Pengertian Pencemaran Udara dan Penyebabnya


Pengertian Pencemaran Udara dan Penyebabnya  - Semakin berkembangnya zaman telah membawa dampak secara langsung pada lingkungan sekitar. Pencemaran pun menjadi salah satu bentuk dampak langsung pada lingkungan. Pencemaran ini biasanya terjadi pada pencemaran darat berupa pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara. Pada artikel ini akan di bahas hal – hal yang berkaitan langsung dengan pencemaran udara. Pencemaran atau polusi yang terjadi pada udara umumnya disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan juga asap pabrik. Asap – asap ini memang tidak bisa dihindari lagi. Beberapa cara pun kita tengah dikembangkan untuk mengurangi tingkat pencemaran terutama pencemaran udara. 

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah rusaknya kualitas udara atau oksigen sekitar kita akibat tercampur dengan zat – zat berbahaya seperti asap kendaraan dan sebagainya. Kondisi ini akan sangat berpengaruh pada setiap mahkluk hidup yang bernafas. Oksigen merupakan kebutuhan utama manusia dan ketika terjadi pencemaran ini maka beribu sumber penyakit dan zat kimia berbahaya sangat berkemungkinan besar masuk ke dalam tubuh kita bersamaan dengan oksigen yang kita hirup. Sementara itu tumbuhan pun akan kekurangan suplai udara untuk berfotosintesis dan berespirasi dimalam hari. Parahnya adalah semakin sedikitnya ruang hijau tumbuhan sebagai penyuplai oksigen bersih bagi kita.
Pengertian Pencemaran Udara dan Penyebabnya
Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran Udara

Walau pencemaran ini umumnya disebabkan oleh asap namun sebenarnya debu dan beberapa zat lainnya pun ikut berperan dalam pencemaraan ini. Sebagai contoh adalah pencemaran yang disebabkan oleh tanah yang kotor. Setiap lantai kita atau tanah memiliki kemungkinan tercemar, baik dari air kotor, sampah detergent, kotoran dan sebagainya. Tanah ini mungkin akan terbawa angin dan bercampu dengan udara yang kita hirup. Sementara itu, dengan meningkatnya pengguna kendaraan bermotor juga menambah jumlah polusi udara yang terjadi seperti motor tua, bajaj dan kendaraan bermotor lainnya. Kita juga seringkali mengabaikan pencemaran yang diakibatkan oleh asap rokok. Padahal asap roko akan sangat membahayakan kita. Sekalipun disediakan ruang atau area khusus merokok pada dasarnya sesuai dengan sifat alamiah angin atau udara akan membawa kandungan asap roko ke segala arah dan juga dengan kerekatan molekul yang renggang memungkinkan menembus masker yang anda gunakan. Ditambah lagi dengan aktivitas pembakaran hutan secara liar yang menyumbang angka polusi sangat besar.

Dampak Pencemaran Udara

Dampaknya dapat kita rasakan secara langsung berupa batu dan bersin setiap kali. Terkadang bersin merupakan cara terampuh untuk mengeluarkan udara kotor yang kita hirup padahal dalam 5 menit saja belum tentu kita bersin sementara kita terus bernafas. Dampak jangka panjang berupa keusakan sistem pernafasan akibat zat berbahaya yang kita hirup setiap hari.dampak lainnya berupa penyakit seperti ISPA, sakit paru – paru dan lain sebagainya. Bagaimanakah cara menanggulanginya? Pencemaran udara dapat dicegah dengan mengurangi jumlah pengguna kendaraan bermotor. Setidaknya mobil dapaat digunakan untuk beberapa orang. Karena jika satu orang selalu menggunakan mobil sendiri atau motor sendiri maka dapat dibayangkan betapa besrnya angka pencemaran. Selain itu, mempertahankan kawasan hijau juga akan sangat membantu, dengan aktivitas tumbuhan yang akan mengolah karbondioksida menjadi oksigen. Dengan demikian suplai udara bersih dapat mendominasi. Kemudian memberikan penanganan pada operasi pabrik besar, agar tidak membuang sampah atau menimbun zat sisa operasi serta mengolah udara kotor yang biasanya mereka keluarkan dengan cerobong pabrik. Dan dari kita sendiri adalah untuk berusaha menghirup udara yang segar dan sehat dengan cara tak berlama – lama berada di kendaraan atau di jalanan, mengurangi volume rokok, menggunakan masker. Dengan bantuan beberapa hal tersebut sedikit demi sedikit masalah pencemaran udara ini akan tertangani dengan benar.  

Pengertian Pencemaran Udara dan Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×