Pengertian Ekosistem, Contoh, Komponen, dan Macam-Macamnya


Pengertian Ekosistem, Contoh, Komponen, dan Macam-Macamnya  - Dalam kehidupan, pasti kita selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Entah itu dengan sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. 

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem dapat juga dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. 

Ekosistem ini merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju pada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Dimana matahari berperan sebagai sumber energi utamanya. 

Pengertian Ekosistem, Contoh, Komponen, dan Macam-Macamnya

Komponen Ekosistem

Secara umum, ekosistem terbentuk oleh dua komponen, yaitu :
Komponen abiotik
Komponen abiotik adalah komponen pembentuk utama dalam ekosistemyang berupa benda mati atau nonhayati. Contohnya tanah, air, udara, matahari, unsur hara, dsb.
Komponen biotik
Komponen biotik merupakan komponen utama dalam ekosistem yang berupa makhluk hidup atau hayati, baik itu organisme atau mikroorganisme. Contoh komponen biotik adalah hewan, tanaman, bakteri, virus, dll

Dilihat dari fungsi dan perannya, makhluk hidup dibedakan atas dua, yaitu :
1. Heterotrof atau konsumen
Makhluk heterotrof dapat diartikan sebagai makhluk hidup yang menjadikan organisme lain sebagai makanannya, dalam arti kata lain heterotrof merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Contohnya manusia, hewan, mikroba.

2. Autotrof atau produsen
Merupakan makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri. Makhluk hidup autotrof membuat makanan dengan bantuan cahaya matahari yang disebut dengan fotosintesis. Hasil dari fotosintesis ini akan digunakan oleh dirinya sendiri dan juga oleh komponen yang lainnya. Contohnya tumbuhan hijau.

3. Pengurai atau dekomposer
Pengurai adalah makhluk hidup yang mampu menguraikan senyawa organik yang berasal dari makhluk hidup yang sudah mati. Pengurai ini berperan dalam proses pembusukan pada bangkai makhluk hidup yang sudah mati.

Contoh komponen abiotik dan biotik dalam ekosistem akuarium : ada ikan yang berperan sebagai heterotrof, sedangkan tumbuhan air berperan sebagai komponen autotrof. Selanjutnya ada juga plankton yang berperan sebagai organisme pengurai. 

Komponen abiotik yang terdapat di dalam akuarium adalah batu-batuan, pasir, dan oksigen yang terlarut dalam air.

Macam-macam ekosistem

Ekosistem alami

Merupakan hubungan timbal balik yang terjadi pada daerah / wilayah tertentu tanpa campur tangan manusia. Ekosistem alami terbagi menjadi 2, yaitu :

a)Ekosistem akuatik atau perairan
Dari namanya saja sudah jelas berarti ekosistem akuatik ini terjadi suatu keterkaitan antara komponen abiotik dan biotik di wilayah perairan, yang dibagi lagi menjadi beberapa diantaranya :

(1)Ekosistem air tawar
Suatu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di dalam perairan air tawar

(2)Ekosistem air laut
Suatu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di lautan, dimana disitu terdapatnya terumbu karang, bunga karang, anemon laut, ikan kecil maupun besar yang hidup di lautan.

(3)Ekosistem estuari
Suatu interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di perairan semi-tertutup yang masih dekat antara sungai dan lautan.

(4)Ekosistem pantai
Suatu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di perbatasan antara laut dan daratan

(5)Ekosistem sungai
Suatu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di aliran sungai
(6)Ekosistem danau
(7)Ekosistem terumbu karang
(8)Ekosistem laut dalam
(9)Ekosistem mangrove

b)Ekosistem terestrial atau daratan
Ekosistem daratan ini merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang dipengaruhi oleh hujan dan temperatur. Ada beberapa contoh ekosistem daratan antaranya :
(1)Ekosistem hutan hujan tropis 
Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi di hutan tropis
(2)Ekosistem sabana
(3)Ekosistem padang rumput 
(4)Ekosistem gurun
(5)Ekosistem hutan gugur
(6)Ekosistem taiga
Dimana hutan taiga adalah sebuah hutan yang terdiri dari pepohonan konifer, pinus, dan sejenisnya
(7)Ekosistem tundra
Terdiri dari vegetasi perintis seperti lumut, rerumputan, tumbuhan semak.

Ekosistem buatan

Ekosistem buatan adalah sebuah ekosistem yang terbentuk dari hasil campur tangan manusia untuk memenuhi hasrat dan kebutuhannya. Ekosistem ini sengaja di buat baik itu untuk kebutuhan hidupnya maupun untuk kesenangannya. Contohnya ekosistem bendungan, ekosistem sawah, ekosistem kelapa sawit, ekosistem kolam, ekosistem tanaman produksi seperti jati dan pinus.
Ada juga ekosistem kota maupun desa, dimana ekosistem ini terbentuk untuk terciptanya lingkungan sosial karena manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

Baca juga
Pengertian Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Contohnya 
Pengertian Pencemaran Udara dan Penyebabnya 
Proses Pembentukan Urine Pada Manusia 
Reaksi Terang Dalam Fotosintesis
Pengertian Ekosistem, Contoh, Komponen, dan Macam-Macamnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Foundation

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com