Alat Ekskresi Pada Manusia Beserta Fungsinya


Alat Ekskresi Pada Manusia Beserta Fungsinya - Tentu anda pernah membuang air besar atau kecil dan juga berkeringat atau yang tiap detik anda lakukan adalah membuang gas CO2 saat bernafas. Hal tersebut merupakan cara tubuh manusia mengeluarkan kotoran atau sisa dari proses metabilisme. Proses yang terjadi ketika zat kotor dikeluarkan dalam tubuh dinamakan ekskresi. Nah, berarti ekskresi adalah proses di mana mengeluarkan sisa dari metabolism dalam tubuh. Zat sisa yang dikeluarkan dapat berupa keringat, urine atau juga CO2 yang merupakan sisa pernafasan. Dalam hal hal ini ada pembahasan ekskresi akan lebih dikaitkan terhadap tubuh manusia. Sebagai makhluk hidup dengan organ yang begitu lengkap. Proses ekskresi ini melibatkan beberapa organ manusia yang berperan dalam proses pembuangan sisa metabolism. Berdasarkan ilmu biologi setidaknya ada 4 organ yang berperan sebagai system dalam ekskresi diantaranya adalah paru-paru, ginjal kulit dan hati. Keempat organ dalam tersebut memiliki fungsi dan zat yang dikeluarkan berbeda-beda. 
Alat Ekskresi Pada Manusia Beserta Fungsinya
Alat eksresi pada manusia

Alat Ekskresi Pada Manusia Beserta Fungsinya

Ginjal.

Organ ekskresi ini terdapat di bagian dalam rongga perut sebelah belakang atau tepatnya posisi kanan kiri pinggung. Ginjal memiliki peran utama dalam pengeluaran zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Secara fungsinya ginjal merupakan tempar di mana digunakan untuk mengeluarkan urin dan membersihkan darah kotor. Setidaknya ada tiga lapis dari ginjal. Korteks atau kulit ginjal pada sisi luar, kemudian medulla atau sumsum ginjal pada bagian bawad dan pelvis renalis atau rongga ginjal. Ginjal sangat berperan dalam pembentukan urin pada tubuh kita. Sebagai pengetahuan bahwa ada 3 tahap dalam pembuatan urin yaitu penyaringan (filtrasi), penyerapan (reabsorbsi) dan pengumpulan (augmentasi).

Paru-paru. 

Peran lain paru-paru selain untuk alat bernapas adalah terjadi proses ekskresi di dalamnya. Sisa hasil system pernapasan yaitu karbondioksida (CO2) dan juga uap keluar melalui system paru-paru. Oksigen yang dihirup melalui hidung ketika bernafas dimanfaatkan untuk keperluan darah sedangkan di sisi lain menghasilkan CO2 yang akan dikeluarkan kembali melali hidung juga. Organ dalam paru-paru yang sangat penting adalah alveolus yang berbentuk gelembung gelembung kecil. Pengumpulan oksigen dan keluarnya karbondioksida melalui organ dalam tersebut. 

Hati.

Fungsi utama dari hari dalam ekskresi adalah tempat dimana dikeluarkanya getah empedu yang dihasilkan perombakan dari sel darah merah. Getah yang ditampung melalui kantong empedu untuk disalurkan ke dalam usus 12 jari. Jika anda pernah melihat atau memperhatikan empedu sangat berkaitan dengan warna nah itulah yang nantinya akan dibutuhkan oleh darah untuk diserap tetapi biasanya darah yang akan disaring pada ginjal menghasilkan sebuah zat kotor yang harus dibuang melalui proses ekskresi. Di dalam empedu inilah terdapat pula zat warna yang memiliki kegunaan sesuai kebutuhan dari tubuh manusia.

Kulit. 

Jaringan yang terdapat pada daerah terluar di tubuh kita. Inilah tempat di mana keringat sebagai wujud dari proses ekskresi. Hal ini dilakukan karena keringat berfungsi untuk mengatur suhu dalam tubuh kita. Terdapat tiga lapisan dalam kulit yaitu epidermis, dermis dan ikat bawah. Dermis di dalamnya terdapat kelenjar yang nantinya itu menghasilkan keringat. Biasanya munculnya keringat itu tidak setiap saat tetapi ketika ada aktivitas yang dilakukan oleh tubuh, bahkan juga lingkungan di sekitar kita. Itu tadi empat alat ekskresi yang yang berada dalam tubuh manusia. Dengan penjelasan beserta fungsi dari alat ekskresi. Semoga dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat.

Alat Ekskresi Pada Manusia Beserta Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×