Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli


Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Sosialisasi politik adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana proses yang ditempuh atau cara-cara yang dilakukan agar seseorang (individu) dan masyarakat belajar atau mengenal politik dan memiliki kepedulian terhadap politik serta mau menggambarkan sikap yang berorientasi pada politik. Sosialisasi politik ini amatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara(demokrasi), hal ini disebabkan oleh:
  1. Sosialiasi politik dapat berfungsi untuk memelihara agar suatu system dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga sosialisasi politik merupakan alat agar individu sadar dan merasa sesuai dengan system serta gaya (budaya) politik yang ada
  2. Sosialisasi politik ingin menunjukkan keterkaitan dengan system politik yang ada dengan perkembangan politik yang akan datang
Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli
Ilustrasi


Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

  • Daved F. Aberle, menyatakan bahwa sosialisasi politik adalah pola-pola mengenai aksi sosial atau aspek-aspek tingkah laku yang menanamkan pada individu-individu, keterampilan-keterampilan, motif-motif, dan sikap-sikap yang tidak perlu untuk menampilkan peranan-peranan yang sekarang atau yang tengah diantisipasi (dan yang terus berkelanjutan) sepanjang kehidupan manusia normal, sejauh peranan-peranan baru masih harus terus dipelajari.
  • Richad E. Dawson dkk, menyatakan bahwa sosialisasi politik sebagai suatu pewarisan pengetahuan, nilai-nilai dan pandagan-pandangan politik dari orang tua, guru dan sarana-sarana sosialisasi yang lainnya kepada warga Negara baru dan mereka yang menginjak dewasa
  • Alfian, menyatakan bahwa pendidikan politik sebagai usah sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat, sehingga mereka mengalami dan menghayati betul nilai-nilai yang terkandung dalam suatu system politik yang ideal yang hendak dibangun. Hasil dari penghayatan itu akan melahirkan sikap dan perilaku politik baru yang akan mendukung system politik yang ideal tersebut dan bersamaan itu pula lahir kebudayaan politik baru.

Kesimpulan Pengertian Sosialisasi Politik

Dapat disimpulkan bahwa sosilisai adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana proses yang ditempuh atau cara-cara yang dilakukan agar seseorang (individu) dan masyarakat belajar mengenal politik dan memiliki kepudulian terhadap politik serta mau mengembangkan sikap dan berorientasi pada politik.


Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli”. Semoga Bermanfaat

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×