Contoh Rantai Makanan Ekosistem Darat dan Air


Contoh Rantai Makanan Ekosistem Darat dan AirFlashback ke beberapa waktu lalu, admin pernah menulis artikel yang berhubungan dengan ekosistem jadi sekilas pasti sudah mengenal dengan istilah rantai makanan. Jadi di dalam ekosistem ini juga muncul istilah rantai makanan yang berarti proses makan-memakan antara makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Baik, untuk penjelasan materi agar lebih paham maka akan kita berikan contoh dari masing-masing ekosistem seperti ekosistem hutan, kebun, sawah, laut, danau bahkan ekosistem yang terdapat di dalam kolam. Silahkan disimak!

Rantai Makanan

Mengenai rantai makanan ini di jelaskan dalam bab ekosistem juga. Karena dalam suatu ekosistem terjadi interaksi antara satu komponen biotik dengan komponen biotik lainnya yang jika kita ingin memahaminya lebih bisa kita lihat dari rantai makanan yang terbentuk dalam suatu ekosistem.  Rantai makanan sendiri di definisikan sebagai suatu proses perjalanan makan dan di makanan suatu organisme oleh organisme tertentu yang lain dengan urutan tertentu dalam suatu ekosistem. Urutan peristiwa rantai makanan ini akan sempurna jika seandainya dapat berjalan seimbang dan lancar dengan kondisi seluruh komponen yang terlibat di dalamnya ada. Untuk lebih memahami, nantinya bisa perhatikan dari contoh! Karena jika seandainya ada satu saja komponen atau organisme yang tidak ada maka bisa terjadi ketimpangan yang akan menyebabkan urutan dalam rantai makanan tersebut menjadi tidak sempurna.

Nah, rantai makanan ini memiliki prinsip untuk mempertahankan keseimbangannya yaitu dengan syarat jumlah produsen harus lebih banyak dari jumlah konsumen di karenakan produsen merupakan organisme pertama kali yang akan memulai jalannya rantai makanan selanjutnya. Dan setelah itu konsumen pertama harus lebih banyak jumlahnya dari konsumen kedua dan konsumen kedua harus lebih banyak jumlahnya dari konsumen ketiga dan seterusnya sampai berakhir rantai makanan tersebut dan di mulai lagi dari awal. Dan ada satu komponen yang juga sangat berperan penting dalam rantai makanan ini yaitu pengurai. Pengurai ini adalah makhluk hidup yang akan menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan maupun tumbuhan yang telah mati. Yang nantinya pengurai ini akan membantu proses penyuburan tanah sehingga memungkinkan lagi untuk produsen tumbuh kembali sehingga rantai makanan dapat terus berlangsung.

pada peristiwa rantai makanan ini akan terjadi perpindahan energi dan materi antara satu organisme dengan organisme lain pada tingkat tropik satu ke tingkat setelah itu. Untuk produsen sendiri merupakan organisme yang menduduki tingkat tropik yang pertama. Dalam rantai makanan, organisme tingkat tropik pertama merupakan makhluk hidup autotrof yaitu mampu membuat makanan sendiri dengan mendapatkan energi langsung dari matahari yang di gunakan untuk membentuk zat tepung yang akan menjadi sumber energi utama nantinya bagi semua organisme pada tingkat tropik selanjutnya. Dalam rantai makanan ini, hewan herbivora menduduki tingkat tropik menduduki kedua sehingga nantinya energy matahari akan berpindah ke dalam tubuh karnivora. Karena karnivora merupakan organisme tingkat tropik ketiga, dan begitulah seterusnya energy dan materi (senyawa kimia) akan terus berpindah dari satu tingkat tropik ke tingkat tropik selanjutnya sampai pada organisme tingkat puncak.

Lalu organisme apa-apa saja yang berperan dalam rantai makanan? Berikut penjelasannya:

Singkatnya urutan secara umum dalam rantai makanan adalah sebagai berikut:

Produsen – konsumen – pengurai – komponen abiotik

Produsen di artikan sebagai penghasil, artinya sebagai makhluk hidup yang menghasilkan bahan-bahan organik bagi makhluk hidup lainnya. Semua tumbuhan hijau merupakan produsen tetapi di dalam laut biasanya yang menjadi produsen merupakan fitoplankton. Konsumen merupakan organisme yang akan menggunakan bahan organik yang telah di hasilkan oleh produsen tersebut. Biasanya konsumen terbagi kepada beberapa tingkatan. Setelah itu terdapat pengurai yang akan menguraikan semua organisme yang telah mati sehingga membantu kesuburan tanah dan selanjutnya di bantu oleh komponen abiotik akan menjadi fasilitator atau media bagi produsen untuk tumbuh kembali.


