10 Komponen Kebugaran Jasmani dan Contohnya


10 Komponen Kebugaran Jasmani dan Contohnya - Kebugaran jasmani sangat diperlukan untuk setiap manusia. Karena dengan suatu kondisi badan yang bugar tentu saja orang tersebut akan selalu dalam kondisi yang sehat. Lalu sebenarnya apa itu kebugaran jasmani? Banyak yang berpendapat mengenai pengertian kebugaran jasmani. 

Pengertian Kebugaran Jasmani

Menurut Rusli Lutan, pengertian kebugaran jasmani yaitu suatu kemampuan seseorang untuk menjalankan segala hal kegiatan yang berhubungan dengan  fisik dan memerlukan suatu kekuatan, daya tahan, serta fleksibilitas. Sedangkan menurut Muhajir, kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan adapatasi terhadap segala aktifitas fisik yang menimbulkan rasa lelah tetapi tidak berlebihan. Kabugaran jasmani mempunyai komponen-komponen dan juga unsur-unsur yang dibagi kedalam 10 jenis yang diantaranya adalah kekuatan, daya otot, daya tahan,kelincahan, daya lentur, koordinasi, ketepatan, keseimbangan, dan juga reaksi. 


Agar bisa dimengerti lebih jelas mengenai pengertian kebugaran jasmani tersebut, simaklah komponen-komponen kebugaran jasmani sebagai berikut:
 

Kekuatan

Kekuatan bisa disebut sebagai kondisi tubuh yang bisa menggunakan otot-otot sewaktu dibebankan dalam menjalankan aktivitas. Otot kuat bisa dimiliki dengan cara melakukan latihan berat secara rutin dan juga konsisten. Salah satu cara melatih kekuatan otot yaitu bisa dengan cara melakukan latihan angkat beban secara kontinue. Contoh untuk melatih otot kekuatan bisa dilakukan olahraga seperti sit up, push up, dan squat jump. 

Daya Tahan 

Daya tahan adalah kemampuan seseorang menggunakan organ yang ada dalam tubuhnya seperti paru-paru, jantung dan sebagainya dengan cara yang efektif serta efisien dalam melakukan aktivitas. Daya tahan tubuh ini dapat Anda latih dengan latihan yang ringan seperti joging atau lari secara rutin setidaknya kurang lebih 30 menit dalam setiap harinya.

Daya Otot 

Daya otot adalah kemampuan seseorang untuk memanfaatkan suatu kekuatan yang maksimum dalam rentan waktu sesingkat-singkatnya. Daya otot ini berkaitan dengan suatu sistem anaerobik untuk proses pemenuhan suatu kebutuhan energi. 

Kecepatan 

Kecepatan yaitu kemampuan seseorang untuk melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dengan waktu relatif singkat dan sesingkat-singkatnya. Kemampuan ini memang sangat diandalkan untuk berbagai olahraga yang dimana olahraga tersebut membutuhkan suatu kecepatan, contohnya seperti lari jarak pendek antara 100 - 200 meter. 

Daya Lentur 

Daya lentur selalu merujuk terhadap efektivitas tubuh manusia untuk menyesuaikan diri dengan aktivitas atau gerakan yang dapat mengandalkan suatu elenturan tubuh. Contoh latihan yang bisa melatih daya lentur contohnya yaitu seperti yoga, senam dan renang.

Kelicahan 

Kelincahan yaitu kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dalam posisi-posisi tubuhnya seperti dari kanan ke kiri, dari belakang ke depan. Olahraga yang bisa diandalkan untuk melatih kelincahan yaitu bulu tangkis serta  sepak bola. Sedangkan latihan fisik yang bisa melatih suatu kelincahan yaitu naik-turun tangga dan lari zig-zag. 

Koordinasi 

Koordinasi merupakan suatu kemampuan seseorang untuk mengintegrasikan gerakan-gerakan tubuh yang berbeda menjadi satu gerakan efektif. Kemampuan koordinasi ini bisa Anda latih dengan memantulkan-matulkan  bola kepada  tembok menggunakan tangan kanan kemudian menangkapnya kembali dengan menggunakan yang satunya lagi yaitu tangan kiri.

Keseimbangan

Keseimbangan yaitu kemampuan seseorang dalam mengendalikan organ serta syaraf otot agar bisa mengendalikan gerakan-gerakan tubuhnya dengan baik. Olahraga yang bisa diandalkan untuk melatih kemampuan keseimbangan diantaranya yaitu loncat indah dan senam. 

Ketepatan

Ketepatan merupakan suatu kemampuan seseorang untuk  mengendalikan suatu gerakan yang sesuai dengan sasaran. Sepak bola, memanah dan bowling adalah suatu permainan olahraga yang bisa mengandalkan untuk melatih ketepatan. 

Reaksi

Reaksi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menanggapi sebuah rangsangan ataupun stimulus yang diberikan oleh orang lain. Latihan kebugaran jasmani yang bermanfaat untuk melatih suatu ketepatan reaksi salah satunya adalah lempar tangkap bola.
10 Komponen Kebugaran Jasmani dan Contohnya
Ilustrasi

Sekarang sudah jelaskah apa itu pengertian kebugaran jasmani dan komponennya?Dari komponen-komponen yang telah dijelaskan diatas, kebugaran jasmani memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu mengurangi resiko obesitas, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, mengatasi depresi dan yang paling pentingnya yaitu dapat meningkatkan energi tubuh. Seperti itulah beberapa penjelasan yang cukup singkat mengenai pengertian kebugaran jasmani, komponen dan manfaatnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. 

10 Komponen Kebugaran Jasmani dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×