Fungsi dan Pengertian Kerajinan Tangan


Fungsi dan Pengertian Kerajinan Tangan - Seni kerajinan tangan merupakan sebuah karya dengan menciptakan suatu produk ataupun barang dengan menggunakan tangan sebagai media atau alatnya, yang memiliki fungsi pakai ataupun fungsi keindahan dan memiliki nilai jual. Atau juga pengertian kerajinan tangan dapat diartikan menciptakan sesuatu barang yang memiliki nilai atau fungsi keindahan dan juga memiliki nilai jual. Apabila kerajinan tangan yang anda buat memiliki kualitas yang tinggi maka harga jualnya juga tinggi.

Fungsi Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan mempunyai 2 fungsi yaitu fungsi pakai dan juga fungsi hias. Fungsi pakai dari kerajinan yaitu dengan mengutamakan kegunaan dari barang yang dibuat tersebut, kemudian untuk fungsi hias yaitu dilihat dari segi keindahan barang tersebut tanpa harus memperhatikan nilai guna dari barang itu sendiri. Selain itu fungsi hias juga berguna sebagai pelengkap agar barang tersebut terlihat lebih menarik. Apabila anda mempunyai sebuah keterampilan, ada baiknya jika anda mencoba membuat suatu kerajinan tangan yang unik dan dengan kualitas yang bagus dapat menjadikan usaha yang menjanjikan.

Pengertian Kerajinan Tangan

Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian kerajinan tangan adalah merupakan cabang dari karya seni yang mengutamakan ketrampilan tangan sebagai media dalam membuat benda-benda kerajinan. Kerajinan tangan dapat meliputi, pembuatan berbagai jenis kerajinan dari tanah liat atau seni keramik, membuat anyaman dari berbagai jenis bahan, seni dekorasi, seni melipat dan lainnya. Beberapa orang juga mengartikan pengertian kerajinan tangan adalah membuat suatu barang yang dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan tangan, dan juga memiliki keindahan serta daya jual yang tinggi. Dalam membuat seni kerajinan tangan diperlukan beberapa tahap, yang pertama yaitu membuat rancangannya atau desain, mempersiapkan segala alat dan bahan yang dibutuhkan, membuat atau memproduksi barang yang sebelumnya sudah anda rancang dan setelah itu tahapan akhir atau finishing. Bahan dalam membuat kerajinan tangan terdiri dari dua jenis yaitu bahan keras dan bahan lunak. Masing-masing bahan akan menghasilkan jenis atau macam kerajinan yang berbeda. Contoh fungsi hias dari kerajinan tangan yaitu kerajinan patung dan juga berbagai miniatur.

Setelah kita mengetahui pengertian kerajinan tangan, maka ada pula macam dari kerajinan tangan itu sendiri. Dalam membuat kerajinan tangan bahan yang digunakan tidak hanya itu-itu saja alias banyak, bahan apapun dapat dijadikan sebuah kerajinan bila anda mampu mengolahnya. Seperti halnya dari kayu bekas, kardus bekas ataupun barang bekas lainnya yang masih sangat potensial untuk dimanfaatkan. Bila anda mampu mengubahnya menjadi suatu kerajinan maka akan membuka peluang usaha juga. Kerajinan tangan merupakan hal yang mudah dikerjakan tetapi juga harus  tekun dalam mengerjakannya. Karena kerajinan tangan macamnya sangat banyak sekali dan terbilang mudah hanya saja membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan dalam menjalaninya. Seperti halnya dalam membuat kerajinan tangan berbahan dassar kain perca yang mampu menjadi berbagai macam aksesoris seperti bros, gantungan kunci ataupun boneka dan lain sebagainya. Ada juga macam kerajinan tangan yang lain seperti mendaur ulang plastik bungkus seperti plastik bungkus kopi, minuman, molto ataupun yang lainnya. Dengan mendaur ulang berbagai jenis plastik maka ada dapat membuat tas berbahan dasar plastik daur ulang berbagai produk.


Fungsi dan Pengertian Kerajinan Tangan
Contoh Kerajinan Tangan
Dapat anda tarik kesimpulan mengenai pengertian kerajinan tangan yang mempunyai banyak macam dan juga cara membuatnya yang terbilang mudah dan tak perlu menggunakan bahan-bahan yang sangat mahal untuk menghasilkannya. Tak perlu repot untuk mencari bahan-bahannya, karena seni kerajinan tangan ini dapat dibuat dengan barang bekas atau mendaur ulang. Walaupun menggunakan bahan daur ulang namun produk yang dihasilkan tetaplah dengan kualitas yang sangat baik. Kerajinan tangan ini memiliki nilai jual yang tinggi apabila anda mampu untuk menghasilkan dengan kualitas yang baik pula. Bagi anda khususnya yang ingin membuat kerajinan tangan dengan tujuan untuk hiasan rumah, anda bisa membuat berbagai macam bunga dari kertas ataupun dari sedotan yang mampu membuat ruangan rumah anda akan terasa lebih indah. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa anda mampu membuat tas dari plastik bungkus daur ulang.
Fungsi dan Pengertian Kerajinan Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×