Pembagian Kawasan Negara-Negara di Benua Asia


Pembagian Kawasan Negara-Negara di Benua Asia - Asia merupakan salah satu benua terbesar dan terluas dengan jumlah penduduk melebihi jumlah penduduk yang berada di benua lainnya. Pada bagian timur dan belahan utara, benua Asia ini cakupannya mencapai 8,7% dari luas total keseluruhan permukaan bumi yang sekitar 30% dari luas seluruh  daratannya.  Benua Asia memiliki suatu tingkatan pertumbuhan penduduk cukup tinggi pada masa  modern seperti sekarang ini yakni sekitar 60% dari total jumlah penduduk di semua benua yang ada di dunia. Asia adalah sebuah benua yang bisa dikatakan sebagai bagian dari benua Eurasia. Benua Eurasia ini memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan benua lainnya. Asia juga dikenal oleh negara-negara lain yang ada di dunia dengan julukan sebagai benua kuning. Mengapa dijuluki dengan sebutan benua kuning? Karena penduduk yang berada di Benua Asia ini mayoritas  terdapat masyarakat yang memiliki ras mongoloid dan pada umumnya memiliki kulit kuning. Sebutan ini pada zaman dahulu digunakan oleh para masyarakat Eropa dalam menunjuk Benua Asia. 

Pembagian Kawasan Negara-Negara di Benua Asia
Asia

Pembagian wilayah negara-negara di Benua Asia ini dibagi berdasarkan struktur hubungan antar bangsa-bangsa. Pembagian wilayah negara-negara itu adalah sebagai berikut:

Wilayah Asia Tenggara

Wilayah di bagian Asia Tenggara ini antara lain meliputi Indochina, semenanjung Malaka, dan juga kepulauan di  Samudera Pasifik serta Samudera Hindia. Berbagai negara yang berada di Asia Tenggara ini yaitu di bagian daratan benua Asia Tenggara negara Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia bagian barat. Sedangkan di bagian wilayah kepulauan Asia Tenggara terdapat beberapa negara seperti Indonesia, Filiphina, Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste dan Malaysia bagian Timur. Negara Malaysia terbagi kedalam dua bagian yaitu di wilayah daratan dan di wilayah laut Tiongkok Selatan. Daratan pertama berada pada pulau Kalimantan dan selanjutnya berada di Semenanjung Malaka. Kepulauan Malaysia di bagian Timur yang berada pada Pulau Kalimantan terdiri atas bagian Serawak dan Sabah. Sedangkan Kepualauan Malaysia yang ada di bagian barat yaitu berada di wilayah bagian selatan dari negara Thailand terdiri dari  negara bagian Selanggor, Johor, Negeri Sembilan, Perak, Kelantan, Pahang, dan lain-lain. 

Wilayah Asia Timur

Wilayah bagian Asia Timur ini biasa disebut dengan kata Timur Jauh. Hal itu  karena wilayah Asia Timur mempunyai letak geografis yang lumayan begitu jauh dari Benua Eropa. Asia Timur meliputi  beberapa negara seperti Samudera Pasifik yaitu Jepang dan Taiwan, pada bagian semenanjung Korea terdapat Korea Selatan dan Korea Utara, Hongkong, Republik Rakyat China dan juga Mongolia. 

Wilayah Asia Tengah 

Wilayah Asia Tengah meliputi berbagai negara yang diantaranya adalah Kazakhstan, Tajikistan, Kirgizstan, Uzbekistan, dan Turmenistan. 

Wilayah Asia Selatan

Di bagian wilayah Asia Selatan ini meliputi negara-negara yang sering dikenal dengan negara Himalaya yang diantaranya adalah Bangladesh, Pakistan, India, Nepal, serta Bhutan. Dan juga meliputi negara-negara yang berada di Samudera Hindia seperti Srilanka dan Maladewa. Disamping itu juga salah satu negara yang menempati bagian dari Asia Selatan ini memiliki sebuah julukan yang khas yaitu negara Asia Muka dan Negara Anak Asia, julukan ini berlaku untuk negara India. 

Wilayah Asia Barat 

Bagian wilayah  Asia Barat ini sering mendapat sebuah julukan dari negara-negara lain yaitu sebagai wilayah Asia Tengah, walau memang istilah itu terkadang digunakan untuk merujuk kepada negara-negara lain yang ada di wilayah Afrika Utara. Negara-negara yang berada di wilayah Asia Barat ini meliputi Wilayah Jazirah Arab (meliputi Arab Saudi, Bahrain, Oman, Qatar, Kuwait, Yaman,  dan Uni Emirat Arab),  Siprus (berada pada wilayah Laut Tengah), Wilayah Kaukus (meliputi Azerbaijan dan Armenia), Wilayah Hamparan Iran (yang meliputi negara Iran dan juga bagian negara-negara yang lainnya), Wilayah Levant atau Timur Dekat (meliputi negara Suriah, Yordania, Irak, dan juga Lebanon). 

Pembagian Kawasan Negara-Negara di Benua Asia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×