Pengertian Pemodelan Proses Bisnis Menurut Para Ahli


Pengertian Pemodelan Proses BisnisMenurut Para Ahli - Pembahasan mendasar dalam lingkungan ekonomi salah satunya mencakup tentang materi pemodelan proses bisnis. Mengapa ini sangat penting? Karena pemodelan proses bisnis ini merupakan bagian dari bussines rules dan alur bisnis. Jika tidak ada pemodelan proses bisnis dalam suatu perusahaan maka bisnis itu tidak akan berjalan sesuai strategi dan target yang harus dicapai. Di dalam ilmu ekonomi pemodelan proses bisnis ini penting bagi mereka yang mempelajari tentang pajak, manajemen keuangan dan segala hal lainnya yang menjadi faktor pendukung terlaksananya sebuah bisnis. Untuk memahami lebih dalam mengenai pemodelan proses bisnis maka kita harus mendalami terlebih dahulu hal-hal yang paling mendasar seperti konsep awal dimulai dari definisi. Kali ini admin trendilmu.com memfokuskan dulu pada kajian mengenai pengertian, jadi sahabat semua bisa tau sehingga mudah kedepan untuk memahami konsep pemodelan yang lebih rumit. Silahkan di simak!

Pengertian Pemodelan Proses Bisnis

Pemodelan proses bisnis sebenarnya simple saja memahaminya karena yang dimaksud dengan pemodelan ialah diagram umum yang mewakili dari seluruh kegiatan yang kita urutkan sehingga dengan mudah kita perhatikan klasifikasinya. Jadi inti dari pemodelan proses bisnis sebenarnya malah berfokus pada proses dan pekerjanya. Sumber daya yang ada yang digambarkan dalam proses bisnis itu menunjukkan bagaimana hal itu di proses. Ada juga pengertian lain yang menjelaskan mengenai pemodelan proses bisnis. Dimana secara teori dikatakan bahwa pemodelan proses bisnis merupakan sebuah lintas fungsional yang menggabungkan antara beberapa dokumen dan pekerjaan dalam satu lembaga. Nah, ini lebih rumit lagi situasinya. Maka dari itu pemodelan proses ini bisa dijadikan sebagai proses eksternal dalam sebuah organisasi dan menjadikan sistem sebagai proses utamanya. Dengan konsep yang seperti itu maka data akan mudah untuk di analisis dan di presentasikan pada sebuah lembaga dengan skala dan kelengkapan yang lebih besar.
Pengertian Pemodelan Proses Bisnis Menurut Para Ahli
Ilustrasi

Sebenarnya pemodelan proses bisnis ini lebih luas lagi pemahamannya. Dalam istilah modern yang berkembang pemodelan proses bisnis bisa dikatakan sebagai bagian dari pembagian kerja dalam suatu perusahaan. Terdapat manfaat dari pemodelan proses bisnis dimana kinerja yang telah dirancang akan mudah untuk dipahami alurnya secara terintegrasi. Dengan tujuannya memudahkan pendeskripsian langkah untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Konsep pemodelan proses bisnis juga dijelaskan oleh beberapa ahli akan tetapi lebih rincinya beberapa ahli justru memperkenalkan proses bisnis untuk lebih mudah di pahami.

Definisi proses bisnis menurut beberapa ahli:

Dalam ekonomi, bisnis merupakan sebuah organisasi yang menjual barang maupun jasa kepada para konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Secara bahasa, kata bisnis yang terdapat dalam bahasa inggris yaitu business berasal dari kata busy yang berarti sibuk. Dimaksudkan sibuk disini sebagai kesibukan dalam mengerjakan aktivitas atau pekerjaan yang menghasilkan keuntungan ataupun laba. Para ahli mendeskripsikan proses bisnis sebagai berikut:

Proses Bisnis Menurut Huat, T Chwee (1990)

Menurut Huat, bisnis merupakan istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang maupun jasa didalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bisa dikatakan juga bahwa bisnis sebagai sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan manusia (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.

Proses Bisnis Menurut Steinford ( 1979)

Steinford menjelaskan tentang proses bisnis yang bunyinya “Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis merupakan sebuah institusi yang memproduksi barang dan jasa yang di butuhkan oleh masyarakat. Ini bermakna bahwa apabila kebutuhan masyarakat meningkat maka meningkat pula perkembangan bisnis tersebut dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghasilkan laba.

Proses Bisnis Menurut Allan Afuah (2004)

Bagi allan yang dikatakan dengan bisnis ialah "Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”. Yang maksudnya bisnis merupakan sebuah kegiatan individu yang menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam suatu industry. Orang-orang yang berusaha mengembangkan dan mengorbankan baik uang maupun waktu untuk terlaksananya sebuah bisnis disebut dengan enterpreuner.

Proses Bisnis Menurut Griffin dan ebert (1996)

“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Maknanya bahwa bisnis itu merupakan semua aktivitas yang menyediakan barang dan jasa yang di butuhkan oleh konsumen. Mulai dari perusahaan yang memiliki badan hukum sampe yang tidak memiliki SITU (Surat Izin Tempat Usaha) tetap dapat menjalankannya.

Proses Bisnis Menurut Glos, Steade dan Lowry (1996)

Menurut mereka, bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang di lakukan guna untuk menciptakan dengan mengembangkan dan menghasilkan sumber daya menjadi barang dan jasa yang di inginkan konsumen.

Proses Bisnis Menurut Hughes dan Kapoor

“Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan pengertian yang sebelumnya, disini bisnis merupakan sebuah organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk mendapatkan laba. Sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis baru dikatakan mendapatkan laba ketika total penerimaan lebih besar dari total biaya yang di keluarkan.

Proses Bisnis Menurut Musselman dan Jackson (1992)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Nah, pembahasan sekilas kita kali ini mengenai materi ekonomi cukup menarik rasanya ya. Memang jika kita berbicara tentang ekonomi, pasti pembahasan di sekelilingnya tidak akan jauh-jauh dari uang dan laba atau keuntungan. Karena memang begitulah prinsip ekonomi. Mengeluarkan modal seminimalnya dan menghasilkan keuntungan semaksimalnya. Oke sahabat trendilmu.com. silahkan dibaca dan semoga bermanfaat. Selamat beraktifitas!


Baca juga
Pengertian Pemodelan Proses Bisnis Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×