Cabang-Cabang Ilmu Biologi


Cabang Cabang Biologi dan Artinya - Biologi merupakan satu dari sekian banyak ilmu pengetahuan alam. Kajian ilmu biologi sangat terkait erat dengan kehidupan dari makhluk hidup yang ada di dunia ini. Perkembangan ilmu biologi terus melaju pesat sesuai dengan zaman yang terus berkembang. Sehingga ilmu biologi dewasa ini memiliki beberapa cabang dengan wilayah kajian berbeda-beda dalam setiap cabang. Namun pada dasarnya cabang ilmu biologi tidak terlepas dari pembahasan mengenai makhluk hidup. Berdasarkan perkembangannya cabang ilmu biologi saat ini lebih menspesifikasikan terhadap obyek kajian. Hal ini mempermudah kita dalam mempelajari dan memahami satu persatu secara utuh mengenai cabang ilmu biologi. Setidaknya ada lebih dari 200 cabang ilmu biologi. Semuanya berdasarkan pengertian memiliki perbedaan yang mendasarkan pada obyek kajian. Berikut ini adalah beberapa cabang ilmu biologi yang dapat memberikan beberapa wawasan dan pemahaman secara lebih dalam. Dalam tulisan ini berusaha menyertakan pengertian agar pembaca mudah dalam memahami perbedaan dari setiap cabang yang dipaparkan.
Cabang-Cabang Ilmu Biologi
Ilustrasi

Beberapa Cabang Biologi dan Artinya 

  1. Agronimi, adalah sebuah ilmu yang mengkaji mengenai tanaman dan cara budidaya. Secara luas ilmu agronomi mempelajari mengenai berbagai jenis tanaman dan tumbuhan serta bagaimana cara melakukan pengembangan tumbuhan atau budisaya tanaman tersebut.
  2. Anatomi, focus kajian dalam cabang ilmu ini adalah terkait dengan bagian tubuh dan struktur tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebuah cabang ilmu yang mempelajari mengenai berbafau organ di dalam tubuh manusia, hewan atau tumbuhan.
  3. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai proses biologi mulai dari penerapan sampai dengan penggunaan secara sistematis. Biasanya meliputi mikrobiologi, rekayasa kimia yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Ekologi, ilmu yang menjadikan hubungan antara makhluk dan lingkungan sebagai obyek kajiannya. Dengan mempelajarinya kita dapat mengetahui bagaimana sebaiknya take and give antara makhluk dengan kelestarian lingkungan.
  5. Fisioterapi, sebuah ilmu mempelajari mengenai obat dan cara pengobatan terutama terkait dengan gejala dan penyakit yang berkaitan dengan lumpuh dan sejenisnya.
  6. Farmatologi, sebuah ilmu di mana berusaha mengembangkan dan mempelajari obat
  7. Genetika, yaitu meletakan pewarisan sifat sebagai obyek kajian cabang ilmu ini. jika lebih di spesifikan maka genetika terdapat berbagai hal yang bisa dikatakan sebagai cabang ilmu biologi juga. Diantaranya, genetika ekologi, evolusioner, molekuler, populasi dan genetika kuantitatif
  8. Radiologi, memahami berbagai hal yang terdapat dalam tubuh dengan pancaran gelombang radiasi baik elektromagnetik atau mekanik
  9. Neurothologi adalah berkaitan dengan mempelajari berbagai kebiasaan yang dilakukan hewan serta saraf yang dipergunakan secara aktif untuk mengkontrol kebiasaan itu.
  10. Nutrisi, ilmu  tentang penyediaan berbagai bagan dalam wujud makanan sebagai aspek pendukung dalam kehidupan sebuah organisme dan sel.
  11. Patologi, berkaitan dengan pengetahuan akan penyakit. Cabang ilmu biologi patologi ini ada banyak macamnya yang bisa juga dikategorikan cabang biologi, seperti patologi anatomi, klinik dan sejenisnya.
  12. Sosiobioligi, sebuah cabang ilmu berdasarkan atas asumsi perilaku social yang dihasilkan melalui proses evolusi sebagai penjelasan atas perilaku social, dimana dikaji secara ilmiah sesuai dengan konteksnya.


Dari tiga belas cabang-cabang ilmu biologi tersebut sebenarnya bukan merupakan keseluruhan dari cabang ilmu biologi. Sebab di dalam kajian mengenai biologi ini sebenarnya ada lebih dari 200 seperti yang disebutkan di atas. Akan tetapi dari yang disebutkan tadi merupakan beberapa cabang yang sering terdengar di masyarakat awam. Semoga dapat memberikan manfaat terhadap para pembaca yang ingin menambah wawasan menenai berbagai cabang dari ilmu biologi.

Cabang-Cabang Ilmu Biologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×