Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya


Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya - Pernah dengar istilah ekosistem? Masih ingat apakah itu ekosistem? Penasaran? Berikut adalah penjelasan tentang ekosistem. Ekosistem merupakan sebuah bentuk lingkungan hidup dimana didalamnya terdapat interaksi yang terjadi antara pelaku biotik dan juga pelaku abiotik. Pelaku biotik merupakan mahkluk hidup yang berada pad suatu daerah, misal hewan, manusia, tumbuhan dan lain – lain sedangkan lingkungan abiotik merupakan lingkungan tempat mereka pelaku biotik tinggal seperti udara, air, suhu  dan sebagainya. Interaksi yang terjadi akan memberikan efek pada baik hewan atau tumbuhan hidup lainnya dan juga dengan alam itu sendiri. Oleh sebab itulah penting bagi kita menjaga kondisi ekosistem kita. Begitu banyak cara yang sudah digunakan untuk melindungi sebuah ekosistem tertentu. Mulai dari membuat hukum hewat langka sampai mengeluarkan surat pada ekosistem tertentu yang dilindungi. Namun sayang sekali pada prakteknya ekosistem masih saja tersu mengalami perubahan yang mengerikan. Salah satu diantaranya adalah peristiwa kebakaran hutan, dan gunung meletus.

Kedua bencana besar seperti kebakaran hutan dan gunung meletus akan melukai dan merusak alam sekitar baik itu membakar tumbuhan, mencemari air dan sebagainya. Jika bentuk kerusakan disebabkan oleh alam seperti gunung meletus tetap akan memberikan keuntungan berupa pasir, bebatuan dan sebagainya. Namun bagaiamana jika kerusakan ini disebabkan oleh kebakaran hutan dan sebagainya. Kerusakan yang disebabkan akan sangat fatal dan merugikan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan mahkluk hidup ini adalah dengan membangun ekosistem buatan. 
Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya

Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya

Ekosistem alami adalah ekosistem yang ada secara alami karena bentukan alam tanpa campur tangan manusia. Ekosistem – ekosistem pun beragam, beberapa jenis ekosistem antara lain : ekosistem darat, ekosistem perairan. Dari masing – masing ekosistem ini dapat dibuat beragam bentuk ekosistem alami, antara lain :

Bioma tundra
Bioma tundra merupakan salah satu bentuk ekosistem darat yang dibuat tanpa dengan campur tangan manusia. Bioma ini biasanya berada di daerah kutub, dengan curah suhu yang sangat dingin. Walaupun curah hujan tidak begitu tinggi namun cuaca sangat didominasi oleh angin yang sangat kencang. Kebanyakan lingkungan ekosistem ini dipenuhi dengan tumbuhan lumut, tembakau dan juga lumut kerak sedangkan hewan biasanya beruang kutub, serigala kutub, dan burung migran

Bioma gurun
Berlawanan dengan bioma tundra, bioma gurun merupakan bioma yang panas dan sangat kering. Curah hujan yang ada pun jauh lebih sedikit di banding dengan bioma tundra. Bioma ini didominasi dengan cuaca yang sangat ekstrim panas di siang hari dan dingin di malam hari. Di bioma gurun umumnya hanya ditemukan pelaku abiotik saja berupa pasir dan kondisi yang kering. Beberapa pelaku biotik yang kemudian beradaptasi dan mampu bertahan hidup ini ekosistem ini adalah tumbuhan kaktus dan unta. 

Ekosistem buatan adalah sebuah kondisi lingkungan dimana seseorang memang dengan sengaja membentuk atau membuat untuk membantu kelangsungan hidup hewan lainnya dan lingkungan.

Sementara contoh ekosistem buatan biasanya berupa ekosistem pada lingkungan persawahan, waduk, kebun binatang dan taman. Di sawah pelaku biotik biasanya berupa tanah yang lembab dan juga udara yang sejuk dengan adanya pelaku biotik berupa tumbuhan dan juga hewan seperti tikus, belalang dan juga ular. Sedangkan pada waduk didominasi oleh lingkungan perairan dan juga sejumlah spesies ikan dan tumbuhan air seperti enceng gondok. Kebun binatang pun menjadi salah satu bentuk ekosistem yang memiliki banyak pelaku biotik. Dengan beragamnya hewan telah menciptakan beragam bentuk lingkungan dan kondisi ekosistem. 

Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×