Jenis-Jenis Peta dan Kegunaannya


Peta adalah sebuah gambaran dari seluruh permukaan bumi pada bidang yang datar. Peta ini digambarkan dengan menggunakan skala tertentu. Penggunaan skala ini berfungsi untuk menggambarkan luas dataran atau luas wilayah secara riil. Sehingga jika diukur menggunakan penggaris dan dikalikan dengan skala penunjuknya maka akan didapatkan luas dataran yang sesungguhnya dari permukaan bumi. Pembuatan peta tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab peta itu menunjukkan kondisi permukaan bumi yang sesungguhnya. Ada jenis-jenis peta dan fungsinya yang berbeda-beda yang selama ini dikenal oleh masyarakat dan juga kalangan tertentu. Ada peta yang berfungsi sebagai media pendidikan dan ada juga peta yang berguna untuk menunjukkan suatu kondisi nyata untuk perencanaan pembangunan kota. Sehingga pembuatan peta harus benar-benar hati-hati dan juga teliti karena peta memiliki manfaat yang cukup luas bagi kehidupan manusia.

Berikut adalah Jenis-Jenis Peta dan Kegunaannya

Peta Umum
Peta umum adalah peta yang dibuat untuk memberikan gambaran secara umum tentang kondisi suatu wilayah. Peta ini bisa juga berfungsi sebagai sarana pendidikan. Sehingga biasanya penggambaran pada jenis peta ini berupa penggambaran secara global. Sehingga tidak ada tanda khusus yang diberikan. Meskipun dalam setiap peta ada sebuah legenda yang menunjukkan adanya gunung, hutan, sungai dan jalanan namun legenda ini sifatnya sangat umum. Sebab hanya digunakan sebagai sarana pendidikan saja. Misalnya peta yang menunjukkan letak suatu negara. Peta ini hanya menunjukkan secara umum saja dimanakah letak geografis negara tersebut serta batas-batas wilayahnya. Peta semacam ini tidak menunjukkan bagaimana kondisi tanahnya berapa ketinggiannya. Peta ini hanya menunjukkan berapa luas wilayah suatu negara dalam skala yang diperkecil. Biasanya skala yang digunakan cukup besar perbandingannya. Sebab peta jenis ini menampilkan banyak hal.

Peta topografi (umum) adalah peta yang menunjukkan bentuk relief bumi secara luas dan bentuk relief bumi secara nyata. Peta ini meskipun tergolong peta umum namun memiliki fungsi sebagai penunjuk nyata bagaimana countur tanah pada sebuah daerah atau sebuah wilayah. Peta ini menyajikan informasi tentang bagaimana bentuk nyata dari lempeng bumi. Penggunaannya untuk menentukan bagaimana potensi dari countur tanah seperti yang ditampakkan pada peta topografi. Hal ini untuk menentukan bagaimana potensi pergerakan tanah dan potensi bencana yang ditimbulkan oleh tipe relief bumi yang seperti itu. Jadi peta ini cukup memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kehidupan manusia.
Jenis-Jenis Peta dan Kegunaannya
Peta Topografi corak garis


Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang dibuat dengan tujuan tertentu seperti menunjukkan kepadatan penduduk. Biasanya peta jenis ini digunakan untuk melihat bagaimana penyebaran penduduk yang berguna untuk memetakan bagaimana persebaran penduduk. Peta ini bermanfaat untuk membuat sebuah perencanaan pemberian fasilitas publik dan layanan masyarakat yang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Peta kepadatan penduduk ini bermanfaat bagi proses pemetaan masalah yang akan muncul dari daerah-daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi. Pemetaan ini untuk memberikan langkah antisipasi dari munculnya berbagai masalah sosial yang kemungkinan akan muncul dari jumlah penduduk yang cukup padat.

Peta Wilayah

Peta Wilayah (khusus) ini berfungsi untuk menentukan pemetaan wilayah dan juga perencanaan pembangunan kota. Perencanaan penataan kota ini dilakukan untuk membuat kota menjadi lebih nyaman dihuni. Oleh karenanya diperlukan peta yang dibuat secara khusus untuk melihat bagaimana kondisi suatu kota dan potensinya. Supaya saat pihak-pihak tertentu akan membuat perencanan kota tidak sembarangan dan tidak mengganggu ekosistem alami dan juga sesuai dengan potensi wilayah yang ada. Pembangunan yang sesuai dengan potensi wilayah ini akan sangat bermanfaat dan lebih cepat memajukan suatu daerah. Tanpa keberadaan peta khusus ini maka proses perencanaan pembangunan tidak akan tepat sasaran. Saat pembangunan yang direncanakan kurang tepat sasaran maka yang akan terjadi adalah pembangunan akan menjadi sia-sia dan kurang memiliki manfaat yang luas.
Jenis-Jenis Peta dan Kegunaannya
Peta wilayah

Yuk belajar peta lebih mendetil di kemdikbud
Jenis-Jenis Peta dan Kegunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×