vitamin A

Atau disebut juga sebagai retinol. Terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna kuning dan merah yang mengandung karoten di dalamnya, ada juga pada hati, susu, dan daging. Fungsi dari vitamin A yaitu untuk memelihara kesehatan mata dan kulit serta pertumbuhan tulang dan gigi. Akibat kekurangannya yaitu seroftalmia atau terganggunya kelenjar air mata, mengalami rabun senja, kulit kasar dan kelelahan.

Vitamin D

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh
Makanan Sumber Vitamin D

Nama lainnya yaitu ergosterol atau bisa juga kalsiferol. Sumber vitamin ini ada pada susu, minyak ikan, kuning telur, ragi, dan sinar ultraviolet. Fungsinya sebagai absorpsi fosfor dan kalsium serta untuk pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin inj bisa menyebabkan rakhitis pada bayi, osteomalasia pada orang dewasa (melunaknya tulang).

Vitamin E

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh
Makanan Sumber Vitamin E
Nama lainnya yaitu tokoferol atau antisterilitas. Yang terdapat pada kecambah, susu, kuning telur, kacang-kacangan, tumbuhan hijau, dan biji gandum. Yang memiliki fungsi yaitu sebagai pembentuk eritrosit, fungsi reproduksi, dan mencegah oksidasi lemak tak jenuh. Akibat dari kekurangan vitamin ini yaitu bisa terjadi penimbunan lemak pada otot, kemandulan bahkan pecahnya eritrosit.


Vitamin K

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh
Makanan Sumber Vitamin K
Nama lain dari vitamin K yaitu filokinon atau anti hemoragia. Sumbernya ada pada sayuran hijau, hati dan daging. Vitamin K berfungsi sebagai pembekuan darah dan pembentukan protrombin dalam hati. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan darah sukar membeku dan pendarahan.


Jadi sahabat trendilmu.com, vitamin sangat banyak manfaatnya bagi tubuh dan kekurangan vitamin juga akan membahayakan tubuh. Oleh karena itu sahabat, pastikan anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Sekian dari trendilmu.com. selamat beraktifitas!

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×