Contoh rantai makanan yang terdapat di Hutan

Hutan dengan segala keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya memungkinkan organisme untuk hidup dan tinggal di dalamnya sehingga bisa menjadi tempat yang berlindung dan aman bagi organisme-organisme tersebut. Masing-masing dari organisme itu hidup dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan berbagai cara. Hewan-hewan karnivora mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan mencari mangsa dari jenis hewan yang di incarnya biasanya jenis hewan yang merupakan mangsanya adalah herbivora. Tetapi hewan-herbivora mempertahankan hidupnya dengan memanfaatkan segala jenis keanekaragaman hayati yang berupa tumbuh-tumbuhan atau dedaunan bahkan rerumputan yang terdapat di hutan tempat tinggalnya. Beberapa contoh rantai makanan yang terdapat di hutan yaitu:

Energi matahari è tumbuhan berbiji è burung pemakan biji è ular è musang è decomposer

Energi matahari è semak-semak è kelinci è Harimau è dekomposer

Contoh rantai makanan yang terdapat di Kebun

Kebun merupakan salah satu contoh dari ekosistem hasil ciptaan manusia. Umumnya kebun di buat oleh manusia dengan jarak yang tidak terlampau jauh dari rumahnya. Kebun di buat sebagai tempat untuk membudidayakan sesuatu. Jenis-jenis tanaman yang di tanam di dalam kebun dengan di bantu oleh faktor abiotik memicu adanya organisme-organisme yang bisa membentuk rantai makanan. Beberapa contohnya yaitu:

Energi matahari è tumbuhan cabai è  ulat è belalang è burung è ular è dekomposer
Energi matahari è tumbuhan budidaya è serangga è kodok è ular è dekomposer

Contoh rantai makanan yang terdapat di Sawah

Sawah juga merupakan salah satu ekosistem buatan. Karena tanaman yang di tanam di sawah merupakan padi maka sudah jelas bahwa produsen dalam rantai makanan nantinya adalah padi. Di sawah juga terdapat rantai makanan karena padi yang telah di tanam itu bisa mengundang ketertarikan bagi hewan herbivora untuk memakannya dan mengundang kehadiran hewan karnivora seperti ular untuk memakan hewan herbivora yang sedang memakan padi. Dan rantai makanan pun akan berlangsung di sini. Contoh dari rantai makanan yang terdapat di sawah yaitu:

Energi matahari èpadi è belalang è burung è ular è elang è dekomposer
Energi matahari è padi è tikus è ular è elang è dekomposer (bakteri dan jamur)

Contoh rantai makanan yang terdapat di Laut

Di laut telah kita singgung sedikit di atas tadi bahwa umumnya yang menjadi produsen merupakan fitoplankton yang nantinya akan menjadi makanan zooplankton. Dan zooplankton juga akan di makan oleh konsumen yang lain lagi. Laut merupakan ekosistem yang alami tanpa campur tangan manusia sedikit pun. Beberapa contoh rantai makanan yang terdapat di laut, yaitu:

Energi matahari
è fitoplankton è zooplankton è ikan-ikan kecil è ikan-ikan besar è decomposer
Energi matahari
è fitoplankton è udang è ikan è singa laut è paus pembunuh è dekomposer
Energi matahari
è fitoplankton è zooplankton è cumi-cumi è ikan kecil è singa laut è paus

Contoh rantai makanan yang terdapat di Danau

Danau merupakan jenis ekosistem yang diam. Ada yang alami da nada juga yang buatan. Berbeda dengan laut yang airnya mengalir ke segala arah. Di danau merupakan tempat yang tenang di sebuah tempat tertentu dan dalam batas luas tertentu. Contoh rantai makanan yang terdapat di danau:

Energi matahari è alga è serangga air è kodok è ular è elang è dekomposer
Energi matahari
è alga è udang è ikan air tawar è elang è dekomposer

Contoh rantai makanan yang terdapat di Kolam

Kolam juga jenis ekosistem akuatik tetapi buatan dan tidak bergerak. Kolam biasanya memiliki pemilik, di jaga serta di rawat. Oleh karena itu ekosistem di dalamnya bergantu pada jenis organisme yang di budidayakan oleh pemiliknya. Rantai makanan yang dapat ditemukan pada ekosistem ini adalah:

Energi matahari
è pitoplankton è udang lembut è ikan lele è elang èdekomposer
Energi matahari
è alga è serangga air è kodok è ular è musang è dekomposer
Energi matahari
è alga è ikan kecil è lele è manusia è pengurai

Contoh Rantai Makanan Ekosistem Darat dan Air
Contoh Lainnya

Contoh Lainnya



Demikian lah sedikit pembahasan mengenai Contoh Rantai Makanan Ekosistem Darat dan Air.Masih banyak lagi contoh-contoh lainnya tentang rantai makanan. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita juga selalu mengamatinya. Sekian dari trendilmu.com. semoga bermanfaat!
Contoh Rantai Makanan Ekosistem Darat dan Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×