Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terkenal


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terkenal - Demokrasi bagi bangsa Indonesia memegang peranan penting dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang kondusif. Salah satu budaya demokrasi di Indonesia yang diakui menjadi yang terbaik di seluruh dunia adalah diadakannya pemilu langsung oleh rakyat untuk memilih pemimpin. Hal ini mewujudkan hak politik setiap rakyat untuk memilih dan dipilih sebagai negara yang berdaulat. Seperti yang akan digelar dalam waktu dekat yaitu pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak. Demokrasi pada awalnya di kenal pada jaman yunani. Beberapa hal yang membuat munculnya demokrasi di jaman yunani antara lain perasaan tidak puas warga akan kepemimpinan yang berlaku di yunani. Sehingga membuat JJ Roseau tergerak untuk memperkenalkan dan juga memperjuangkan hadirnya demokrasi di masyarakat. 

Demokrasi yang telah berhasil diterapkan di yunani ternyata dapat berkembang pesat dan terdengar di seluruh penjuru dunia. Sehingga para ahli berusaha mendalami dan juga menterjemahkan mengenai demokrasi.

Berikut ini pengertian demokrasi menurut para ahli.

JJ Roseau yang memperkenalkan demokrasi pada awalnya menterjemahkan demokrasi ini menjadi 2 suku kata yaitu demos dan kratos. Maknanya adalah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat. Roseau memunculkan istilah demokrasi ini karena merasa prihatin terhadap rakyat yunani yang merasa tidak puas dengan sistem pemerintah dengan sistem oligarki yang memunculkan banyak figur pemimpin. Sehingga rakyat merasa tidak puas dan tidak senang. Sehingga Roseau berusaha mengajak para pemimpin Yunani dan juga rakyat untuk berdiskusi mengenai sistem pemerintahan yang dikehendaki oleh rakyat. Rakyat merasa bahwa sistem pemerintahan yang berdasarkan demokrasi politk yang baik sangat dibutuhkan. Sehingga wajar jika rakyat menginginkan adanya perubahan untuk membuat pemerintahan negara yunani menjadi lebih baik. Berawal dari sinilah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat bisa dikenal dan berlaku luas di masyarakat. Termasuk di Indonesia.

Abraham Lincoln menerjemahkan demokrasi sebagai sebuah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat dilakukan oleh rakyat dan ditujukan untuk rakyat. Hal ini yang hingga sekarang menjadi panutan bagi bangsa Indonesia. Yaitu sistem demokrasi yang aspirasinya berasal dari rakyat, dipilih oleh rakyat dan juga ditujukan untuk rakyat. Sehingga Indonesia menciptakan sebuah sistem pemilu langsung yang hingga kini diterapkan untuk memilih pemimpin di Indonesia dan juga memilih perwakilan rakyat yang duduk di kursi parlemen untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.  Hal ini sesuai dengan apa yang diterjemahkan oleh Abraham Lincoln mengenai apa itu demokrasi. Semua aspirasi rakyat disampaikan oleh wakil rakyat dan untuk rakyat yang bertujuan untuk membentuk sebuah sistem pemerintahan yang lebih baik dan berpihak kepada rakyat.

Hans menerjemahkan demokrasi sebagai sebuah bentuk pemerintahan dimana segala keputusan penting dilakukan langsung oleh rakyat. Hans menyimpulkan bahwa sebuah pemerintahan yang dibangun atas dasar demokrasi harus selalu melibatkan rakyat untuk mengambil sebuah keputusan penting termasuk aturan-aturan yang bersifat mengikat untuk masyarakat. Maksudnya adalah setial pemerintah akan memutuskan sesutu hal, pemerintah harus mengambil suara dari rakyat secara langsung tanpa ada perantara dari pihak manapun. Hal ini bagi negara yang memiliki jumlah penduduk tidak terlalu banyak bisa dilakukan. Namun bagi negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak hal ini tidak dapat dilakukan.
Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terkenal
Ilustrasi
Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli dunia yang beberapa diantaranya diterapkan di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Keberadaan demokrasi ini membawa banyak perubahan terhadap jalannya pemerintahan yang sangat berpihak terhadap rakyat. Sistem pemerintahan yang berpihak pada rakyat ini membangun sistem pemerintahan secara lebih sehat. Sehingga dapat menampung semua jenis aspirasi masyarakat serta dapat berdampak secara positif pada sistem pemerintahan yang lebih kondusif. Pemerintahan yang lebih kondusif dapat menciptakan kondisi negara yang lebih sehat dan dampaknya akan sangat luas bukan hanya pada sistem pemerintahan namun juga berdampak pada terciptanya kondisi masyarakat yang lebih damai.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×