Ringkasan Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia


Ringkasan Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia - Konferensi Asia Afrika yang digelar di Bandung pada tahun 1955 memiliki tujuan tertentu yang sangat mulia. Beberapa tujuan tersebut telah diamanahkan sesuai dengan UUD 1945 pada alinea 4 yang menjelaskan bahwa Indonesia harus ikut berperan dalam mewujudkan keamanan dunia dan juga ketertiban dunia. Hal ini sesuai dengan sistem politik yang dianut oleh bangsa Indonesia yaitu sistem politik bebas aktif. Meskipun sifatnya tidak memihak manapun namun sebagai bangsa yang merdeka harus turut berperan secara aktif untuk menjaga ketertiban dunia sehingga tercipta kedamaian abadi dan keadilan sosial seperti yang diamanahkan pada UUD 1945. Indonesia sebagai bangsa yang merdeka merasa turut bertanggung jawab untuk membantu beberapa negara di kawasan Asia Afrika untuk mendapatkan kedaulatan negara secara utuh. Sehingga negara tersebut dapat memberikan sebuah rasa aman bagi masyarakatnya.

Konferensi Asia Afrika digagas sebab beberapa negara di kawasan Asia Afrika belum mendapatkan kedaulatannya secara utuh sebagai sebuah negara. Indonesia melalui tangan bung Karno menggagas sebuah pertemuan pendahuluan yang digelar di Bogor untuk membahas berbagai permasalahan kenegaraan khususnya bagi negara di kawasan Asia Afrika yang masih belum berdaulat secara utuh. Berikut ini ulasan singkat mengenai konferensi Asia Afrika dan peran indonesia terlengkap dan terpenting dalam sejarah kenegaraan.

Indonesia sebagai negara yang telah merdeka dari penjajahan merasa sangat prihatin terhadap negara-negara di kawasan Asia Afrika yang belum memiliki kedaulatan secara utuh. Sebagai negara yang pernah merasakan penjajahan selama berabad-abad lamanya mengerti bagaimana rasanya ditindas oleh bangsa lainnya. Sehingga sebagai negara yang menganut politik luar negeri bebas aktif, Indonesia merasa ikut bertanggung jawab terhadap terbentuknya sebuah kedamaian di antara bangsa-bangsa di dunia. Maka tidak heran jika pada tanggal 24 Desember 1954 digelar sebuah konferensi yang bertempat di Bogor. Pertemuan ini dihadiri oleh perdana menteri yang menjadi peserta konferensi kolombo termasuk Indonesia. 

Hasil konferensi Kolombo menyebutkan beberapa hal penting antara lain mengenai penyelenggaraan konferensi Asia Afrika yang akan digelar di kota Bandung pada bulan april tahun 1955. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peranan penting dalam terselenggaranya konferensi Asia Afrika yang membawa perdamaian bagi seluruh negara dikawasan Asia dan Afrika. Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia dijabarkan dalam bentuk dukungan Indonesia dan kehadiran Indonesia serta keterlibatan Indonesia dalam terselenggaranya konferensi terpenting sepanjang sejarah di kawasan Asia dan Afrika. Konferensi Bogor tersebut menghasilkan sebuah keputusan yang salah satunya adalah memberikan dukungan mengenai status Irian Barat yang kini menjadi salah satu kepulauan di Indonesia yang terletak di kawasan Indonesia paling timur. Bukan hanya itu, konferensi tersebut juga menghasilkan beberapa keputusan yang berkaitan dengan pokok bahasan dalam konferensi Asia Afrika.

Tujuan dari di gelarnya konferensi Asia Afrika salah satunya adalah menghapuskan diskriminasi ras dan juga suku yang selama ini dialami oleh beberapa negara yang ada di kawasan Asia Afrika. Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia diwujudkan dalam terlibatnya beberapa tokoh terpenting Indonesia dalam konferensi Asia Afrika yang digelar di Bandung. Tokoh-tokoh tersebut adalah Ali Sastromidjoyo yang berperan sebagai ketua konferensi, sekjen konferensi adalah Ruslan Abdul Gani, ketua komite kebudayaan M Yamin dan ketua komite ekonomi Prof Ir Roseno.
Ringkasan Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia
Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia
Konferensi Asia Afrika ini memberikan dampak positif bagi peserta konferensi yaitu bagi negara yang belum memperoleh kemerdekaan dibantu untuk memperoleh kemerdekaan dan Indonesia sebagai negara pertama yang mengakui kedaulan dan kemerdekaan negara tersebut. Demikian sedikit ulasan mengenai konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia sebagai pengingat sejarah bangsa. Bahwa bangsa Indonesia sangat mendukung terciptanya kedamaian di seluruh dunia. Maka tidak heran jika konferensi asia afrika ini menjadi tonggak sejarah bagi beberapa negara untuk memperoleh kedaulatannya dan juga membuka jalan kerjasama jangka panjang di berbagai bidang antar negara asia afrika yang sifatnya saling menguntungkan dan juga saling mendukung satu sama lain.

Ringkasan Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×