Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli di Dunia


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli di Dunia - Siapa yang tidak tahu akan Ideologi? Ya, di Tanah air kita tercinta Indonesia Pancasila merupakan ideologi sebuah bangsa. Tetapi banyak orang yang belum sepenuhnya mengerti dan juga paham apa itu Ideologi bangsa.

Pengertian Ideologi Secara Sederhana

Sebetulnya pengertian ideologi secara sederhanya adalah merupakan suatu kumpulan dari konsep yang bersistem dan dijadikan sebagai pedoman atau asas yang mampu memberikan tujuan bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Namun di dunia ini banyak sekali yang menafsirkan pengertian indeologi, seperti halnya banyak sekali pengertian ideologi menurut para ahli baik ahli dalam negeri maupun ahli diberbagai dunia. Banyaknya pengertian dari ideologi memanglah membuat banyak pihak juga sudah pasti bingung. Akan tetapi, walaupun ada banyak pengertiannya hal ini tetap tidak akan merubah makna dasar dari ideologi itu sendiri khususnya pancasila. Pancasila sebagai ideologi bangsa dibuat dengan tujuan dan maksud untuk mengatur pola pikir warga negaranya. Karena seperti yang kita ketahui Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, budaya dan rasnya.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian ideologi menurut para ahli yang akan diterangkan satu per satu.
  1. Ideologi Menurut Dr.Alfian merupakan pandangan yang menyeluruh dan juga mendalam tentang bagaimana cara yang tepat dan juga secara moral dianggap benar serta adil dan mengatur tingkah laku bersama dalam kehidupan.
  2. Ideologi Menurut M.Sastra Prateja Ideologi adalah sebagai sebuah gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada suatu tindakan yang telah diorganisir dan menjadi sistem yang teratur. Ideologi mengandung beberapa unsur yakni, Adanya suatu pemahaman terhadap kenyataan, setiap ideologi memuat seperangkat nilai atau persepsi moral, Ideologi adalah suatu pedoman kegiatan untuk dapat mewujudkan nilai-nilai di dalamnya.
  3. Ideologi Menurut Muhammad Ismail menyatakan bahwa, ideologi merupakan sebuah pemikiran mendasar yang bukan dibangun dari pemikiran yang lain, melainkan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan akan kemana alam, manusia dan juga kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptanya serta kehidupan setelahnya.
  4. Ideologi Menurut Silvio Viette yang menyatakan bahwa, ideologi merupakan bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional dan bertindak dalam wujud idealisme.
  5. Ideologi Menurut W. White, merupakan cita-cita politik atau ajaran dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang bisa dibeda-bedakan.
  6. Ideologi menurut Soerjanto Poespowardoyo adalah sebagai kompleks pengetahuan macam nilai yang secara umum dapat menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk dapat memahami bumi dan seisinya, serta menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya. Dengan berdasarkan pemahaman yang diyakini itu seseorang menangkap apa yang dilihat baik dan juga tidak baik.
  7. Menurut Murbyarto Ideologi adalah sejumlah ajaran kepercayaan dan juga simbol-simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi pedoman karya untuk mencapai suatu tujuan.
  8. Patrick Corbett Menyatakan bahwa, ideologi sebagai struktur kejiwaan yang telah tersusun oleh seperangkat keyakinan mengenai penyelenggaraan hidup bermasyarakat berserta pengorganisasiannya, seperangkat keyakinan mengenai sifat hakikat manusia beserta alam semesta, dan suatu dambaan agar keyakinan- keyakinan tersebut dihayati dan pernyataan pendirian itu diakui sebagai kebenaran oleh seluruh orang yang menjadi anggota penuh dari kelompok sosial yang bersangkutan.
  9. Francis Bacon yang menyatakan bahwa ideologi merupakan suatu sintesa yang mendasar dari sebuah konsep hidup.
  10. Machiavelli, mengemukakan pendapatnya bahwa ideologi adalah merupakan suatu usaha penguasa dalam mempertahankan kekekuasan serta suasana politik yang terjadi didalam negara maupun pemerintahan dalam sistem yang terorganisir.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli di Dunia
Ilustrasi

Nah, tentunya dari banyak pendapat ahli yang telah dikemukakan anda sudah dapat mengerti kan? Makna dari Ideologi itu sendiri, sehingga sekarang anda dapat dengan mudah untuk memahaminya.
Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×