Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksemplum


Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksemplum - Teks eksemplum merupakan sebuah teks yang menceritakan tokoh dalam ceritanya. Berbeda dari teks yang lainnya, teks eksemplum ini berfokus pada tokoh dalam cerita tersebut. Teks ini memberi informasi baik pengenalan tokoh, hal yang dilakukan tokoh dan sebagainya.

Pengertian teks eksemplum

Teks eksemplum sangat mudah dikenali. Teks ini adalah suatu teks yang menceritakan perilaku atau tokoh dari suatu cerita. Biasanya teks eksemplum ini akan bermula dari pengenalan tokoh, kemudian menjelaskan hal apa saja yang dialami oleh tokoh, lalu diakhiri dengan interpretasi yang muncul dalam diri tokoh itu. Teks ini termasuk jenis karya yang menceritakan pengalaman hidup manusia. Contohnya biografi.
Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksemplum
Ilustrasi

Ciri-ciri teks eksemplum

Pada dasarnya teks eksemplum berfokus pada tokoh dalam ceritanya, namun tidak hanya ciri itu yang dapat menentukan suatu teks kedalam teks eksemplum. Perlu juga memahami beberapa ciri lain yang menjadi ciri teks eksemplum agar tidak salah dalam mengidentifikasi suatu teks. 
Berisi tentang kisah peristiwa yang tidak diinginkan
Adanya urutan peristiwa yang jelas
Adanya struktur yang lengkap
Biasanya menggunakan bahasa naratif

Struktur teks eksemplum

Pada teks eksemplum harus terdapat struktur yang lengkap, karna struktur inilah yang akan membedakan teks eksemplum dengan teks yang lainnya dalam sebuah karya. Struktur teks eksemplum adalah adanya orientasi, insiden dan adanya interpretasi.

Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal dari teks eksemplum yang berisi tentang pengenalan tokoh. 
Contoh bagian orientasi pada sebuah cerita : 
Rini merupakan siswa yang rajin di sekolahnya, ia selalu datang lebih awal dan membersihkan kelasnya. Karna itu, dia dijuluki sebagai siswa teladan.

Insiden
Insiden ini merupakan bagian yang memberi informasi mengenai kejadian yang dialami oleh tokoh dalam ceritanya atau bisa juga tentang masalah yang sedang dihadapi tokoh.
Contoh kalimat :
Tak semua teman menyenangi Rini, karena kerajinannya ia bahkan dianggap hanya mencari muka oleh sebagian teman yang tidak menyenanginya.

Interpretasi
Interpretasi merupakan bagian akhir dalam teks eksemplum. Pada interpretasi ini mengandung pesan moral, evaluasi dan akibat yang di timbulkan dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita. 

Contoh teks eksemplum

Kesabaran Berbuah Kebahagiaan
Rini merupakan salah satu murid di SMA Kenanga. Rini adalah murid yang baik dan rajin. Ia merupakan anak tertua dikeluarganya. Ia sangat taat pada kedua orangtuanya, tidak suka membantah dan selalu berusaha menyenangi hati kedua orang tuanya. Setiap hari ia selalu berangkat ke sekolah lebih awal untuk membantu membersihkan ruang kelasnya padahal sudah ada jadwal piket untuk masing-masing hari namun ia tetap membantu membersihkan.
Banyak teman yang menyenangi sikap suka membantu rini, namun banyak juga teman yang menganggap bahwa sikap nya yang rajin hanya untuk mencari perhatian baik pada guru dan teman dengan membicarakannya di belakang. Namun rini tidak pernah menyimpan dendam atau membenci teman-temannya itu.
Rini merupakan anak yang rajin namun tidak memiliki kecerdasan yang tinggi. Hasil rapornya tidak pernah tinggi walaupun ia sudah berusaha belajar dengan keras. Namun dia tidak pernah menyesal dengan keadaannya atau menyalahkan siapapun atas keadaannya. Ia selalu berbaik sangka pada semua orang termasuk terhadap dirinya sendiri. Orang tuanya pun tidak pernah menyalahkan dia karena mereka tau rini telah berusaha semampunya.
Saat ujian kelulusan akan tiba rini sempat takut untuk menghadapinya, namun ia selalu berusaha untuk melalukan yang terbaik pada ujiannya dan dengan dukungan orang tua dan keluarganya ia mampu melewati ujian tersebut. Dan rini pun lulus dari SMA nya. Dia memiliki cita-cita menjadi seorang dokter sehingga ia berencana untuk mengikuti tes masuk ke Fakultas Kedokteran. Namun, teman-temannya memberi respon kurang baik pada Rini. Mereka menertawakan rini atas pilihannya itu. Mereka menganggap rini tidak akan mampu dengan masuk di kedokteran. Lagi-lagi, rini menanggapi komentar temannya dengan senyuman. Ia sempat pesimis, tapi ia yakin bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Ia menjadi lebih giat belajar dan mengikuti Les untuk masuk Perguruan Tinggi yang diinginkannya. Kegigihannya ternyata membuahkan hasil, akhirnya Rini dinyatakan lulus di Fakultas Kedokteran salah satu Universitas. Ia sangat senang bahkan tak menyangka ia akan lulus di tempat yang ia inginkan. Akhirnya teman-temannya memberi selamat pada Rini dan tidak meremehkannya lagi.
Semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, namun kita tidak boleh meremehkan kekurangan orang. Sebaiknya sebelum mengkritik kekurangan orang lain kita berkaca pada kekurangan kita sendiri. Dan ternyata kekurang yang dimiliki seseorang itu tidak harus selalu menjadi penghalang untuk menata masa depan yangg lebih baik bahkan bisa menjadi kekuatan tersensiri bagi dirinya. 
Sekian ulasan mengenai teks eksemplum beserta contoh yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.


Baca juga
Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksemplum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Foundation

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni