Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan


Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan - Hai sahabat setia trendilmu.com, beberapa hari tak bersua rasanya semakin haus dengan ilmu ya. Oke, kali ini kita hadir kembali dengan tulisan-tulisan menarik kita yang pastinya akan jadi ilmu yang bermanfaat. Jadi mengenai pembahasan kali ini kita fokus pada alam. Berbicara tentang alam maka tidak jauh-jauh dari kata hijau. Ya hijau.. alam ini identik dengan hijau. Pepohonan dan tumbuh-tumbuhan hampir semua spesies memiliki unsur warna hijau. Jadi karena hijau ini menunjukkan identitas alam kita maka perlu kita lestarikan sehingga muncul lah yang namanya penghijauan dan juga reboisasi. Lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu!

Pengertian Reboisasi

Meskipun reboisasi tidak jauh-jauh pengertiannya dari penghijauan tetapi reboisasi ini memiliki pengertian dan manfaat yang berbeda dengan penghijauan. Reboisasi merupakan penanaman hutan kembali ditempat yang telah tandus atau pada kawasan yang yang telah kosong karena bekas hasil dari penebangan sebelumnya yang tujuannya untuk mengembalikan kehijauan alam dan juga meningkatkan kembali kualitas hidup makhluk hidup dengan peningkatan sumber daya alam. Perbedaan yang spesifik dengan penghijauan terdapat pada sasaran lokasi dan juga kesesuaian jenis tanaman yang ditanam.
Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan
Reboisasi

Reboisasi ini juga sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja di wilayah yang tandus dan gersang yang tidak terdapat banyak tanaman maka bisa mengalami banjir akibat dari erosi karena tidak ada yang bisa menahan air. Nah, untuk itu pentingnya mengetahui manfaat dari penghijauan agar kita mau melaksanakannya dan turut serta menjadi pahlawan-pahlawan go green lainnya.

Manfaat Reboisasi

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita melakukan reboisasi, beberapa di antaranya adalah:

Untuk melestarikan SDA (sumber daya alam) yang telah ada

Pada suatu kawasan memiliki hasil hutan yang berbeda dengan hutan di kawasan lain, jadi dengan adanya reboisasi maka secara jelas kita juga turut mempertahankan dan melestarikan hasil hutan yang menjadi sumber daya alam di wilayah tersebut.

Untuk meningkatkan produktivitas sumber daya alam

Meningkatkan produktivitas memiliki maksud yang mana ketika kita melakukan reboisasi bisa juga menambah beberapa tanaman baru untuk menambah keragaman hayati pada kawasan hutan tersebut.

Untuk mencegah adanya pencemaran udara

Tanaman-tanaman yang hijau dan juga besar umumnya memiliki daya serap yang tinggi terhadap CO2 dan zat-zat tercemar lainnya akibat polusi. Adanya reboisasi juga sangat menguntungkan manusia karena lingkungan akan semakin sehat dan terbebas dari udara yang tercemar.
Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan
Pencemaran dapat diatasi dengan reboisasi

Sebagai bentuk keseimbangan alam dan mencegah datangnya bencana seperti banjir, tanah longsor dan lainnya.

Mencegah terjadinya global warming

Pernah dengar istilah pemanasan global kan? Inilah yang disebut dengan global warming. Pemanasan global terjadi karena sedikitnya tanaman. Akibat dari global warming ini juga akan berbahaya. Karena pada akhirnya bisa membuat lapisan ozon menipis dan suhu di bumi bisa semakin meningkat. Bisa di bayangkan ya dengan letak Indonesia yang tepat di garis khatulistiwa maka akan sangat terasa panasnya.

Pengertian Penghijauan

Sedangkan penghijauan adalah penanaman kembali pada lahan kosong diluar kawasan hutan, terutama pada tanah milik rakyat dan dengan tanaman-tanaman keras seperti jenis-jenis pohon hutan, pohon buah, tanaman perkebunan, tanaman penguat teras, tanaman pupuk hijau, dan rumput pekan ternak. Penghijauan tidak mesti di kawasan perhutanan, bisa saja dimulai dari pekarangan rumah sendiri.  Jadi bisa dikatakan bahwa penghijauan itu merupakan usaha untuk menanam pohon atau tumbuhan pada daerah atau kawasan yang di anggap bisa sesuai dengan tanaman tersebut.

Manfaat Penghijauan

  1. Manfaat penghijauan bisa ditinjau dari beberapa sektor, diantaranya:
  2. Manfaat secara hidrologis (menjaga kestabilan air didalam tanah yang dibantu oleh akar pohon)
  3. Manfaat secara urologis (mencegah terjadinya erosi  dan pengikisan tanah)
  4. Manfaat secara ekologis (menjadikan suatu kawasan jadi indah, asri dan nyaman)
  5. Manfaat secara klimatologis (untuk mencegah terjadinya pemanasan global)


Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan
Ilustrasi Penghijauan


Itulah sekilas pembahasan tentang Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas!

Baca juga
Pengertian dan Manfaat Reboisasi Serta Penghijauan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×