Pengertian dan Penyebab Pencemaran Udara


Pengertian dan Penyebab Pencemaran Udara - Udara merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan atau tumbuhan. Udara bagi makhluk hidup adalah tempat bergantung dalam mempertahankan kehidupan. Tanpa udara seseorang tidak akan bisa bertahan hidup. Contoh kecil saja kita bernapas memerlukan udara. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, semakin sulit kita mendapatkan udara yang berkualitas. Udara yang ada disekitar kita banyak, namun sebagian besarnya telah terkontaminasi oleh berbagai macam senyawa dan gas-gas yang tidak baik bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, semakin hari pasti semakin banyak manusia yang kurang sehat atau mengalami gangguan dengan saluran pernapasannya salah satunya ISPA. Mengapa hal itu bisa terjadi? Mari kita simak pembahasan berikut.

Pengertian pencemaran udara

Pencemaran udara adalah hadirnya satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi ke atmosfer dalam jumlah yang banyak sehingga membuat udara di atmosfer menjadi tercemar, hal ini tentu akan sangat memberi dampak bahaya bagi kesehatan makhluk hidup baik manusia, tumbuhan, dan hewan, serta dapat mengganggu kenyamanan bagi makhluk hidup. 

Pencemaran udara ini dapat disebabkan oleh sumber alam ataupun kegiatan yang dilakukan manusia. Namun, dewasa ini lebih sering terjadi pencemaran udara karena kegiatan manusia contohnya asap kendaraan bermotor yang di buang setiiap harinya dengan bertambahnya jumlah penggunaan kendaraan, akan membuat udara menjadi tidak sehat bagi manusia.
Pengertian dan Penyebab Pencemaran Udara
Pencemaran Udara

Contoh pencemaran udara

Dalam kehidupan sehari-hari, sangat banyak contoh pencemaran udara yang bisa kita jumpai, seperti :
a. Pencemaran dari sumber alam : abu vulkanik yang dikeluarkan dari letusan gunung berapi, dan kebakaran hutan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem seperti kemarau berkepanjangan.

b. Pencemaran dari kegiatan manusia : asap kendaraan bermotor, asap pabrik yang di buang ke udara, asap pembakaran sampah, pembaaran hutan yang disengaja dalam jumlah yang besar akan membuat kabut yang dapat  merusak kesehatan. 


Macam-macam penyebab pencemaran udara

Pencemaran udara dapat ditimbulkan dari beberapa zat senyawa berikut :

a. CO2 ( Karbondioksida )
Karbondioksida merupakan zat yang berbahaya bila jumlahnya tidak terkontrol di dalam tubuh. CO2 ini dapat berasal dari pabrik yang menggunakan mesin yang berbahan bakar fosil yaitu batu bara dan minyak bumi, juga dapat berasal dari mobil, kapal, pesawat terbang, dan pembakaran kayu. Kadar CO2 yang terlalu banyak di udara tidak dapat langsung diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan, karena ketersediaan tumbuhan di dunia ini makin menipis karena penebangan yang dilakukan secara liar

b. CO ( Karbon Monoksida )
Karbon monoksida ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada asap kendaraan bermotor. Contoh lain dapat kita temui di lingkungan saat kita menghidupkan mesin mobil dalam garase yang tertutup. Hal ini akan menyebabkan proses pembakaran mesin mobil menjadi tidak sempurna, proses pembakaran tersebut akan menghasilkan karbonmonoksida yang akan keluar dan memenuhi ruangan. Hal tersebut dapat membahayakan orang yang ada didalam ruangan tersebut.

c. CFC ( Chloro Fluoro Carbon )
Gas CFC sering digunakan sebagai pengembang karena tidak bereaksi, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berbahaya. Gas ini biasanya digunakan untuk mengembangkan busa pada AC, pendingin pada kulkas, dan hair spray. Namun, penggunaan alat penghasil gas CFC ini yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak pada lapisan ozon karena gas ini dapat membumbung tinggi ke stratosfer yang terdapat pada lapisan ozon. Penimbunan CFC yang terjadi secara terus menerus akan membuat lubang pada lapisan ozon karena reaksi antara CFC dan ozon terus terjadi. Hal ini akan membuat “Global Warming” yang tentunya akan menjadi bahaya besar bagi kehidupan

d. SO, SO2
Gas belerang oksida diudara juga dihasilkan dalam proses pembakaran fosil. Gas ini dapat bereaksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan sehingga air hujan akan menjadi asam yang biasa disebut hujan asam. Hujan asam ini akan membuat tumbuhan dan hewan tanah mati. Produksi pertanian akan merosot, besi dan logam akan menjadi cepat aus dan berkarat

e. Asapa rokok
Pencemaran udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan ialah asap rokok. Asap rokok mengandung berbagai macam bahan pencemar yang menyebabkan batuk kronis, kanker paru-paru, mempengaruhi janin, dan gangguan lainnya.

Dampak pencemaran udara

  1. Terganggunya kesehatan manusia
  2. Rusaknya bangunan karena pelapukan
  3. Terganggunya pertumbuhan tanaman
  4. Terjadinya hujan asam yang sangat merugikan


Penanggulangan pencemaran udara

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, diantaranya :
  1. Memasang filter pada cerobong asap pabrik
  2. Menanam dan merawat tumbuhan disekitar lingkungan kita. Hal ini bertujuan untuk menyejukkan dan mengurangi jumlah polusi udara disekitar kita. 
  3. Gunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor se-efisien mungkin.
  4. Gunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali atau tidak sedang buru-buru tidak ada salahnya menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Hal ini untuk mengurangi polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor
  5. Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti becak, sepeda, atau delman.
  6. Gunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.
  7. Meminimalkan penggunaan AC
  8. Lakukan penanaman pohon untuk menjaga lingkungan tetap asri dan menjaga kualitas udara.


Nah, begitulah pemaparan singkat mengenai pencemaran udara. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan. 

Baca juga

Pengertian dan Penyebab Pencemaran Udara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Foundation

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni

Tekan Like, Lalu Klik (x) Untuk Menutup
×