Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi


Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi -Ada berbagai macam jenis kalimat saat kita belajar Bahasa Indonesia. Salah satunya teks eksplanasi. Teks eksplanasi umumnya banyak di jumpai disekitar kita. Bisa di majalah, koran, buku bacaan, buku pelajaran, dsb. Teks eksplanasi ini mengandung sebuah penjelasan secara detil. Berikut akan di bahas mengenai teks eksplanasi.

Pengertian teks eksplanasi

Kata eksplanasi berasal dari bahasa bahasa inggris “explanation” yang artinya menjelaskan. Teks eksplanasi itu sendiri berarti sebuah teks yang memiliki penjelasan mengenai proses-proses bagaimana dan mengapa dari  suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam, kejadian, lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana didalam kehidupan kita, tanpa sadar semua peristiwa atau kejadian yang terjadi itu memiliki hubungan antara sebab dan akibatnya. 

Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi
Ilustrasi


Ciri-ciri teks eksplanasi

Pada umumnya teks eksplanasi memiliki ciri yang sama dengan teks lainnya. Hanya saja ada beberapa ciri khusus pada teks eksplanasi sehingga memudahkan kita untuk mengidentifikasi apakah suatu teks merupakan teks eksplanasi atau tidak. 
  • Informasi yang terdapat dalam teks merupakan informasi yang fakta dan bukan rekayasa
  • Informasi yang terkandung di dalam teks merupakan informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan sebuah karangan atau fiksi
  • Bersifat informatif dan mampu membujuk pembacanya
  • Selalu di mulai dengan pernyataan umum, sebab akibat dan memiliki interpretasi


Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi yang baik harus memiliki struktur singkat yang terdiri dari adanya pernyataan umum, adanya deretan penjelas, serta harus memiliki interpretasi. 
  • Pernyataan umum : terdapat pada awal paragraf teks eksplanasi dan merupakan bagian pertama yang berisi tentang penyampaian topik dan permasalahan yang akan dibahas. Pada bagian ini berisi mengapa dan bagaimana sebuah fenomena atau peristiwa dapat terjadi. Di paragraf awal ini hendaknya diberikan kalimat yang menarik agar membangkitkan rasa ketertarikan pembaca.
  • Deretan penjelas : merupakan bagian terpenting pada teks eksplanasi karena paragraf ini merupakan penyampaian pesan atau informasi yang detil pada para pembaca. Pada paragraf ini berisikan hubungan sebab dan akibat tentang suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan waktu
  • Interpretasi : merupakan bagian terakhir atau bagian penutup pada teks eksplanasi. Pada paragraf ini berisikan inti dan kesimpulan mengenai peristiwa yang terjadi yang dibahas dalam teks eksplanasi. 

Contoh teks eksplanasi

Proses Terjadinya Banjir
Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terjadi fenomena alam seperti banjir. Banjir merupakan salah satu fenomena alam dimana air dari sumber air atau drainase yang meluap akibat tidak tertampungnya debit air yang banyak sehingga air meluap keluar ke lingkungan sekitanya bahkan ke lingkungan pemukiman.
Banjir yang dapat terjadi bisa di sebabkan karna faktor alam ataupun karna faktor sosial. Banjir karna faktor alam di sebabkan karena curah hujan yang tinggi dan terjadi terus menerus sehinnga sungai, kali, danau atau drainase menjadi meluap karena tidak mampu menampung debit air yang naik secara tiba-tiba. Kejadian ini akan diperparah lagi apabila drainase yang ada tidak berfungsi dengan baik misalnya karena tersumbat.
Sedangkan banjir yang di sebabkan karna faktor sosial adalah karena perilaku manusia yang membuat banjir itu. Contohnya manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan dan alam dengan menebang pohon sembarangan dan tidak melakukan reboisasi sehingga tidak adalagi penahan air atau akar tanaman yang berfungsi menyerap air saat hujan turun sehingga kemungkinan terjadi banjir lebih besar. Contoh lain dapat juga terjadi karena perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan seperti di kali, sungai yang akan menyumbat saluran keluarnya air yang ada di sungai atau kali tersebut.
Hal ini juga akan semakin diperparah apabila adanya pemukiman di sekitar bantaran sungai atau kali, yang dapat memuat dangkalnya permukaan sungai dan hilangnya daerah resapan. Hal ini tentu akan mengakibatkan semua proses yang seharusnya terjadi akan kacau. Ini akan membuat air meluap dan masuk ke pemukiman warga yang ada di sekitarnya.
Berdasarkan pemaparan diatas, kita dapat  menarik kesimpulan, bahwasanya bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang disebabkan oleh ulah manusia dengan merusak alam dengan membuang sampah sembarangan. Untuk itu, sebaiknya jangan hanya menyalahkan alam, tetapi kita harus intropeksi diri karna kebanyakan peristiwa banjir yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan oleh manusia itu sendiri. 

Itulah beberapa informasi yang dapat dibagikan mengenai teks eksplanasi beserta contohnya semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.


Baca juga 
Pengertian Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Trend Foundation

Like Fanspage Trendilmu.com :)

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Trendilmu.com

Cari Materi Disni