Ringkasan Singkat Proses Pembentukan Tulang


Trendilmu.com - Baiklah Pada kesempatan kali ini trend ilmu akan membagikan ringkasan singkat proses pembentukan tulang simak penjelasannya dibawah ini.

Rangka manusia terbentuk pada akhir bulan kedua atau awal bulan ketiga pada waktu perkembangan embrio. Tulang yang terbentuk mula-mula adalah tulang rawan atau kartilago yang berasal dari jaringan mesenkim  atau jaringan embrional

Urutan proses pembentukan tulang atau osifikasi sebagai berikut.

  1. Osteoblas banyak terdapat pada tulang rawan embrio, terutama pada bagian tengah episifis dan bagian tengah diafisis, serta pada jaringan ikat pembungkus tulang rawan.
  2. Osteoblas membentuk osteosit, tersusun melingkar dari arah dalam ke luar membentuk sistem Havers di tengah sistem Havers terdapat banyak mengandung pembuluh darah dan serabut saraf.
  3. Osteosit mensekresikan zat protein yang akan menjadi matriks tulang setelah mendapat tambahan kalsium dan tulang akan mengeras.
  4. Selama terjadi penulangan bagian epifisis dan diafisis membentuk daerah antara yang tidak mengalami pengerasan disebut Cakra epifisis bagian ini berupa tulang rawan yang mengandung banyak osteoblas.
  5. Bagian Cakra epifisis terus mengalami penulangan
  6. Di bagian tengah tulang pipa terdapat osteoklas yang merusak tulang sehingga tulang menjadi berongga, kemudian rongga tersebut terisi oleh sumsum tulang belakang.

Ringkasan Singkat Proses Pembentukan Tulang
Proses Pembentukan Tulang

Nah begitulah ringkasan singkat proses pembentukan tulang semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi trend ilmu.

Baca juga

Ringkasan Singkat Proses Pembentukan Tulang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×