Fungsi Lambung dan Enzimnya


Fungsi Lambung dan Enzimnya - Lambung adalah sebuah alat yang sangat penting pada organ manusia. Lambung terletak dalam organ dalam manusia tepat berada di perut yang memiliki peran vital dalam proses pencernaan tubuh manusia. Bentuknya seperti kantong yang memiliki ragam fungsi utama terutama sebagai alat penting dalam system pencernaan. Dalam lapisan lambung terdapat kelenjar pencernaan sebagai cara untuk mencerna. Getah di lambung terdiri dari beberapa zat seperti, asam lambung, gastrin dan enzime lipase. Di mana dari masing-masing tersebut punya peran dan fungsi yang berbeda-beda. Lipase sendiri berfungsi mencerna lemak untuk dijadikan gliserol serta asam lemak. Sedang gastrin yang memacu terciptanya getah lambung dan mempengaruhi kinerja dari kelenjar lambung.

Fungsi Lambung dan Enzimnya

Berikut ini merupakan fungsi dari lambung yang bisa menambah pengetahuan. Bahkan bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran terkait dengan ilmu biologi. Lima fungsi yang akan dijelaskan sebagai berikut:
  1. Lambung punya peran dalam mempermudah proses mencerna makanan. Setelah mulut melakukan proses mencerna maka tahap selanjutnya adalah berada di lambung.
  2. Lambung dapat menghasilkan pepton dengan merubah zat protein yang berada pada tubuh kita.
  3. Lambung juga merupakan tempat di mana lemak yang berada dalam tubuh manusia dicerna
  4. Lambung juga mengeluarkan kasein dan juga membeku susu yang ada berada di tubuh kita.
  5. Selain itu makanan yang masuk ke dalam lambung akan bercampur dengan berbagai enzim yang dihasilkan oleh lambung.

Fungsi Lambung dan Enzimnya
Lambung

Di dalam lambung banyak dibentuk berbagai macam enzim yang sangat penting terhadap kerja tubuh manusia. Ensim adalah bagian yang terdapat dalam protein. Di mana dihasilkan melalui beberapa proses dalam tubuh kita. Enzim berguna untuk mempercepat terjadinya katalisator, katabolisme dan anabolisme. Ketiga hal tersebut akan terbantu dengan adanya enzim dalam tubuh manusia. Lambung merupakan organ tubuh yang paling banyak menghasilkan enzim. Terutama yang dibutuhkan untuk proses pencernaan. Untuk menambah pengetahuan anda mengenai enzim berikut adalah enzim yang terdapat di dalam lambung diantaranya: 

Enzim pada lambung dan fungsinya

Enzim Pepsin, berasal dari kata pepsis berarti pencernaan dalam bahasa yunani. Trdapat dalam lambung yang mana mengubah protein yang masuk kedalam tubuh menjadi pepton. Tugasnya adalah membuat molekul sederhada dari bahan baku protein menjadi yang namanya pepton. 

Enzim Renin, kelenjar pada diding merupakan penghasil renin yang berjalan untuk membantu proses pengendapan kasein. (sebuah protein yang terkandung di susu). Proses tersebut dilakukan untuk mempermudah dalam mencerna susu di dalam tubuh.

Enzim selanjutnya yang dihasilkan oleh lambung manusia adalah asam klorida (HCI). Fungsinya sangat utam dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sebuah bakteri yang masuk kedalam tubuh lewat mulut. Lendir yang dikeluarkan oleh permukaan pada diding lambung berfungsi sebagai pelingdung dari asam klorida. 

Enzim-enzim tersebut sangatlah penting karena dapat menggangu proses pencernaan apabila enzim tidak berada dalam kondisi stabil. Jika hal ini terjadi maka gangguan pencernaan menjadi salah satu yang dapat terjadi, sebab enzim merupakan pengatur nutrisi yang masuk melalui makanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi maka sebaiknya anda melakukan beberapa kiat untuk mencegah kekurangan enzim. Kiat tersebut adalah sebagai berikut menerapkan pola konsumsi makanan sehat, jangan pernah makan makanan yang berkalori kosong, kurangi makan daging secara berlebihan, perbanyak minum air putih, tidak disarankan menggunakan obat maag dan suplemen enzim karena menjadi kebiasaan yang tidak baik untuk tubuh. Demikian beberapa penjelasan mengenai lambung dan enzim yang ada pada tubuh manusia.

Fungsi Lambung dan Enzimnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×